Sukses

10 Pola Makan Raffi Ahmad yang Bikin Tubuhnya Bugar Meski Banyak Aktivitas

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad baru-baru ini ikut memeriahkan acara Tiba Tiba Tenis yang diadakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada Sabtu , 12 November 2022. Berduel dengan Desta, suami Nagita Slavina ini berhasil memenangkan pertandingan dua set langsung. Momen ini pun lantas ramai jadi perbincangan warganet di media sosial.

Sosok Raffi Ahmad sendiri semakin dikagumi banyak orang karena tidak hanya berbakat di dunia hiburan, tapi juga di bidang olahraga. Kemenangan Raffi dalam pertandingan tersebut disebut-sebut salah satu faktornya adalah staminanya yang prima.

Di tengah aktivitasnya yang padat, Raffi Ahmad tetap menyempatkan waktu buat latihan tenis. Padahal Raffi mengisi sejumlah acara di televisi. Ia juga suka bepergian bersama keluarganya ke beberapa daerah di Indonesia dan bahkan ke luar negeri.

Saat ini, Raffi diketahui sedang berada di Qatar untuk menyaksikan langsung pembukaan Piala Dunia 2022 pada Minggu, 20 November 2022.  Tetap aktif menjalankan segudang kegiatan, Raffi diketahui punya trik menjaga kesehatan.

Selain olahraga, ayah dari Rafathar dan Rayyanza alias Cipung ini juga menjaga pola makannya. Sejak lebih perhatian dengan pola makan, Raffi Ahmad mengaku merasa jadi lebih sehat, lincah, dan selalu berenergi. "Sekarang lebih fresh, bangun tidur gak pusing dah lebih lincah," ucapnya dilansir dari kanal YouTube/Rans Entertainment, Minggu (20/11/2022).

Penasaran seperti apa pola makan Raffi? Berikut 10 pola makan Raffi Ahmad yang membuatnya tetap bugar meski punya segudang kesibukan yang dilansir dari kanal Youtube Rans Entertainment dan beberapa sumber lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Makan aneka jenis nasi

Kalau sebagian orang memilih tidak mengonsumsi nasi untuk menjaga berat badan maupun kebugaran, Raffi Ahmad justru tetap suka makan nasi. Tak hanya makan nasi putih saja, tapi sesekali diselingi dengan nasi merah. Dilansir dari healthline.com, nasi putih sebaiknya memang tidak dikonsumsi berlebih karena kadar glikemiknya cukup tinggi dan berisiko menyebabkan gangguan kesehatan, seperti diabetes.

Semakin banyak nasi yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan berat badan Anda naik dan menjadi obesitas. Inilah yang dapat menyebabkan diabetes.Nasi putih memang jauh kadar gulanya lebih tinggi dibandingkan kadar gula darah pada nasi merah, nasi hitam, dan lainnya.

2. Mengonsumsi ayam

Raffi Ahmad diketahui doyan makan ayam bahkan dalam porsi besar. Lewat unggahan Instagram Stories yang dibagikan oleh Anya Geraldine, Raffi bisa menyantap sampai 10 potong ayam dalam sekali makan. Dilansir dari euro-poultry.com, ayam punya protein dan vitamin B yang tinggi, sehingga bagus buat membentuk otot, meningkatkan imun, dan menambah energi.

3. Makan 3 kali sehari

Tak hanya jenis makanan, Raffi Ahmad pun mengatur waktu makannya. Meski menjaga pola makan, Raffi Ahmad tetap makan tiga kali sehari di jam-jam yang sudah ditentukan. Dilansir dari belite.com, mengatur jam makan tiga kali sehari tak hanya bisa menjaga energi tubuh stabil, tapi juga mempermudah alat pencernaan bekerja dengan lancar.

3 dari 4 halaman

4. Minum air putih

Mengikuti arahan sang istri, Raffi selalu minum banyak air putih. Sebelum makan, pria berusia 35 tahun ini biasa minum air putih terlebih dahulu supaya porsi makannya tak berlebihan.

Air putih ini juga terbukti bisa membersihkan racun di dalam tubuh. "Katanya biar makannya nggak banyak, sebelum makan kita tuh harus minum air putih dulu yang banyak," ujar Nagita Slavina dilansir dari YouTube Rans Entertainment.

5. Variasi sumber karbohidrat

Selain nasi, Raffi Ahmad pun terkadang mendapat sumber karbohidrat dari makanan lain, seperti pasta dan kentang. Pasta jadi pilihan karena mengandung karbohidrat kompleks yang bagus untuk tingkatkan energi, sama halnya dengan kentang. Kentang sendiri,juga kaya akan vitamin untuk meningkatkan imunitas.

6. Makan aneka jenis sayuran

Salah satu menu makanan wajib bagi yang menjalankan pola makan sehat adalah sayuran. Raffi juga melengkapi pola makan sehatnya dengan aneka jenis sayuran. Sayuran punya karbohidrat kompleks dan serat yang bagus untuk menjaga energi tetap stabil meski punya segudang aktivitas.

7. Mengonsumsi buah-buahan

Sama halnya dengan sayur, Raffi juga sebisa mungkin mengonsumsi buah-buahan secara langsung maupun diolah jadi jus setiap harinya. Buah mengandung gula alami yang bisa terpecah jadi glukosa secara cepat di dalam tubuh. Glukosa inilah yang akan jadi sumber energi buat tubuh tetap aktif beraktivitas.

4 dari 4 halaman

8. Mengurangi konsumsi daging merah

Meski dikenal suka makan banyak, tapi Raffi termasuk selektif soal jenis makanan yang masuk ke tubuhnya,. Ayah dua orang anak ini sebisa mungkin mengurangi konsumsi daging merah untuk mencegah risiko penyakit jantung dan kolesterol.

Mengurangi makan daging merah dapat mengurangi kalori, kolesterol jahat, dan lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengurangi konsumsi daging merah kita bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

9. Minum susu

Menurut Raffi, untuk menjaga kesehatan dari makanan dan air putih saja masih belum cukup, makanya ia seringkali mengonsumsi susu untuk melengkapi gaya hidup aktifnya. Dilansir dari healthhub.sg, susu kaya akan vitamin B12, B2, dan B3 yang sangat baik untuk meningkatkan energi dan membentuk sel darah merah."Sekarang asupan yang biasa-biasa aja nggak cukup,harus yang double manfaatnya," tutur Raffi dilansir dari Fimela.com.

10. Mengurangi makanan olahan

Makanan olahan juga dihindari oleh Raffi Ahmad. Makanya ia lebih banyak mengonsumsi makanan utuh, seperti ayam, sayuran, buah, dan lain-lain. Makanan olahan tak hanya rendah nutrisi, tapi juga bikin tubuh mudah lelah dan berisiko terjadi lonjakan gula darah usai mengonsumsinya.

Makanan olahan adalah makanan yang penuh dengan bahan kimia, juga sangat adiktif yang pelan-pelan dapat menarik selera makan seseorang. Yang termasuk makanan olahan dan tanpa sadar kita suka sering mengonsumsinya antara lain adalah, minuman manis, makanan ringan dalam kemasan, keripik, sereal sarapan, kue dalam kemasan dan roti dalam kemasan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS