Sukses

Viral Belum Setahun Menikah, Suami Minta Istri Tanggung Setengah Biaya Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Setiap rumah tangga pasti ada pasang surutnya. Begitu pula kisah seorang wanita yang mengeluhkan suaminya yang suka meminjam uang untuk modal kerja. Selain itu belum setahun menikah ternyata sang suami meminta istri untuk membayar biaya hidup setengahnya. 

Mengutip dari laman Mstar, Kamis (8/12/2022), wanita asal Malaysia yang tak disebutkan namanya itu bercerita meskipun suaminya tidak pernah lalai membayar hutangnya. Tetapi suaminya juga orang yang egois, hanya memikirkan dirinya sendiri.

Wanita itu mengaku, suaminya memintanya untuk membayar setengah biaya sewa rumah mereka. "Saya kerja kantoran, suami kerja sendiri. Suami saya desainer dan dapat tender desain dari perusahaan besar," cerita wanita itu di lini masa Twitter. 

"Modalnya besar dan tendernya besar. Modal pengerjaannya besar. Jadi setiap kali tidak cukup uang, dia akan meminjam uang dari saya," ia melanjutkan.

Sang wanita mengatakan, suaminya biasanya akan membayar kembali setiap kali mendapat pembayaran. "Selama ini dia telah membayar utangnya kepada saya. Pernikahannya belum satu tahun tetapi suami sudah mengorek dan menghitung," katanya.

Wanita itu pun menambahkan, suaminya mulai mengungkit soal biaya makan, sewa rumah, dan tagihan listrik yang ditanggungnya selama ini. Lantaran ingin menjadi istri yang baik wanita itu berusaha menjalankan kewajibannya. "Saya melakukannya karena kebaikan kepada suami saya. Tetapi sang suami tidak berpikir untuk baik kepada sang istri," sebutnya lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berkilah Tak Mampu

Untuk memperumit keadaan, ia mengaku suaminya juga membuat perbandingan dengan saudara laki-lakinya yang mempraktikkan konsep berbagi biaya dengan istrinya. "Suami juga mengatakan bahwa salah satu saudara laki-lakinya, yang sudah menikah dan memiliki tiga anak, mempraktikkan konsep biaya rumah tangga setengah istri," bebernya.

Lebih lanjut wanita itu mengatakan suaminya sering mengatakan hal tersebut, kemudian dia bertanya apa yang dia inginkan. "Dia ingin semua pengeluaran rumah tangga setengah jalan. Aku baik-baik saja," kata wanita itu panjang lebar.

Sang wanita juga bercerita, suaminya diduga lalai dalam memberikan nafkah dan hanya memberikan fasilitas pokok. Saat wanita itu mengatakan bahwa ia juga membayar setengah sewa rumah, listrik dan air, sang suami berkilah dan mengatakan bahwa dalam Islam sesuai dengan kemampuan suami.  

"Saat saya tanya tentang pengeluaran saya, dia bilang sudah menyiapkan kebutuhan pokoknya. Saat saya tanya tentang baju, makeup, belanja dan sebagainya, dia bilang itu tidak wajib," ceritanya lagi. 

 

 

3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Sementara sang suami mengaku tak mampu membayar sepenuhnya, akhirnya biaya rumah tangga dibayar hanya setengah saja. Lantaran hal itu, ia menambahkan, "Jadi selama sembako disediakan, cukup. Saya bahkan tidak perlu memasak dan sebagainya karena ini tidak wajib bagi saya,". 

Wanita itu memasak untuk menghormati suaminya, tetapi kecewa dengan jawaban yang diberikan padanya. Wanita itu pun bertanya-tanya apakah telah membuat keputusan yang salah untuk menikah dengan pria yang kini jadi suaminya tersebut.  

Isi hatinya tersebut dibagikan melalui Twitter @ConfessTweetMY hingga akhirnya viral dan ramai direspons warganet. Melalui kolom komentar, beberapa warganet juga mengkritisi sikap suaminya. "Kalau harus bayar setengah, berarti dia tidak menyediakan kebutuhan pokok untukmu. Dia seperti teman serumah.

Eh jangan sekarang, kalau merasa belum mampu kenapa harus menikah? Itu kan tanggung jawab suami," tulis warganet.

"Kesimpulan sebelum menikah adalah membahas masalah keuangan dulu," tulis yang lain.

4 dari 4 halaman

Tips Menjaga Keharmonisan

Menikah adalah ibadah seumur hidup, lantaran itu tentu ada saja ujian yang akan dihadapi pasangan. Menjaga keharmonisan rumah tangga adalah kunci agar pernikahan bahagia.

Mnegutip dari kanal Regional Liputan6.com, 5 November 2022, ciri hubungan yang sehat merupakan pertanda bahwa pasangan bisa melakukan komunikasi dengan baik dalam segala hal. Biasanya hubungan yang sehat dan harmonis ditandai dengan beberapa hal berikut ini.

1. Memberi Dukungan 

Dalam menjalin sebuah hubungan yang sehat, biasanya seseorang tidak hanya memikirkan diri sendiri. Anda akan selalu memberikan dukungan terbaik untuk pasangan.

2. Momen Menyenangkan

Setiap waktu dengan pasangan juga akan terasa menyenangkan. Hubungan yang sehat akan selalu diwarnai dengan suasana yang positif dan menyenangkan. 

3. Menghargai Waktu 

Hidup bersama pasangan bukan berarti harus mencurahkan seluruh waktu dan perhatian. Pasangan yang sehat akan selalu memberikan kesempatan supaya bisa saling memberikan kepercayaan dan kebebasan dalam melakukan sesuatu yang diinginkan, baik untuk melakukan hobi, kegiatan hiburan, dan aktualisasi diri yang tidak harus dilakukan bersama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS