Sukses

Bella Hadid Jadi Model of The Year 2022, Absen Hadir karena Masalah Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Bella Hadid mencetak prestasi atas karier modelingnya. Ia dinobatkan sebagai Model of The Year dalam malam penghargaan Fashion Award 2022 yang berlangsung pada Senin malam, 5 Desember 2022.

"Busana tidak ada artinya sampai mereka dihidupkan lewat kreativitas model yang luar biasa," kata Ashley Graham sebelum mengumumkan Hadid sebagai pemenang.

Penata gaya Carlos Nazario mewakili Hadid menerima penghargaan tersebut dari Graham. Sesaat akan menerima, ia mengatakan Hadid tidak bisa menghadiri langsung acara penghargaan tersebut karena 'tubuhnya tidak mengizinkannya'.

Itu merujuk pada kondisi kesehatannya yang bermasalah. Adik Gigi Hadid itu sebelumnya secara terbuka telah berbicara tentang perjuangannya melawan penyakit Lyme dan tantangan kesehatan mental.

Supermodel berdarah Palestina itu bersaing dengan empat supermodel lain yang memliki persona kuat. Adut Akech, salah satunya, model keturunan Sudan Selatan mengawali karier modeling setelah menjadi pengungsi selama beberapa tahun.

Ada pula nama Paloma Elsesser yang mewakili model plus-size. Berikutnya adalah Quannah Chasinghorse yang merupakan model sekaligus aktivis berdarah Indian. Terakhir adalah Lila Moss, putri Kate Moss yang mengikuti jejak sang ibu.

Dikutip dari CNN, Rabu (7/12/2022), beragamnya latar para nominator dipandang sebagai indikator harapan bahwa industri fesyen mungkin menantang standar kecantikan yang sebelumnya lebih Eurosentris menjadi lebih inklusif. Selama bertahun-tahun dunia modeling dikotakkan pada standar bahwa model haruslah tinggi, kurus, dan putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pesan Video

Meski tak hadir langsung, video pidato kemenangan Hadid diputarkan. Ia berterima kasih kepada agennya Luiz Mattos dan ibunya Yolanda Hadid, serta mereka yang kurang terlihat di industri tersebut.

"Kalian semua, keluarga fesyen saya, adalah orang-orang yang menunjukkan siapa saya dan membuka mata saya untuk hal-hal yang bisa saya lakukan," kata Hadid.

"Saya ingin berbagi penghargaan ini dengan semua model yang muncul setiap hari, dan bekerja keras dengan sedikit atau tanpa pengakuan. Saya tahu ini tidak mudah dan saya melihat Anda. Saya adalah bagian kecil dari visi yang besar, dan setiap orang dan setiap proyek sama pentingnya dengan yang berikutnya. Penghargaan ini untuk kita semua."

Tahun ini menjadi salah satu tahun tersibuk bagi Bella Hadid. Ia tampil di semua pekan mode terbesar dunia, dari Paris hingga Milan. Totalitasnya terlihat saat ia tampil nyaris telanjang di panggung runway untuk menjadi model baju cat semprot rancangan Coperni.

3 dari 4 halaman

Perempuan Paling Modis

Sebelum didapuk sebagai Model of The Year, Bella Hadid lebih dulu dinobatkan sebagai orang paling stylish 2023 atau paling modis di planet oleh majalah mode terkemuka, GQ. Dalam kumpulan ikon gaya yang disusun oleh editor di British GQ, ia mendapat pujian karena kemampuannya yang sangat cocok saat melakukan semua tren.

Melansir dari Newshub, Selasa, 29 November 2022, para kritikus terkesan dengan kemampuan wanita berusia 26 tahun itu untuk memasukkan item pakaian pria ke dalam lemari pakaiannya. "Versi favorit kami, dan yang membuat Hadid berada di posisi teratas adalah Menswear Bella, menjahit, sepatu Prada, jaket denim besar, LSD fur trappers," tulis mereka.

Bella dinilai membuat pakaian pria terlihat lebih baik daripada kebanyakan pria dan dia masih bisa memakai apapun itu. Selain itu, para editor memuji referensi Hadid pada mode tahun 90-an.

"Thongs yang mencuat dari bawahan tracksuit, Clueless checks, hipster jeans dengan potongan yang jauh di bawah permukaan laut. Tapi, dengan gaya Balenciaga grunge dan kecintaan yang tulus pada pakaian, kemunduran Bella terasa lebih baru, lebih seksi, bahkan sedikit mengintimidasi," lanjut mereka.

4 dari 4 halaman

Desainer of The Year

Tak hanya Bella, Pierpaolo Piccioli, yang telah menjadi direktur kreatif Valentino sejak 2016, juga membawa pulang penghargaan Designer of the Year. Kategori itu sebelumnya menyertakan Denma dari Balenciaga tetapi kemudian dihapus dari daftar nominasi akibat kritik luas atas dua kampanye iklan kontroversial yang dirilis bulan lalu. Demna tidak hadir dalam acara tersebut.

Merek Inggris Independen Terbaik diberikan kepada Wales Bonner dan BFC Foundation Award diberikan kepada S.S. Daley. Sebagai tanda zaman, Burberry diberikan penghargaan baru untuk Metaverse World dan Gaming Experience dengan kredit khusus yang diberikan untuk kolaborasi label tersebut dengan game seperti Minecraft dan Blankos Block Party.

Acara malam itu dipenuhi oleh sederet pesohor Hollywood. Tamu yang hadir termasuk Florence Pugh, Tilda Swinton, Naomi Campbell, dan Stormzy yang bergaun menawan meski malam itu cuaca sangat dingin.

Di tempat lain, perayaan berubah menjadi peringatan dengan penghargaan industri lainnya untuk mendiang Ratu Elizabeth II, yang meninggal pada September 2022. Mengikuti penampilan dari Queen's Royal Hussars, karpet bercincin di Royal Albert Hall menjadi catwalk karena setiap desainer dari jadwal London Fashion Week mengirimkan tampilan dari koleksi terbaru mereka. Setelah jeda singkat dari "God Save the Queen" dari Sex Pistol, penghormatan diakhiri dengan resital bagpipe yang singkat namun suram.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS