Sukses

Panduan Bagi Pemula Saat Beli Perhiasan Emas atau Berlian

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita pasti memiliki keinginan tampil lebih cantik dan menawan dengan perhiasan emas maupun berlian, apalagi bila sudah berpenghasilan tinggi dan mampu membeli sendiri. Perhiasan memang menjadi beauty statement yang seringkali digunakan oleh wanita karir, ibu rumah tangga, maupun para milenial yang melajang.

Penampilan rasanya tak akan lengkap tanpa kilau perhiasan emas dan berlian. Dari cincin di jari manis, gelang di pergelangan tangan, kalung di leher, dan anting-anting di telinga. Apa pun jenis perhiasan yang kamu pilih, pastikan untuk mengetahui cara memilih perhiasan emas maupun berlian yang berkualitas.

Nah, biar nggak bingung, yuk, cek panduan membeli perhiasan emas dan berlian bagi pemula, berikut ini:

1. Nilai Karat Emas yang Bernilai

Kita semua tahu ukuran karat adalah faktor utama dalam membeli perhiasan. Singkatnya, semakin tinggi nilai karat, semakin berharga emas tersebut. 

  • 10 karat adalah 41,7% emas, dengan sisanya dicampur dengan paduan logam lainnya.
  • 14 karat adalah 58,5% emas,  dengan sisanya dicampur dengan paduan logam lainnya.
  • 18 karat adalah 75% emas, dengan sisanya dicampur dengan paduan logam lainnya.
  • 24 karat adalah emas murni, sangat lembut, dan mudah dibentuk.

2. Kenali Emas Murni vs Berlapis Emas

Panduan dalam membeli kualitas dari perhiasan emas adalah dengan mengetahui apakah itu emas murni, atau hanya logam berlapis emas. Emas murni terbuat dari lapisan tekanan emas yang terikat pada logam lain. Emas murni diisi dengan lebih banyak emas, sehingga membuatnya lebih berharga, tahan noda, tidak mengelupas, atau mengubah warna.

Sedangkan yang berlapis emas terbuat dari logam lain, tetapi dicelupkan ke dalam emas untuk menciptakan kiasan bahwa itu emas. Pilihan perhiasan ini lebih murah, tetapi kualitasnya rendah. Eksterior emas dapat terkelupas dan mudah luntur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Memilih Berlian dengan Konsep 4C (Cut Quality, Color, Clarity, Carat Weight)

1. Cut Quality

Setiap wanita mempunyai preferensi desain perhiasan yang berbeda-beda. Mulai dari cushion cut, cushion oval, blue nile, dan masih banyak lagi. Untuk desain Round Brilliants adalah bentuk berlian paling populer dan sering digunakan untuk cincin pertunangan, karena memberi kesan cemerlang.

Penting sekali bagi pemula untuk memilih bentuk desain terlebih dahulu, dengan tujuan untuk menentukan parameter target dalam kualitas potongan, warna, dan kejernihan.

2. Color

Pemilihan warna berlian adalah poin penting dalam membeli suatu perhiasan. Penting untuk diingat, bahwa bentuk yang berbeda mencerminkan warna pada kekuatan yang berbeda. Penampilan yang cantik dan menawan sangat bergantung pada bentuk dan warna perhiasan berlian yang kamu pilih.

3. Clarity

Aspek yang paling mempengaruhi keindahan berlian adalah kualitas potongannya. Secara umum, dalam merekomendasikan berlian yang sangat baik harus (dilengkapi dengan sertifikat GIA), dan potongan ideal.

4. Carat Weight

Memiliki preferensi yang beranekaragam, kisaran berat carat menjadi poin yang dipertimbangkan oleh wanita. Seperti berlian 0,95 hingga 1,08 carat, ketika berat carat meningkat, harganya pun semakin mahal. Berat carat memengaruhi seberapa besar berlian akan muncul (seperti halnya bentuk dan kualitas potongannya). 

3 dari 3 halaman

Saatnya Berbelanja!

Sekarang, setelah membaca panduan membeli perhiasan emas, apakah kamu siap untuk shopping? Yuk, langsung aja berbelanja di Frank & co. yang memiliki 3 keunggulan.

1. Keaslian dan Kemurnian Perhiasan

Keaslian dan kemurnian dari perhiasan merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Kamu bisa memilih Frank & co. yang berada di bawah naungan Central Mega Kencana (CMK), perusahaan perhiasan berkualitas yang ternama dan terpercaya yang selalu mengutamakan kejujuran untuk mencapai profesionalisme dan menjadi yang terbaik.

Frank & co. merupakan merek perhiasan profesional di Indonesia yang mempersembahkan koleksi pertamanya di tahun 1996 dengan ciri khasnya. Frank & co. memiliki gerai-gerai perhiasan dari koleksi unik berlian dengan tingkat warna F, kejernihan VVS, serta sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA). 

2. Memiliki Gerai dan Tenaga Profesional

Membeli perhiasan emas atau berlian memerlukan kehati-hatian, termasuk dalam memilih gerainya. Pastikan kamu memilih gerai terpercaya dan bersertifikat tenaga profesional. Buat kamu yang ingin membeli secara online, sebaiknya terlebih dahulu melakukan riset di gerai offline, agar tidak menimbulkan rasa khawatir. 

Frank & co. memiliki banyak gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Nggak hanya itu, ada juga lho, website online yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja. 

3. Punya Banyak Pilihan Perhiasan

Panduan membeli perhiasan terakhir adalah menentukan tipe yang diinginkan. Frank & co. selalu menawarkan rangkaian perhiasan secara eksklusif; mulai dari berlian, emas, dan barang berharga lainnya. 

NEW Frank & co.’s TinyTAN Special Collection

Frank & co. baru saja meluncurkan seri terbaru di bulan September, yaitu NEW Frank & co.’s TinyTAN Special Collection, karena melihat kesuksesan dari peluncuran seri terdahulu, yaitu Frank & co.’s TinyTAN Special Collection pada bulan Juni lalu. 

NEW Frank & co.’s TinyTAN Special Collection ini diluncurkan karena melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi tentang Korean culture, dan karena adanya kesamaan pandangan antara HYBE dan Frank & co., yaitu selalu ingin memberikan kualitas yang terbaik dan tidak terbayangkan.

Ini adalah koleksi perhiasan model terbaru dari #Franknco yang hadir dengan tujuh karakter yang terinspirasi dari BTS, yaitu RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook. NEW Frank & co.’s TinyTAN Special Collection hadir dengan desain terbaru berjumlah 21 pieces untuk 3 items yaitu: gold pendant, drawstring bracelet, dan mismatch earrings.

Seluruh items dari NEW Frank & co.’s TinyTAN Special Collection ini dibuat dari emas 18K yang bersertifikasi SNI. Detail perhiasan digrafir dengan Italian technology yang menghasilkan hasil grafir yang precise. Menggunakan mirror finish, sehingga memberikan pantulan emas yang sangat mengilap.

Melalui perhiasan emas dari NEW Frank & co.'s TinyTAN Special Collection ini, Frank & co. menambahkan varian perhiasan berkualitas yang cocok digunakan untuk berbagai kesempatan bahkan saat rutinitas harian, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menyatakan isi hati dengan koleksi ini.

Itulah 3 panduan bagi pemula saat membeli perhiasan emas, atau berlian. Yuk #NyatakanTinyTANdenganFranknco untuk memanjakan diri sendiri dengan NEW Frank & co.'s TinyTAN Special Collection yang bisa kamu dapatkan di gerai-gerai Frank & co. di seluruh Indonesia. 

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website resmi www.frankncojewellery.com dan follow akun Instagram @franknco_id, untuk mendapatkan informasi perhiasan emas, atau berlian terbaru.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS