Sukses

Arti Stan Kpop, Apa bedanya dengan Penggemar?

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini tengah populer istilah stan KPop, apa arti sebenarnya? Mengutip dari Urban Dictionary, Rabu (30/11/2022), stan KPop ternyata memiliki makna seseorang yang sangat menyukai kpop.

Stan Kpop mungkin bisa menyukai satu grup atau solois atau lebih. Orang-orang ini biasanya memiliki gambar profil KPop dan menggunakan bahasa gaul Twitter. Tetapi stan juga bukanlah sekedar kata dalam musik KPop, lantaran "Stan" kerap dipakai dalam dunia Hallyu untuk menggambarkan betapa dedikasinya seorang fans terhadap sebuah idol grup, seorang idol KPop atau bahkan sebuah agensi. Sebutan yang tepat misalnya YG Stan atau JYJ Stan. 

Dalam dunia penggemar KPop dikenal sebuah level istilah dari seorang fans untuk menjadi stan dan akhirnya menjadi sasaeng fans. Sementara untuk sasaeng, sering kali memiliki konotasi negatif sebab mereka menjadi penggemar yang tidak bertanggung jawab dan sering melakukan hal gila demi memiliki atau bertemu idola.

Namun mengutip dari Wire.com, Rabu (30/11/2022), di sisi positifnya ada KPop stans yang justru bisa menjadi kekuatan aktivis untuk diperhitungkan berbuat kebaikan. Penggemar awalnya berbondong-bondong ikut komunitas, tetapi kemudian berkembang menjadi sebuah gerakan positif. 

Seorang stan K-pop mungkin awalnya hanya penggemar musik pop Korea Selatan yang antusias dan aktif, tetapi stan berarti penggemar berat. Sering kali orang akan melihat mereka di Twitter dengan gambar mereka berubah menjadi salah satu pahlawan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Army BTS

ARMY BTS, sebutan dari penggemar BTS bisa disebut salah satu Stan KPop. Mereka sangat solid ketika idolanya ulang tahun maupun akan menggelar konser.

Salah satunya terjadi saat personel idol grup terkenal BTS, Jimin merayakan hari kelahirannya pada 13 Oktober 2022. Menginjak usia ke027 tahun, ARMY membuat proyek-proyek ulang tahun untuk menyambut hari lahir idola mereka.

Mengutip dari kanal Citizen, Liputan6.com, 13 Oktober 2022, proyek penggemar termasuk acara amal, instalasi, papan reklame, dan iklan yang menarik perhatian orang banyak sehingga menghasilkan peningkatan ekonomi lokal. Jimin BTS mendapatkan ucapan selamat dari ARMY di Twitter sampai masuk trending topic dunia.

Ada lebih dari satu juta ARMY menulis twit ucapan selamat untuk anggota bernama lengkap Park Jimin tersebut. Saat momen pergantian usia, sang member BTS menghabiskan waktunya bersama ARMY. Dikutip dari Koreaboo, ia melakukan siaran langsung ulang tahun di platform Weverse.

Bukan hanya berinteraksi dengan penggemar, Jimin juga melakukan sejumlah aktivitas lain. Mulai dari membuat bunga mainan Lego, memperlihatkan sedikit bocoran photobook-nya, dan momen tiup lilin,

Dengan sabar, ia menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk menyusun kepingan Lego sehingga membentuk bunga, lalu mempersembahkannya kepada ARMY. ARMY tentu saja tak akan membuat ultah member BTS ini berlalu tanpa kemeriahan—setidaknya di linimasa media sosial.

3 dari 4 halaman

Padati Stadion

Sekitar 55 ribu penggemar memadati Stadion Asiad di Busan pada Sabtu 15 Oktober 2022 hanya untuk menyaksikan konser gratis BTS bertajuk Yet To Come In Busan. 

Selama konser grup vokal asal Korea Selatan ini membawakan 20 lagu, termasuk lagu-lagu populer "Dynamite," "Fire," "Spring Day," "Save ME" dan "Yet to Come."

Konser “Yet to Come in Busan" tak hanya penampilan BTS pertama sejak grup ini mengumumkan istirahat untuk fokus pada proyek solo pada bulan Juni. Namun, konser ini juga merupakan konser terakhir sebelum mereka wajib militer atau wamil. 

Big Hit, agensi yang menaungi BTS, tepat dua hari usai konser gratis itu dilaksanakan mengumumkan bahwa member BTS akan menjalani wamil hingga mereka bertemu kembali di 2025. 

Kim Seokjin, member tertua BTS yang sekarang berusia 29 tahun bakal menjadi anggota pertama yang melaksanakan wamil di akhir Oktober ini. 

Konser terakhir ini merupakan salah satu konser yang paling mengesankan bagi Army, sebutan untuk penggemar BTS. Pasalnya, setelah BS dipilih untuk mempromosikan World Expo 2030, konser gratis langsung diumumkan.

Di samping untuk promosi World Expo, konser ini juga merupakan konser yang memang diimpikan para member untuk membuat semua Army dari seluruh penjuru dunia datang dan bergembira bersama di konser tanpa dipungut biaya apapun. 

4 dari 4 halaman

Antusiasme Siaran Langsung

Meskipun tidak semua Army bisa hadir ke Busan, tetapi euforia konser gratis ini dirasakan di seluruh penjuru dunia. Weverse, Zepetto, dan Naver merupakan platform pendukung konser gratis secara online agar Army di seluruh dunia bisa turut menyaksikan keseruan konser ini.

Selain 50 ribu orang yang memadati stadium, konser ini juga ditonton oleh sekitar 10 ribu orang melalui siaran langsung di Pelabuhan Busan. Sementara itu, ada 2.000 orang yang menonton Live Play di Haeundae yang terbuka untuk umum. 

Tak berhenti sampai disana, diperkirakan hampir 50 juta orang menonton melalui Weverse dan JTBC menghasilkan rating tinggi hingga 3,3 persen saat konser BTS berlangsung. 

“Antusiasme Army kali ini besar untuk nonton bareng daechwita. Bahkan, mendekati konser Busan kemarin, masih banyak ARMY yang tanya tentang slot nonton bareng BTS Yet To Come In Busan ini," kata Rintan, pemilik akun @Daechwita13.id, yang melayani jasa titip merchandise BTS. 

Nonton bareng konser BTS Yet To Come In Busan merupakan salah satu yang dilakukan ARMY di Indonesia khususnya, untuk dapat merasakan euforia konser seperti aslinya. Meski mereka tidak dapat menonton dan bertemu idola mereka secara langsung, mereka dapat bersenang-senang bersama Army.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS