Sukses

Apa Kata Sains Soal Perawatan Anti-Penuaan Ekstrem yang Dijalani Jennifer Aniston hingga Lady Gaga?

Perawatan anti-penuaan yang dilakukan sejumlah artis seperti Jennifer Aniston menjanjikan manfaat seperti penurunan berat badan, mengurangi kerutan, hingga pembuangan racun.

Liputan6.com, Jakarta - Para selebritas dunia menjalani berbagai perawatan anti-penuaan ekstrem, mulai dari oksigen hiperbarik seperti dilakukan Kendall Jenner dan Justin Beiber, hingga sauna inframerah oleh aktris Gwyneth Paltrow dan Jennifer Aniston. Perawatan anti-penuaan ini menjanjikan manfaat dari penurunan berat badan hingga mengurangi kerutan, peningkatan sirkulasi darah, dan pembuangan racun.

Ketika dihadapkan pilihan tersebut, simak klaim sains berikut untuk menjelaskan efektivitasnya. Mengutip South China Morning Post, Senin (7/11/2022), perawatan oksigen hiperbarik melibatkan cara menghirup oksigen murni dalam ruang bertekanan. Saat tekanan turun, rasanya seperti berada di kabin pesawat.

Perawatan oksigen hiperbarik (HBOT) naik daun setelah dipopulerkan sebagai perawatan anti-penuaan oleh selebriti seperti Kendall Jenner, LeBron James, Keanu Reeves, dan Justin Bieber. Mendiang Ratu Elizabeth II juga disebut sebagai pengguna terapi oksigen hiperbarik selama bertahun-tahun sebelum meninggal dunia di usia 96 tahun.

Oksigen hiperbarik pertama kali digunakan pada abad ke-20 sebagai pengobatan untuk penyelam angkatan laut AS dengan penyakit dekompresi. Kemudian pada 1960-an dimanfaatkan untuk mengobati keracunan karbon monoksida. Baru-baru ini, HBOT telah mendapatkan pengakuan atas manfaat kesehatannya, dengan ruang kecil bertekanan dengan oksigen 100 persen dan dibuat untuk satu orang yang tersedia secara luas untuk digunakan di rumah.

Terapi dapat diberikan di ruangan dengan banyak orang, Anda akan bernapas melalui masker. Sesi oksigen hiperbarik biasanya berlangsung antara 45 menit dan lima jam. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Sains HBOT

Sains di balik HBOT dapat dijelaskan bahwa tekanan yang lebih tinggi di dalam ruangan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, membanjiri jaringan tubuh dengan oksigen. Meningkatkan konsentrasi oksigen dalam jaringan dapat membantu tubuh memblokir bakteri berbahaya dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi dari Universitas Tel Aviv dan Pusat Medis Shamir, di Israel, yang diterbitkan dalam jurnal Aging pada November 2020, menunjukkan bahwa sel darah tumbuh lebih muda seiring kemajuan perawatan HBOT. Manfaat lainnya termasuk peningkatan fungsi otak yang berkurang akibat stroke, usia dan cedera otak serta potensi untuk menghentikan perkembangan penyakit Alzheimer.

Dalam studi terhadap 35 orang dewasa sehat berusia 64 atau lebih yang mengalami 60 sesi hiperbarik selama 90 hari, para peneliti menemukan hal itu dapat membalikkan dua proses utama yang terkait dengan penuaan. Namun, satu sesi tidak cukup untuk membuat perbedaan. Tetapi dalam satu sesi secara keseluruhan, treatment HBOT akan membuat Anda berenergi dan kepala terasa lebih jernih setelah meninggalkan ruangan.

3 dari 4 halaman

Sauna Inframerah

Perawatan anti-penuaan lainnya adalah sauna inframerah seperti dijalani Gwyneth Paltrow, Jennifer Aniston, Cindy Crawford dan Lady Gaga. Para pesohor ini telah lama mengungkap manfaat sauna inframerah (IR) untuk mendetoksifikasi secara mendalam, mengurangi kerutan halus, meningkatkan sirkulasi dan bahkan menghilangkan rasa sakit.

Menurut sains, panas sauna inframerah berasal dari foton cahaya yang disebut sebagai radiasi inframerah jauh (FIR), suatu bentuk energi elektromagnetik yang menembus hingga 3,8 cm (1,5 inci) di bawah kulit. Suhu sauna antara 45 dan 60 derajat Celcius (113-140 Fahrenheit), daripada suhu sauna biasa 70 hingga 90 derajat Celcius.

Panas akan masuk lebih dalam ke dalam tubuh daripada sauna biasa. Sementara suhu kulit Anda meningkat, suhu inti Anda tidak naik pada tingkat yang sama.

Penelitian telah menunjukkan bahwa IR dapat membantu mengobati penuaan dini. Cara kerjanya dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin di dermis, salah satu lapisan kulit, melalui stimulasi fibroblas, jenis sel yang berkontribusi pada pembentukan jaringan ikat, lalu mengeluarkan protein kolagen dan membantu dalam penyembuhan luka.

Hasilnya tidak instan. Satu penelitian terhadap 20 pasien menunjukkan peningkatan rata-rata 25 persen hingga 50 persen dalam kolagen dan elastin setelah enam bulan perawatan, sementara kekasaran kulit berkurang dan kekencangan kulit meningkat pada 100 persen pasien selama jangka waktu tersebut.

4 dari 4 halaman

Ruang Krioterapi

Manfaat pengobatan dingin ekstrem sudah dikenal luas. Baru-baru ini dipopulerkan oleh apa yang disebut Manusia Es, Wim Hof, yang mempromosikan mandi es untuk meningkatkan kekebalan, memperbaiki sistem kardiovaskular, mempercepat metabolisme, dan menghilangkan stres.

Jika Anda tidak bisa mandi es, ruang cryotherapy bisa menjadi cara yang lebih nyaman untuk terpapar dingin. Meskipun kabin cryotherapy jauh lebih dingin daripada mandi es, rasanya lebih tertahankan karena menggunakan es kering, atau nitrogen cair, untuk mendinginkannya, dan air adalah konduktor dingin yang lebih efisien daripada udara.

Dari sisi sains, cryotherapy telah menjadi fokus dari banyak penelitian terbaru untuk berbagai perawatan, dari kanker prostat hingga depresi. Sementara banyak penelitian masih diperlukan, mereka telah menunjukkan bahwa cryotherapy mengurangi stres oksidatif, yang berkontribusi pada perkembangan berbagai kondisi kronis, dari kanker hingga penyakit jantung.

Perawatan ini juga mengurangi peradangan sebagai penanda utama untuk banyak penyakit dan penuaan. Studi lain menunjukkan itu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan otot dan mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan suasana hati, kualitas tidur, dan fokus. Terapi ini menyebabkan otak mengirim darah beroksigen ke organ proses yang biasanya dipicu untuk membantu proses penyembuhan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.