Sukses

Sosok Sulung Soekarno Putra, Konten Kreator dengan Jutaan Penonton

Tak ada yang menyangka jika saat ini Sulung sukses menjadi konten kreator di beberapa platform sekaligus.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan hidup seseorang memang tidak bisa ditebak. Sulung Soekarno Putra misalnya, tak ada yang menyangka jika saat ini sukses menjadi konten kreator di beberapa platform sekaligus semisal YouTube, Instagram, hingga Tiktok. Padahal, sebelum dikenal publik, Putra Barel, begitu dia dikenal para followernya, hanyalah seorang kuli material (toko bahan bangunan).

Dikisahkan pemilik akun YouTube Putra Barel, dia adalah seorang anak putus sekolah pada 2010. Untuk menyambung hidup, @putrabarel menjajal profesi sebagai kuli di toko bahan bangunan. Bahkan, pria kelahiran 01 Januari 1993 ini pernah menjalani hidup sebagai pengamen.

”Apapun lah saya jalani. Jadi kuli material pernah, ngamen pernah, sampai jaga warung internet (warnet). Semua saya lakukan untuk bisa menyambung hidup," ucapnya.

Soal semangat dan motivasi hidup, Putra Barel patut diacungi jempol. Termasuk dalam hal pendidikan, semangat Putra nyatanya tak pernah kendur. Dia bercerita, gaji dari jaga warnet ia sisihkan untuk mengambil sekolah Paket C.

"Sambil bekerja, saya ambil Paket C, sekolah hanya Sabtu dan Minggu," tuturnya. Setelah berhasil mendapatkan ijazah, kemudian Putra bekerja di A&W Restaurant. Di perusahaan ini ia bekerja hingga 5 tahun.

Di saat itu pula ia nyambi dan belajar menjadi seorang konten kreator. "Saya masih ingat, pertama kali membuat konten di Instagram itu pada akhir 2016. Saat itu saya sering dikucilkan sama teman kerja. Kalau saja waktu itu saya patah semangat, mungkin tidak akan jadi seperti sekarang," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuat Konten

Seiring waktu, Tiktoker dengan nama akun @putrabarel2 ini mulai bergabung dengan komunitas Indovidgram regional Bekasi (Bekvidgram). Dirinya pun semakin mahir dalam membuat konten dan mulai dikenal publik.

Pada 2018, Putra pun menemukan tambatan hatinya yang juga seorang selebgram bernama Dyah Fadillah (@dyyol) yang sudah lebih dulu dikenal di kalangan milenial. Dyyol sendiri merupakan konten kreator yang suka membuat video musically dan lypsinc.

"Akhirnya kami memutuskan menikah pada 2019. Alhamdulillah sekarang sudah dikaruniai 2 anak bernama Raffasya Fadhil Syahputra dan Arasha Razinul Syahputra."

Alumnus Universitas Bina Insani 2020 ini, belakangan semakin aktif membuat konten di Tiktok. Bahkan, beberapa videonya di Tiktok sempat viral dan dilihat oleh jutaan penonton. "Ya, beberapa video Tiktok saya pernah ditonton sampai jutaan. Bangga juga sih," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.