Sukses

Jelang Ikut Wajib Militer, Jin BTS Siap Rilis Karya Solonya Akhir Oktober 2022

Sebagai anggota pertama yang akan mengikuti wamil, Jin BTS sudah melakukan berbagai pesiapaan, salah satunya adalah merilis karya solo perdananya.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota grup vokal asal Korea Selatan BTS berencana untuk wajib militer atau wamil mereka mulai tahun ini dan baru akan kembali bersama pada 2025 mendatang. Anggota tertua yaitu Jin BTS, akan memulai proses pendaftaran wamil segera setelah akhir Oktober.

Melansir dari laman Allkpop, Senin, 17 Oktober 2022, BigHit Entertainment mengatakan dalam pernyataan melalui Weverse bahwa anggota lain akan mengikuti wamil berdasarkan rencana individu mereka dan bahwa waktunya tidak pasti. Selain itu, belum ada tanggal persis kapan Jin akan memulai hari pertama dinas militer.

Pihak BigHit juga menyatakan keputusan itu dibuat setelah melakukan pertimbangan bersama para anggota. "Member lainnya juga akan wajib militer secara berurutan sesuai dengan rencana mereka," tulis pernyataan BigHit seperti yang dirilis oleh Osen via Naver, Senin, 17 Oktober 2022.

Saat ini, personel BTS tengah berfokus pada proyek individu. Agensi mendorong para artisnya untuk mengeksplorasi minat mereka masing-masing.

Sebagai anggota pertama yang akan mengikuti wamil, Jin sudah melakukan berbagai pesiapaan, salah satunya adalah mempersiapkan perilisan karya solo perdana. Hal ini diumumkan saat BTS menggelar konser di Busan Asiad Main Stadium, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Jin adakah personel kedua BTS yang merilis karyanya secara solo setelah J-Hope. "Saya ingin memberi tahu kalian sesuatu. Saya menjadi anggota kedua BTS setelah J-Hope yang merilis album sendiri," ucap Jin dalam konser tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gandeng Coldplay?

Pemilik nama asli Kim Seok-jin itu akan berkolaborasi dengan musisi yang sangat diidolakan pada single yang dia buat. "Ini bukan album besar atau apa, itu hanya single," kata Jin, dilansir Variety, Senin, 17 Oktober 2022.

Kolaborasi ini akan menjadi rilis tunggal pertamanya sejak BTS mengumumkan bahwa tujuh anggotanya, RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V, dan Jungkook, lebih aktif dalam kegiatan individu pada awal Juni lalu. Beredar kabar bahwa Jin akan berkolaborasi dengan band asal Inggris, Coldplay.

Menanggapi laporan tersebut, agensi BigHit Music menjelaskan bahwa belum ada rincian lebih detail mengenai single solo Jin. "Kami akan mengumumkan detail yang lebih spesifik, termasuk kolaborasi. Harap dipahami," ungkap agensi. Beberapa waktu lalu, Jin sempat terbang ke Amerika Serikat, tanpa enam member BTS lainnya.

Ketika itu ARMY menduga kepergian itu berkaitan dengan proyek solo Jin. Diketahui bahwa sebelumnya Coldplay dan BTS berkolaborasi dengan lagu bertajuk "My Universe". Jin BTS bahkan mendapat hadiah istimewa dari Chris Martin, yakni gitar kesayangan vokalis Coldplay tersebut.

3 dari 4 halaman

Reaksi Army

Sementara itu, para Army mendukung dan memuji Jiin BTS. Hal itu terjadi karena terungkap bahwa ia telah membatalkan permintaan untuk menunda wajib militernya dan akan mengikuti protokol pemerintah setelah perilisan singlenya mendatang.

Penggemar dan publik sangat tidak sabar menunggu lagu jenis apa dan bagaimana suara emas Jin BTS akan bersatu dengan lagu yang akan dia bawakan nantinya. Masih belum diketahui siapa member siapa lagi setelah Jin BTS yang akan merlis album solo. Namun single album solo Jin BTS sangat dinantikan.

Di sisi lain, keputusan BTS untuk segera mengikuti wamil bisa dibilang mengejutkan penggemar mereka. Para ARMY banyak yang memberikan komentar mereka melalui media sosial.

Hal ini terjadi setelah keputusan wamil baru beberapa menit diumumkan dan langsung menjadi trending. Melalui media sosial Twitter, Army memberikan komentar mereka melalui tagar #WeLoveYouJin. Banyak penggemar yang merasa sedih karena harus berpisah dengan idola mereka dalam waktu yang cukup lama.

4 dari 4 halaman

Comeback 2025

Namun, tidak sedikit juga yang merasa senang dan bangga karena di tengah kesibukan dan prestasi yang diberikan oleh BTS, setiap anggota dapat melaksanakan kewajiban mereka sebagai warga negara yang baik. Penggemar akan terus mendukung dan mereka berjanji menunggu member BTS berkumpul kembali pada 2025. 

Sebelumnya BTS telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai chapter baru dengan aktvitas dan solo karier masing-masing member. Diumumkan pada tanggal ulang tahun ke-9 mereka pada 13 Juni 2022, bahwa ketujuh dari mereka akan mulai membangun karier solo mereka di samping kegiatan mereka sebagai sebuah grup.

Para anggota grup juga memberikan informasi terbaru kepada para penggemar tentang apa yang dapat mereka harapkan untuk karier mereka di 'chapter kedua' grup ini. Berita menarik ini dengan cepat diikuti oleh perilisan album solo pertama J-Hope yang berjudul 'Jack In The Box,'.

Album itu memiliki total 10 lagu, termasuk lagu 'MORE' yang memecahkan rekor, di mana idola ini menunjukkan sisi yang benar-benar baru untuk dirinya sendiri. Para penggemar atau yang biasa disebut dengan Army sangat menantikan gaya dan keunikan tiap-tiap member dalam membawakan album solo mereka nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.