Sukses

Kate Middleton Tampil dengan Gaun Sewaan Saat Menghadiri Earthshot Prize Awards

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton dan Pangeran William tampil gemilang saat menghadiri Earthshot Prize Awards di Boston. Mengakhiri kunjungan tiga hari mereka ke Amerika Serikat (AS), Pangeran dan Putri Wales menghadiri ajang penghargaan tahunan di MGM Music Hall, Jumat, 2 Desember 2022.

Sesuai tema acara, yakni ramah lingkungan, para tamu diminta tidak membeli gaun atau jas baru untuk malam itu. Kate pun mematuhi pedoman mode berkelanjutan, dilansir dari People, Sabtu (3/12/2022).

Ibu tiga anak ini tampil menawan dalam gaun off-the-shoulder hijau cerah dari Solace London, yang ia sewa dari HURR, platform persewaan gaun desainer di Inggris. Kate melengkapi penampilannya dengan kalung zamrud dan berlian milik Putri Diana.

Ia juga mengenakan sepasang anting berlian serasi yang dipasang dalam material platinum oleh Asprey. Sementara itu, Pangeran William memilih memakai ulang blazer beludru birunya, yang telah ia kenakan ke acara-acara kerajaan sebelumnya.

Lima pemenang dari lima kategori Earthshot masing-masing menerima 1 juta dolar AS (sekitar Rp15,4 miliar) dalam bentuk hibah untuk mencapai tujuan proyek mereka. Pemenang yang diumumkan pada Jumat malam adalah Kompor Bersih Mukuru dari Kenya; Kheyti dari India; Wanita Pribumi di Great Barrier Reef dari Australia; Notpla dari Britania Raya; dan 44.01 dari Oman.

Hadiah tersebut dipersembahkan aktor pemenang Emmy Rami Malek, komedian Catherine O'Hara, serta aktor dan aktivis Shailene Woodley. Sementara, Kate juga mengumumkan salah satu penghargaan bergengsi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Earthshot Prize

David Beckham juga hadir. Sementara, aktor Daniel Dae Kim jadi pemandu ajang penghargaan tersebut bersama Clara Amfo dari BBC Radio 1. Malek mengungkap bahwa Pangeran William pertama kali mengangkat subjek Earthshot Prize dengannyadi pemutaran perdana film James Bond.

"Kami pertama kali memulai pembicaraan di pemutaran perdana Bond. Saya sangat terkesan dengan semangat yang ia tampilkan," katanya. "(Saya) mengobrol dengan Sir David Attenborough dan afinitas (William) untuk Moonshot dan apa yang dilakukan Presiden Kennedy. Tumbuh besar, saya sangat terinspirasi Presiden Kennedy, jadi kami berdiskusi tentang itu."

"Di sini, kami berada di tempat yang jauh melampaui itu dan saya memuji Pangeran William dan semua orang yang dapat bersama-sama menemukan solusi inovatif untuk membantu menyelesaikan krisis global ini karena (problem itu) dapat diselesaikan ketika kita semua menyatukan pikiran kita," ucapnya lagi.

Berbicara pada People, Daniel Dae Kim berkata Earthshot Prize sekarang "jauh lebih substantif." "Ini berkaitan dengan masalah eksistensial yang kita semua miliki sebagai spesies, bukan hanya industri. Saya bangga mereka telah meminta saya untuk jadi bagian darinya," ia menguturkan.

3 dari 4 halaman

Pidato Pangeran William

Dalam pidatonya di ajang penghargaan tersebut, Pangeran William berkata, "Saya percaya bahwa solusi Earthshot yang Anda lihat malam ini membuktikan bahwa kita dapat mengatasi tantangan terbesar planet kita. Dengan mendukung dan meningkatkannya, kita dapat mengubah masa depan kita."

"Keputusan yang kita buat sekarang akan memengaruhi generasi yang akan datang," katanya. "Itulah sebabnya kita harus memilih jalan harapan, optimisme, dan urgensi untuk memperbaiki planet kita."

Sebelumnya, Kate dan William dipuji sebagai penumpang yang "sangat menyenangkan" oleh sesama pelancong dalam penerbangan mereka minggu ini. Kedua bangsawan itu melakukan perjalanan ke Boston, Massachusetts, dengan penerbangan komersial British Airways, Rabu, 30 November 2022, dikutip dari Express.

Pasangan itu dilaporkan mengobrol dengan penuh semangat dengan penumpang lain di kelas satu. Salah satunya mengatakan pada seorang reporter di WBZ bahwa mereka "sangat menyenangkan."

Keduanya juga dipuji atas keputusan mereka untuk terbang komersial, daripada memilih jet pribadi, mengingat kampanye ramah lingkungan yang jadi tujuan utama perjalanan mereka ke Negeri Paman Sam.

4 dari 4 halaman

Kunjungan Pertama Setelah Ratu Meninggal

Ini adalah kunjungan pertama Pangeran William dan Kate Middleton ke AS dalam delapan tahun. Juga, merupakan perjalanan luar negeri pertama mereka sejak Ratu Elizabeth II meninggal dunia, awal September lalu.

Dalam sebuah unggahan di akun Twitter mereka, Pangeran William mengatakan bahwa ia dan istrinya "senang bisa kembali ke Amerika Serikat." Ia pun berterima kasih pada "orang-orang Massachusetts, khususnya Boston,  atas banyak penghargaan yang ditujukan pada mendiang Ratu".

William mengakhiri pesan dengan mengatakan ia dan Kate "tidak sabar untuk bertemu lebih banyak dari kalian di hari-hari mendatang." Pada Rabu, Gedung Putih mengonfirmasi bahwa salah satu dari "banyak" orang yang akan ditemui Pangeran dan Putri Wales adalah Presiden AS Joe Biden.

Sekretaris pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, mengatakan pemimpin AS berharap "menyapa" pasangan itu. Namun, diperkirakan Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan berada di antara mereka yang bertemu dengan Pangeran dan Putri Wales selama perjalanan singkat tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS