Sukses

Persiapan Penting Sebelum Solo Traveling ke Luar Negeri, Biar Nggak Nyasar!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bentuk self reward yang bisa kamu lakukan adalah solo traveling ke luar negeri. Melakukan perjalanan wisata ke negeri orang lain tentu menjadi momen yang sangat asyik. Kita bisa melihat berbagai tempat yang indah, merasakan berbagai makanan unik, hingga berinteraksi dengan warga lokal menjadi salah satu kesempatan yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, berlibur sendirian tentunya menjadi pengalaman yang baru, karena kamu harus bisa menyiapkan semua keperluan dan rencana liburan secara mandiri. Sebelum memulai petualangan menjelajahi luar negeri sendirian, jangan lewatkan tips dan persiapan penting berikut ini, ya!

1. Menguasai Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing sangat penting untuk dipelajari, terutama jika kamu mengunjungi negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari atau bahasa umum. Misalnya seperti Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Jepang dan masih banyak lagi.

Nggak perlu khawatir, kamu bisa mempelajari bahasa negara yang akan kamu tuju melalui buku, YouTube atau Google. Hal ini supaya memudahkan untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

2. Merencanakan Biaya

Budgeting kebutuhan untuk traveling dapat dilakukan dengan research transportasi yang akan digunakan, biaya makan, tempat menginap hingga tempat wisatanya. Kamu bisa mencari harga tiket pesawat pulang pergi melalui aplikasi pembelian tiket, juga hotel atau penginapan guesthouse. Selain itu, rencanakan juga berapa hari akan liburan di negara tersebut dan estimasi biaya makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Yuk, Bikin Itinerary Dulu

Dengan berkembangnya zaman yang canggih dan serba cepat, tentu memudahkan kamu dalam mencari informasi lengkap tentang destinasi yang akan dituju melalui internet. Riset yang mendalam tentang daftar destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi wajib dilakukan. Mulai dari harga tiket masuk, jarak yang ditempuh dari hotel, dan pilihan transportasi. Hal ini dilakukan agar kamu nggak bingung dan tentunya lebih memudahkan saat bepergian.

4. Dokumen Penting

Sebelum mencari tiket pesawat dan akomodasi, hal paling pertama yang wajib dipersiapkan adalah dokumen-dokumen penting pendukung perjalanan. Nah, kira-kira apa saja sih dokumen-dokumen tersebut? Kamu perlu menyiapkan KTP, paspor, visa, dan Surat Izin Mengemudi (SIM) jika diperlukan. 

Namun, cari tahu terlebih dahulu negara yang ingin kamu kunjungi perlu menyertakan visa atau tidak. FYI, ada beberapa negara yang mengizinkan orang Indonesia masuk ke negaranya tanpa perlu apply visa, seperti Singapura, Maldives, dan Malaysia.

3 dari 3 halaman

5. Paling Penting : Pesan Tiket!

Nah, setelah dokumen-dokumen perjalanan lengkap dan aman, baru deh kamu bisa ke tahap terakhir, yaitu pesan tiket pesawat dan akomodasi. Nah, untuk mendapatkan tiket pesawat dan penginapan dengan harga yang ekonomis, kamu perlu memesan tiket jauh-jauh hari. Atau, bisa sering-sering cek promo dari aplikasi yang menyediakan layanan pemesanan “Mau kemana? Semua ada tiketnya” mulai dari tiket pesawat, hotel, resort, tiket kereta, hingga tiket destinasi wisata.

Hal ini bisa dilakukan agar kamu gercep mendapatkan informasi terkini mengenai promo hotel dan tiket pesawat. Memudahkan sekali bagi yang ingin mendapatkan harga miring, apalagi buat kamu yang berencana solo traveller, karena sebagian besar harga tiket menjadi salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan.

So, itu dia lima tips penting buat solo traveling ke luar negeri. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik dan jangan pernah ragu untuk memulai. Selamat traveling!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS