Sukses

Influencer Bagikan Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori dan Bernutrisi

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka Nasi Padang? Sajian kuliner dari Sumatra Barat ini memang dikenal sebagai makanan yang enak tapi cenderung berlemak. Dalam satu bungkus nasi Padang biasanya terdapat lebih dari 500 kalori.

Tak heran, jika kemudian para pejuang diet biasanya akan menghindari menu lezat satu ini. Padahal sebenarnya, Anda tetap bisa menyantap nasi Padang sekalipun sedang diet.

Namun Anda harus menerapkan beberapa tips dan cara supaya asupan kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan, sehingga aman buat diet. Cara menyantap nasi Padang saat diet ini pernah dibagikan oleh salah satu konten kreator hidup sehat bernama Shavira.

Dalam menanggapi pertanyaan dari warganet, Shavira membagikan sebuah video tentang cara makan nasi Padang saat diet melalui akun TikTok/@sundayaromatics. Cara makan nasi Padang ini diklaim bisa lebih bernutrisi dan rendah kalori.

"Kak kalo nasi padang gmn tolong dong aku pen diet tp mamak ku jualan nasi padang," kata pemilik akun TikTok/@desjanfebmarapr's. "Bisa. Aku bantu lagi, ya. Kita bikin menu nasi Padang yang lebih rendah kalori, lebih cocok buat kamu yang lagi defisit kalori dan aku bantu juga supaya lebih bernutrisi," terang Shavira, dilansir dari akun TikTok miliknya, Selasa, 29 November 2022.

Saat Anda membeli nasi Padang, sebaiknya mintalah setengah porsi nasi. Anda juga bisa menggunakan nasi yang dimasak sendiri di rumah, sehingga porsinya pun lebih terkontrol.

Dalam video yang dibagikan Shavira, dia menekankan untuk hanya mengonsumsi 150 gram nasi putih plain tanpa siraman bumbu apapun. Menurutnya, bumbu nasi Padang justru paling berkontribusi pada peningkatan kalori. "Karena sekali disiram bumbu, itu sudah kontribusi kalori yang luar biasa," kata Shavira. Namun kalau Anda ingin menyantap bumbunya, cukup tambahkan 1-2 sendok makan bumbunya untuk satu porsi nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pilihan Lauk

Penambahan bumbu ini bisa membuat rasa nasi Padang tetap enak, tapi rendah lemak dan aman saat defisit kalori. Dengan begitu, diet Anda pun tetap aman dan terkontrol.

Sedangkan untuk lauk, Anda bisa memilih 1-2 jenis protein, seperti ayam. Tapi perlu diperhatikan untuk memilih ayam yang dimasak dengan cara yang sehat seperti ayam bakar, ayam gulai (minim kuah), ayam pop dan ayam yang lebih banyak dagingnya (bukan kulitnya).

Cara memilih lauk ini juga bisa diterapkan untuk lauk lain seperti telur atau rendang. Sebaiknya pilih lauk berbumbu daripada yang digoreng. Menurut Shavira, lauk yang goreng tentunya sudah mengandung banyak kalori.

"Dengan bumbu atau kuah yang dibatasi, makanan kita jadi tetap lebih rendah (kalorinya) daripada telur dadar (lauk goreng) yang memang sudah banyak banget minyaknya," kata Shavira.

Shavira menekankan untuk fokus ke protein, sayur, dan karbohidrat yang dikonsumsi. Dia menyarankan untuk menghindari jenis makanan lain seperti kerupuk kulit. Kerupuk kulit ini biasanya mengandung kalori yang tinggi karena umumnya dibuat dari kulit sapid an digoreng dalam minyak yang banyak.

3 dari 4 halaman

Nasi Masak Sendiri

Video trik makan nasi Padang saat diet ini sontak membuat warganet tertarik. Tak heran jika kemudian video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali dan mendapat ratusan komentar sampai berita ini ditulis. Ada banyak warganet yang mengaku telah menerapkan cara serupa dalam menjaga defisit kalori.

"Benerrr bgt kmrin aku diet klo lagi pengen nasi padang ttp beli tapi nasinya setengah aja tapi masih tetap pake kuahnya soalnya klo ngga pke kuah kek ada yang kurang," komentar seorang warganet.

"Persis kayak menuku kalo makan nasi padang kak.. versi murahnya beli lauknya aja nasi masak sendiri + rebus telur sendiri," tulis warganet lainnya. "Aku juga sekarang makan nasi padang nasinya setengah dan gak pake kuah karena lagi ngurangin santan. tapi itu kenyang ampe malam looh," komentar warganet lainnya.

Cara makan nasi Padanng yang lebih rendah kalori juga pernah dibagikan oleh mantan atlet binaraga Ade Rai, beberapa tahun lalu.  Video Ade Rai lagi makan di rumah makan padang jadi sorotan warganet di Twitter. Gara-garanya pria berdarah Bali itu mencuci ayam pop bagian dada dengan teh tawar di dalam mangkuk kecil sebelum disantap.

Video berdurasi 43 detik itu diunggah akun Penunggu Tribun @joretni pada Sabtu, 29 Agustus 2020 dan diberi judul 'Boleh Makan di RM Padang. Tapi Ada Cara yang Baik dan Benarnya. By Ade Rai.'.

4 dari 4 halaman

Ayam Pop dan Teh Tawar

Dari hasil penulusuran Health Liputan6.com pada Senin pagi, 31 Agustus 2020, video yang sudah dan disukai 451 akun dengan 635 retweets merupakan potongan video berdurasi lebih dari dua menit yang diunggah akun Youtube Dunia Ade Rai.  Di kanal Youtube milik Ade Rai, video berjudul SIASAT Makan Nasi Padang Versi Ade Rai berdurasi 2 menit 39 detik.

Dari keterangan yang tertulis di kolom deskripsi, video diambil beberapa tahun yang lalu saat Ade Rai berada di Jakarta dan mampir di rumah makan padang yang ada di rest area.  Adapun cara Ade Rai menyantap makanan di rumah makan padang, dengan tetap memerhatikan gizi seimbang.

Ada karbohidrat sebagai sumber energi, protein, dan serat. Untuk sumber karbohidrat, Ade Rai memilih dua sendok nasi putih. "Dan paling banyak kalau bisa sekepal tangan kita," ujarnya.  Pada bagian menunjukkan sumber protein inilah yang menjadi perbincangan warganet. Ade Rai memilih ayam pop bagian dada karena tinggi kandungan protein dan rendah lemak.

Sebelum menyantapnya, Ade Rai terlebih dahulu membilasnya dengan teh tawar,  Menurut Ade Rai, dengan mencuci atau memblas ayam pop ke dalam teh tawar, minyak yang masih menempel di daging ayam akan jatuh.  Menanggapi perihal cara makan Ade Rai yang mencuci ayam pop dengan teh tawar, Nutrisionist dari PRIME Nutrition Consulting - Sport & Wellness, Dian Agnesia Simanjuntak, mengatakan, sah-sah saja untuk dilakukan.

Dian sudah menonton video tersebut. Menurut dia, tindakan Ade Rai tersebut sama seperti cara kebanyakan orang saat akan makan gorengan dengan terlebih dulu mengelapnya menggunakan tisu dengan tujuan agar minyaknya berkurang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS