Sukses

Erina Gudono Anggun dengan Dress Brokat di Acara Pengajian Jelang Pernikahan dengan Kaesang Pangarep

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar acara pengajian di kediaman mereka masing-masing. Keluarga Erina Gudono mengadakan pengajian menjelang pernikahan di rumahnya di Yogyakarta pada Kamis (8/12/2022).

Sedangkan Kaesang mengadakan acara serupa di rumahnya di Solo di hari yang sama. Dilansir dari laman resmi BrideStory, acara diawali dengan pembacaan Alquran pada pukul 12.00 WIB. Acara pengajian diikuti sekitar 150 tamu undangan. Acara terebut juga diisi dengan hadrah selawat Janka Dausat Plosokuning, Sleman, Yogyakarta.

Melansir brilio.net, acara semaan Alquran dimulai pada pukul 12.00 WIB-15.30 WIB, kemudian dilanjutkan pengajian jelang nikah pada pukul 16.00 WIB-17.30 WIB. Pimpinan selawat Janka Dausat, Raden Asbani, menungkapkan grup hadrah Janka Dausat mendapatkan undangan dari Sofiatun Gudono, ibunda dari Erina untuk menjadi pengisi acara pengajian.

"Kami datang ke sini memenuhi undangan ibu Sofi (Ibunda Erina Gudono) calon besan Bapak Joko Widodo dalam rangka ikut meramaikan dan menyukseskan dalam rangka acara doa bersama menjelang ijab kabulnya Mas Kaesang dan Mbak Erina," terang Asbani.

Erina sendiri di acara pengajian dirias oleh makeup artist (MUA) Hepi Herviani Wattimena atau kerap disapa Hepi David. Riasan wajah calon menantu Presiden Jokowi terlihat bold namun tetap diimbangi dengan warna netral.

Dalam acara pengajian ini, Erina mengenakan dua busana dari perancang yang berbeda. Pada semaan Alquran, Erina mengenakan dress brokat berwarna putih yang dirancang oleh Artkea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dress Model Tertutup

Sedangkan pakaian yang dikenakan Puteri Indonesia DIY 2022 pada acara pengajian di sore hari, merupakan dress rancangan dari Wiranti Kurnia Bride. Gaun yang dikenakan model lengan panjang dan tertutup. Bahan gaun terbuat dari brokat dengan detail hiasan payet. Erina juga terlihat menggunakan penutup kepala berbahan lace warna senada.

Prosesi persiapan pernikahan ini turut dibantu oleh tim wedding planner Hilda by BrideStory dan wedding organizer dari Pengantin Production. Dekorasi yang dibangun pun berhasil membalut suasana acara semaan Alquran dan pengajian menjadi semakin syahdu dengan bunga-bunga dan kolaborasi palet warna putih-cokelat yang dirancang oleh Suryo Decor.

Jelang pernikahan, berbagai persiapan lainnya juga sudah dilakukan pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, termasuk untuk suvenir. Mereka sudah menyiapkan suvenir pernikahan yang akan dibagikan kepada para tamu undangan.

Pasangan itu mempercayakan urusan suvenir pada Anaria Souvenir, sebuah UMKM asal Surabaya. Ria Saktia, pemilik usaha Anaria Souvenir mengatakan kepada Liputan6.com dikontak terlebih dulu oleh Erina Gudono melalui direct message (DM) di Instagram pada akhir Juli 2022. 

3 dari 4 halaman

Pesanan Suvenir

Saat ini, pesanan suvenir sudah diterima di tempat pernikahan berlangsung, yaitu Solo dan Yogyakarta. Pesanan itu dikirimkan langsung dari gudang yang berada di Surabaya dengan truk khusus saking banyaknya suvenir yang dipesan agar bisa tiba bersamaan. Namun, Ria menolak menyebut jumlah pasti pesanan suvenir itu.

Ia membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk merampungkan pesanan spesial tersebut. "Sebenarnya yang makan waktu lama adalah pada pemilihan produk dan desain, kalau untuk produksi tidak memakan waktu lama karena alhamdulillah kapasitas kami juga cukup besar," ujar Ria saat dihubungi Rabu, 7 November 2022.

Selama proses berlangsung, Ria memuji kedua calon pengantin tersebut sangat komunikatif ketika dihubungi. Suvenir yang dibuat oleh pengrajin lokal ini mengusung tema elegan dan modern, dengan tetap memasukkan unsur Jawa lewat penggunaan wax seal.

Ria juga tidak mendetailkan jenis katalog yang dipesan untuk suvenir pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu. Berdasarkan data katalog yang tersedia, Anaria membanderol harga koleksi suvenir VIP mulai dari Rp123 ribu.

4 dari 4 halaman

3 Jenis Suvenir

Pihaknya menyiapkan tiga jenis suvenir untuk pernikahan Kaesang dan Erina, yaitu suvenir akad nikah, resepsi untuk tamu VIP, dan midodareni. Ria mengungkapkan bahwa Iriana Jokowi terjun langsung memilihkan jenis suvenir resepsi VIP.

Menurut dia, Iriana memilih suvenir tersebut berdasarkan manfaat, bukan semata faktor harga. "Suvenir yang dipilih berdasarkan preferensi ibu Iriana, yaitu dilihat dari nilai manfaat, kemudian nilai estetikanya," ujar Ria.

Sementara untuk memberikan nuansa Jawa yang disesuaikan dengan adat, pihaknya membuatkan hiasan berupa wax seal yang nantinya akan disematkan pada kartu ucapan terima kasih.  Warna wax seal akan dibedakan sesuai tiga jenis suvenir yang telah dipesan. "Pokoknya ada warna cokelat, kuning, yang pasti warna gold-nya kelihatan, dan satu lagi warna identik sebetulnya."

Pemberian wax seal tidak hanya memberikan unsur klasik dan unik, ternyata memiliki makna lain. Seal atau segel diartikan sebagai lambang penyatuan, dalam hal ini melambangkan Kaesang dan Erina yang akan dipersatukan dalam pernikahan mereka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS