Sukses

MUA Bennu Sorumba Ungkap Kesulitan Saat Pemotretan Prewedding Kaesang Pangarep-Erina Gudono

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tinggal sehari lagi. Salah satu yang banyak dibicarakan publik adalah foto prewedding pasangan ini.

Mereka memiliki banyak konsep prewedding hingga membuat publik bertanya kapan proses unggahnya akan selesai. Kaesang yang selalu membagikan foto-foto tersebut di Instagram bahkan sempat menuliskan tidak tahu pasti kapan unggahan pemotretan prewedding dirinya dan Erina berakhir.

Namun karena waktu pernikahan tinggal sehari lagi, yaitu pada 10 Desember 2022, sepertinya tidak ada lagi foto prewedding yang akan dibagikan Kaesang maupun Erina.

Meski sangat banyak, siapa sangka, di balik foto prewedding keduanya mesra yang menarik, ada perjuangan yang telah mereka lewati. Hal ini diungkapkan oleh Bennu Sorumba, makeup artist (MUA) yang merias wajah Erina untuk pemotretan prewedding.

Perjuangan itu terjadi saat mengambil foto di depan mercusuar. Melalui Instastory akun Instagram @bennusorumba, MUA bernama lengkap Juanda Hasid Sorumbaini ini mengungkapkan proses di balik layar foto prewedding itu.

Tim foto ternyata sudah mulai merias wajah cantik Erina sejak pukul 3 pagi. Hal ini karena mereka mengejar matahari pagi. Lalu, perjalanan dari hotel menuju lokasi butuh waktu sekitar 2 jam.

"Dari hotel ke lokasi sekitar 2 jam dan sampai lokasi ternyata hujan. Terpaksa fotonya lanjut setelah hujan reda," ungkap Bennu dalam unggahannya itu. Di Instastory selanjutnya, terlihat Kaesang dan Erina Gudono berada di satu payung hitam yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perjuangan yang Bermakna

Keduanya tetap saling merangkul dan mengambil foto meski cuaca mendung dan hujan. Sementara itu, Erina juga sempat menceritakan perjuangan foto prewedding dalam unggahan Instagramnya.

Ia bercerita banyak jalan yang ditutup saat menuju ke lokasi itu sehingga harus memutar arah cukup jauh. Hujan deras yang terjadi juga membuat sekitar mercusuar jadi berlumpur. Tak hanya itu, banyak pula lalat dan serangga.

"Perjuangan ke sini itu luar biasa banget. Jam 3 pagi subuh berangkat, jalan semua lagi ditutup, nyari puteran jauuuuh banget. Sampe sana banyak lalat dan serangga, hujan deres pula jadi penuh berlumpur," tulis Erina di akun Instagram pribadinya, Sabtu, 3 Desember 2022.  Unggahan itu ditimpali Kaesang dengan mengaku ia baru bangun pukul 02.55 pagi untuk perjalanan tersebut.

Walau tak mudah, Erina menyebut momen tersebut membuat perjalanan jadi bermakna. Ia juga senang karena hasil fotonya luar biasa. "Terima kasih calon suamiku yang selalu excited support dan akomodatif, serta tim yang luar biasa semangat bikin suasana selalu bahagia. What a meaningful experience I will cherish for life," sambung Erina.

Warganet pun sibuk menerka lokasi pengambilan foto. Dari sekian banyak tebakan, mayoritas menyebut foto itu diambil di Pantai Pandansari, Bantul, Yogyakarta. Penandanya adalah mercusuar yang ada di foto.

3 dari 4 halaman

Siraman

Kabar terbaru, Erina Gudono telah menjalani prosesi siraman jelang pernikahannya dengan Kaesang Pangarep di rumahnya, Yogyakarta, Jumat pagi, (9/12/2022). Setelah melakukan proses siraman, Erina meminta restu dari ibunda beserta kedua kakak laki-laki dan perempuannya yang dilangkahi.

Usai meminta doa restu, dilanjutkan dengan proses langkahan. Erina memberikan pelangkah kepada kedua kakaknya sebagai tanda restu untuk memasuki jenjang pernikahan dengan Kaesang.

Erina mengenakan kebaya warna hijau yang dirancang desainer kebaya Indonesia, Intan Avantie, anak dari Anne Avantie. Kebaya hijau cantik ini sendiri memiliki siluet yang agak lebih modern dengan bagian transparan di bagian belakang.

Kebaya itu juga sedikit memiliki lengan puff sehingga tampak unik. Erina memadukan kebaya cantik itu dengan kain batik berwarna cokelat tua yang memberikan kesan anggun.

Pada upacara siraman, Erina mengenakan kain batik motif Nagasari untuk diletakkan di pundaknya. Ini merupakan salah satu kain batik khas Yogyakarta yang digunakan untuk "nyamping," yang dalam bahasa Jawa berarti "kain panjang."

4 dari 4 halaman

Tujuh Mata Air

Untuk momen siraman dan pelangkah ini, Erina Gudono masih mempercayakan makeup-nya dengan makeup artist Hepi Herviani Wattimena. Masih dengan menggunakan konsep flawless, namun Erina kini tampil sedikit lebih tone up.

Dalam acara siraman ini, tubuh calon istri Kaesang Pangarep dibasuh dengan air yang diambil dari tujuh mata air berbeda. Ketujuh mata air tersebut di antaranya dari Masjid Panepen Keraton Yogyakarta, Pura Pakualaman, Pura Mangkunegaran, kediaman Presiden Jokowi di Solo, serta kediaman Ibu Gudono, orangtua Erina Gudono. Sisanya, diambil dari Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta dan air dari Tanah suci, air Zam Zam.

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Jumat (9/12/2022), dalam upacara siraman itu, Erina Gudono dibasuh oleh tujuh orang, di antaranya ibunda Erina, Sofiatun Gudono; Istri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas; istri Paku Alam X, GKBRAy Atika Purnomowati; istri Mensesneg Pratikno, Siti Faridah Pratikno; Sutati Muhaimin; Zulaikha Surenggane; dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro. Acara selanjutnya akan dilanjutkan dengan tradisi Midodareni pada malam hari ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS