Sukses

Pangeran William Bagikan Unggahan TikTok Pertamanya Jelang Kunjungan ke Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William (40), membagikan video pertamanya di TikTok sebelum penghargaan Earthshot Prize diumumkan di Boston, Amerika Serikat (AS) pada Jumat lusa, 2 Desember 2022. "Hadiah Earthshot akan diberikan," kata William sambil tersenyum ke kamera depan, sebelum meletakkannya di tanah dan bergerak seolah-olah hendak menginjaknya.

Teks bertuliskan "Boston, Jumat ini, 2 Desember" muncul di layar, saat video dipercepat dengan foto dari 15 finalis yang dinominasikan untuk penghargaan lingkungan. Dalam lima kategori ada nominasi Lindungi dan Pulihkan Alam, Bersihkan Udara Kita, Bangkitkan Laut Kita, Bangun Dunia Bebas Sampah, dan Perbaiki Iklim Kita.

"The Earthshot Prize," video itu ditutup dengan singkat. Akun TikTok pasti salah satu yang harus diperhatikan saat perayaan berlanjut untukkompetisi kedua Earthshot. Gelaran penghargaan perdana diadakan di London tahun lalu dan Earthshot akan berlangsung di AS untuk tahun kedua penyelenggaraan pekan ini.

Pada Rabu, (30/11/2022) Pangeran William dan Kate Middleton dijadwalkan akan mendarat di Boston. Ini merupakan kunjungan pertama mereka ke AS dalam delapan tahun.

Petualangan dimulai dengan penyambutan di Balai Kota Boston, di mana Walikota Michelle Wu dan Duta Besar Caroline Kennedy akan membantu memulai hitungan mundur menuju upacara Earthshot Prize yang gemerlap dan bertabur bintang di MGM Music Hall pada Jumat malam.

Waktu tiga hari mereka di AS akan diakhiri dengan perayaan ide-ide baru untuk menyelesaikan masalah planet ini. Di Earthshot Prize Awards yang akan ditayangkan di PBS, Minggu, 4 Desember 2022 Pangeran William akan menyuarakan desakan optimisme untuk mengatasi masalah lingkungan serta perubahan iklim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kunjungan ke Boston

Menurut sumber terdekat yang dikutip dari People, Selasa 29 November 2022, Pangeran William dan Kate Middleton tampak bersemangat untuk dapat membawa semangat ke Amerika Serikat dan menginspirasi orang-orang di seluruh dunia. Pemberian hadiah Earthshot pada Jumat malam adalah alasan utama kunjungan mereka.

Pasangan itu juga melihatnya sebagai kesempatan mencari fakta tentang beberapa penyebab dan minat yang dekat dengan hati mereka.  "Beberapa hal yang kami fokuskan saat ini adalah mendukung beberapa komunitas yang paling tertekan di Inggris Raya dan kami akan terus melakukannya di Boston," tambah sumber tersebut.

Pada Kamis besok, William dan Kate akan melihatapa yang dilakukan organisasi di Boston untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. Pasangan kerajaan ini akan belajar tentang beberapa teknologi inovatif yang digunakan di Greentown Labs di Somerville.

Mereka juga akan mendengar tentang upaya Roca, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja selama 35 tahun untuk menciptakan pendekatan yang kohesif. Di antaranya untuk menyelamatkan dan membantu mengubah perjalanan hidup anak muda yang berisiko tinggi.

Putri Kate dijadwalkan akan melakukan kunjungan solo ke Pusat Perkembangan Anak di Universitas Harvard pada Jumat. Ia akan mempelajari beberapa praktik terbaik yang bisa dibawa kembali ke Royal Foundation miliknya dan Pusat Anak Usia Dini saat dia membangun karya rintisannya di daerah. 

3 dari 4 halaman

Jadwal Kunjungan

Adapun Pangeran William dijadwalkan akan mengunjungi Perpustakaan dan Museum Kepresidenan John F. Kennedy. Diketahui Moonshot Presiden John F. Kennedy adalah salah satu yang menantang Amerika untuk menempatkan manusia di bulan, inspirasi di balik Penghargaan Earthshot.

Kunjungan di AS akan menempatkan pasangan itu di benua yang sama dengan saudara laki-laki Pangeran William, Pangeran Harry dan Meghan Markle, meskipun mereka diperkirakan tidak akan menghabiskan waktu bersama. Pasangan yang berbasis di California ini bersiap untuk menghadiri jamuan pada 6 Desember 2022, ketika mereka menerima Robert F. Kennedy Ripple of Hope Award di gala New York City.

Lalu serial dokumenter Netflix Meghan dan Harry juga diharapkan tayang perdana pada bulan Desember. Namun seorang ajudan William mengatakan, Penghargaan Earthshot adalah fokus utama Pangeran William dan Kate, "dan kami tidak akan terganggu oleh hal-hal lain,". Selain itu, kunjungan ini juga merupakan perjalanan pertama William dan Kate ke luar negeri sebagai Pangeran dan Putri Wales.

4 dari 4 halaman

Kesibukan Harry dan Meghan

Sementara itu, Pangeran William dan Kate Middleton dilaporkan tidak akan terganggu "bayang-bayang" Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengunjungi AS.  Itu karena Pangeran Harry dan Meghan Markle akan juga sibuk menghadiri acara gala New York City.

Putri Robert F. Kennedy, Kerry Kennedy, mengatakan bahwa ia akan memberi penghargaan untuk pasangan itu atas sikap "pahlawan" mereka terhadap "rasisme struktural" dari keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam wawancara dengan situs berita online Spanyol Vanitatis El Confidencial, dilansir dari People, Kerry mengatakan bahwa Harry dan Meghan mencontohkan "keberanian moral" melawan ketidakadilan yang disebut ayahnya dalam pidato ikonis Ripple of Hope di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, lebih dari 50 tahun lalu ketika apartheid berkuasa.

"Ketika ayah saya pergi ke Afrika Selatan pada 1966, ia berbicara di depan audiens kulit putih dan mengatakan bahwa masalah di generasi ini adalah berbicara tentang keadilan rasial," Kerry mengungkapkan.

Perempuan 63 tahun itu menambahkan, "Ia juga berbicara tentang keberanian moral, mengatakan bahwa cuma sedikit orang yang mempertanyakan rekan kerja, keluarga, dan komunitas mereka mengenai struktur kekuasaan yang dipertahankan, dan inilah yang sudah dilakukan Meghan Markle dan Pangeran Harry."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS