Sukses

Lembaga Nirlaba ASRI dari Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi Bidang Iklim Ashden Awards 2022

Alam Sehat Lestari (ASRI) dinobatkan sebagai pemenang pertama penghargaan bergengsi Ashden Awards kategori Natural Climate Solutions.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga nirlaba Alam Sehat Lestari (ASRI) dinobatkan sebagai pemenang pertama penghargaan bergengsi Ashden Awards kategori Natural Climate Solutions. Penghargaan didapat untuk kerja ASRI membantu masyarakat lokal mendapatkan mata pencaharian berkelanjutan sambil menjaga hutan.

Ashden Awards yang digelar setiap tahun menampilkan terobosan inisiatif dari para pelopor iklim yang menunjukkan hal-hal apa saja yang mungkin dilakukan untuk beralih ke masa depan rendah karbon yang lebih adil. Untuk memaksimalkan dampak, badan amal solusi iklim tersebut juga menjalin hubungan dengan penyandang dana, investor, pembuat kebijakan.

Sebagai badan amal solusi iklim organisasi, ASRI juga menyediakan sebuah platform global untuk menampilkan kerja para pelopor iklim tersebut. Terpilihnya ASRI di antara lebih dari 200 organisasi yang mendaftar karena metode pendekatan Radical Listening-nya yang unik dalam mengidentifikasi solusi dari deforestasi, perlindungan dan regenerasi hutan hujan serta keanekaragaman hayati.

Dengan menempatkan masyarakat lokal di garis depan sebagai pemegang kunci solusi. Solusi ini mencakup pemberian pelayanan kesehatan masyarakat, pelatihan pertanian organik, dan pendidikan, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia sekaligus alam yang sehat dan lestari.

“Penghargaan Ashden sangat kompetitif, dan ASRI menjadi satu-satunya organisasi penerima penghargaan yang berasal dari Asia," kata Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani melalui keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu (2/11/2022). 

Ia menambahkan, penghargaan ini merupakan suatu penghormatan kepada masyarakat lokal yang mana program-program ASRI adalah solusi yang lahir dari masyarakat. Tentunya penghargaan juga didedikasikan untuk pemerintah yang memimpin upaya konservasi, serta para donor dan suporter yang telah mendukung pekerjaan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memunculkan Kesadaran Global

Lebih jauh ASRI berharap agar Ashden Awards memunculkan kesadaran global akan kemampuan masyarakat lokal dalam melindungi dunia. Terkait efek pemanasan global melalui pengelolaan hutan yang efektif dan tentang pentingnya pendekatan holistik untuk memastikan hutan yang sehat dan juga masyarakat yang sehat.

Didirikan pada tahun 2007, ASRI bersama mitra Health In Harmony dan masyarakat sekitar bergerak mendukung upaya pemerintah Indonesia menjaga ekosistem hutan hujan tropis sehingga hutan sehat, masyarakat sehat. Melalui Radical Listening, ASRI mengidentifikasi kurangnya akses untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Ditemukan salah satu penyebab utama masyarakat menebang pohon dan telah bekerja untuk mendirikan klinik. Para tenaga profesional medis setempat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, yang juga mencakup pelayanan ibu dan bayi serta pelayanan kesehatan gigi dan mata, di samping pelayanan kesehatan primer.

Untuk memastikan pelayanan dapat diakses, pasien dapat membayar secara tunai, non-tunai dan BPJS. Pembayaran pengobatan secara non-tunai misalnya adalah dengan bibit pohon, kerajinan tangan, pupuk organik, ataupun bekerja. Pasien juga menerima potongan biaya untuk perawatan medis jika mereka atau masyarakat di dusun mereka berkomitmen untuk menjaga hutan. 

3 dari 4 halaman

Solusi Iklim Inovatif

Selain layanan kesehatan, ASRI menyediakan pelatihan pertanian organik, dukungan mata pencaharian alternatif melalui program Kambing untuk Janda dan Chainsaw Buyback/Tukar Chainsaw, serta program pendidikan yang menyasar remaja dan anak-anak yang tinggal di sekitar hutan.

Harriet Lamb, CEO dari Ashden, yang berkantor di Inggris yang menyelenggarakan penghargaan tahunan tersebut mengatakan, melalui penghargaan ini, pihaknya merasa bangga untuk merayakan dan mempromosikan solusi-solusi iklim inovatif yang akan mewujudkan masa depan yang rendah karbon. "Menjelang perundingan iklim COP 27 yang penting di Mesir, para pemimpin dunia harus duduk, memberikan perhatian, dan menyediakan dana yang memadai untuk meningkatkan atau menyebarluaskan teladan-teladan solusi iklim kreatif yang luar biasa ini,” sebut Harriet Lamb.

Adapun semenjak ASRI berdiri, konsep Radical Listening dan pendekatan interseksional ini telah banyak dicontoh. Beberapa wilayah yang telah menerapkannya antara lain Bukit Baka Bukit Raya, di Indonesia, Hutan Manombo di Madagaskar di Afrika, dan wilayah Terra Do Meio di hutan hujan Amazon di Brazil. 

 

 

4 dari 4 halaman

Melindungi Keanekaragaman Hayati

Penghargaan Ashden untuk kategori Natural Climate Solutions memasuki tahun ketiga. Kegiatan berupaya untuk menemukan dan memperjuangkan inisiatif-inisiatif yang dipimpin oleh masyarakat lokal demi mengurangi kemiskinan melalui penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

"Dengan cara itu, organisasi bisa mendukung masyarakat untuk menjadi pengelola hutan yang efektif dan melindungi keanekaragaman hayati. "Dunia saat ini mengakui bahwa penduduk lokal adalah penjaga hutan dunia terbaik,” kata Giles Bristow, Direktur Program Ashden.

Ia mengatakan, keahlian lokal dan praktik tradisional mereka memberikan solusi yang membuahkan hasil. Ashden, sebuah badan amal Inggris, telah menyoroti solusi iklim transformatif selama lebih dari 20 tahun melalui program penghargaan bergengsi mereka, terutama melalui solusi yang berfokus pada energi.

Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) sendiri merupakan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang kesehatan planetari di Kalimantan. ASRI mengintegrasikan pelayanan kesehatan dengan pelestarian hutan bernilai konservasi tinggi untuk mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera, dan alam lestari. ASRI terus mendukung upaya pemerintah melestarikan hutan, serta menginspirasi dunia dengan pelayanan kesehatan berbasis konservasi hutan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.