Sukses

2 Menteri Jadi Saksi Nikah Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Wakil Presiden Jadi Khatib

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono semakin dekat.  Salah satu hal yang bikin penasaran adalah siapakah yang bertindak sebagai saksi nikah?

Dua orang menteri ternyata akan bertindak sebagai saksi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disebutkan Kaesang, bakal bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya.

Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bakal menjadi saksi dari pihak Erina Gudono. Menurut Kaesang, selain prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih", Setelah itu dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan.

Dalam acara itu, menurut dia, akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan. Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad Kaesang dengan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember 2022.

"Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres," kata Kaesang Pangarep usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Selasa, 6 Desember 2022, dilansir dari Antara

Sebelum pelaksanaan akad, sejumlah prosesi mengawali pernikahan Kaesang dengan Erina dimulai pada Kamis, 8 Desember 2022, di antaranya semaan kitab suci Alquran, pemasangan "bleketepe", sampai "midodareni". Sedangkan, acara "ngunduh mantu" akan digelar di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu, 11 Desember 2022.

Tak hanya dari dalam negeri, sejumlah tamu dari luar negeri juga dipastikan akan datang. Salah satunya Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau Presiden MBZ. Presiden UEA itu mengonfirmasi siap kondangan ke pernikahan Kaesang Pangarep lewat Gibran Rakabuming Raka ketika melawat Solo pada November 2022. Konfirmasi ini disampaikan saat sarapan bareng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tamu Presiden

Menindaklanjuti konfirmasi ini, sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut Presiden UEA. Duta Besar UEA untuk Indonesia dan ASEAN, Abdulla Salem Obaid AlDhaheri telah mengontak Gibran Rakabuming.  Putra sulung Jokowi lantas memetakan sejumlah hotel berbintang sebagai tempat menginap para tamu penting di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar pada 10 dan 11 Desember 2022.

"Tapi kita sudah pemetaan di hotel-hotel yang dipesan oleh beliau. Kemarin, masih di luar pagar. Kemarin saya bersama Pak Abdullah, Dubes UEA, kita mau menyiapkan tamu-tamu dari UEA juga," katanya, melansir kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa, 6 Desember 2022.

Dikutip dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Senin, 5 Desember 2022, Gibran telah memesan hotel untuk rombongan Presiden MBZ. Dengan kata lain, Solo kini bersolek dan bersiap.

"Pokoknya sudah saya booking-kan hotel. Yang lain duta besar-duta besar negara sahabat. Kemarin pas sarapan dengan Pak Presiden UEA, kita sekalian memberikan undangan," ungkap Gibran.  Sinyal kedatangan Presiden MBZ hingga pekan ini menguat. "Makanya kemarin Dubes datang ikut rapat, pokoknya sudah saya pesankan semua termasuk untuk sekuriti dan lain-lain," akunya.

 

3 dari 4 halaman

Tim Penjinak Bahan Peledak

Untuk lebih menjamin keamanan, Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dan Satbrimob Polda DIY melakukan penyisiran dan sterilisasi rumah orangtua calon menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Sofia Gudono, di Dusun Purwosari, Mlati, Kabupaten Sleman, Rabu (7/12/2022), menjelang acara "cethik geni".

Dari pantauan Antara di lokasi, penyisiran tersebut dilakukan oleh sejumlah personel Jihandak di halaman rumah dan halaman Masjid Al Hidayah, yang berada di sekitar rumah Erina Sofia Gudono, dengan menggunakan alat pendeteksi logam. Cethik geni merupakan tradisi menyalakan api pertama kali sebelum acara siraman calon pengantin wanita.

Rencananya, siraman di rumah Erina berlangsung pada Kamis, 8 Desember 2022, sebagai salah satu rangkaian pernikahannya dengan Kaesang. Sterilisasi tersebut menyasar semua titik yang tertutup tenda putih selama lebih dari satu jam.

Dalam kegiatan tersebut juga dipasang alat pendeteksi portabel di kedua pintu masuk menuju halaman rumah Erina. Proses sterilisasi rencananya dilakukan setiap hari hingga rangkaian acara pernikahan berakhir.

Menjelang detik-detik pernikahan Kaesang dan Erina, tamu yang datang ke tasyakuran pernikahan diberitahu untuk tidak menggunakan batik motif tertentu. Hal itu disampaikan oleh Gibran Rakabuming Raka yang menjadi salah satu panitia pernikahan Kaesang dan Erina.

Kepada wartawan, Gibran menjelaskan bahwa pihak Pura Mangkunegaran yang menjadi lokasi tasyakuran meminta agar tamu undangan tidak mengenakan batik bermotif parang di acara yang digelar pada Minggu, 11 Desember 2022. "Itu aturan dari Kanjeng Gusti [KGPAA Mangkunegara X]," ujar Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin, 5 Desember 2022.

Baca juga: Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Siapkan 3 Jenis Suvenir Pernikahan

4 dari 4 halaman

Batik Tertua

Apa sebenarnya alasan larangan tersebut? Salah satu batik parang adalah motif parang kusumo. Namanya diambil dari kata kusumo yang dalam bahasa Jawa berarti bunga, atau makna lainnya diartikan sebagai bangsawan.

Hal ini menunjukkan bagaimana batik yang berarti bangsawan ini hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan dan golongan tertentu saja. Biasanya, keluarga kerajaan hanya memakai batik ini ketika berada di dalam kerajaan maupun keraton.

Mengutip dari laman Museum Nusantara, Selasa (6/12/2022), berdasarkan penelusuran sejarah yang mendalam Batik Parang Kusumo berasal dari Solo, tetapi di beberapa sumber mengatakan bahwa asalnya dari Yogyakarta. Batik Parang Kusumo sebagai salah satu batik tertua yang ada di Indonesia. Batik ini diperkirakan sudah ada sejak 1600-an pada zaman Keraton Mataram Kartasura di Kota Surakarta.

Batik yang terkenal dengan kekuatan mistis ini juga memiliki motif seperti huruf "S", melambangkan jalinan tiada terputus dan selalu tersambung berkesinambungan. Lambang ini mengartikan agar pemakainya terus mengupayakan perbaikan diri, memperjuangkan kesejahteraan dan membentuk pertalian yang erat di keluarga.

Berdasarkan huruf “S”, hal tersebut menggambarkan ombak yang memiliki makna semangat yang tidak pernah padam. Batik Parang punya filosofi sekaligus memberikan petuah bagaimana agar seseorang untuk tidak pantang menyerah layaknya ombak yang tidak pernah berhenti bergerak.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS