Sukses

Pernikahan Pasangan LDR Jepang dan Jakarta yang Baru Bertemu Muka 4 Hari Sebelum Akad

Seorang wanita di TikTok membagikan kisah pencarian jodoh hingga bisa ke jenjang pernikahan dengan seorang pria melalui ta'aruf.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah mengharukan dalam pernikahan pasangan LDR Jepang dan Jakarta diunggah seorang wanita dengan akun @Kadeena viral di TikTok. Ia menceritakan tentang pertemuannya dengan pendamping hidupnya dengan cara ta’aruf.

"Satset mulus banget. Indah sekali kisahnya. Pengen taaruf juga. Well Alhamdulilah masyaAllah tabarakallah. Tapi yang orang nggak tahu… banyak air mata dan hati yang hancur berkali-kali sebelum akhirnya bertemu dengan orang yang tepat," tulis Khadeena dikutip dari TikTok, Senin (10/10/2022).

Ia menceritakan telah ikut website ta'aruf milik Ustaz Khalid Basalamah selama lima tahun. Bukan hanya mendaftar, tapi juga minta dicarikan langsung dengan Imam Masjid Nurullah Kalibata City.

Tak terhitung Khadeena meng-klik biodata ikhwan di web tersebut. Sebab lama ditunggu-tunggu jarang sekali ada ikhwan yang memintanya duluan, bahkan dari 50 kali ia mencoba semuanya ditolak karena mengaku kurang sreg.

Tak berhenti sampai di sana, ia juga pernah mengikuti ta'aruf walk in semacam acara take me out di televisi. Namun ia merasa sedih dan mentalnya sempat babak belur karena segala macam ikhtiar itu belum juga mempertemukannya dengan jodoh.

"Dari dulu impianku menikah dengan ta’aruf namun saking hopelessnya udah 4 tahun ikhtiar, aku mengikuti saran seorang teman untuk nyoba dating app. Ternyata malah lebih menguras emosi, pikiran, dan mental. Di sini web ta’arufku tetap aktif," tulisnya lagi.

Ikhtiarnya untuk bisa menikah juga dilakukan dengan minta diperkenalkan oleh teman. Ia juga bertanya ke teman yang kurang dekat untuk dicarikan hingga rasanya tak punya muka lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertolongan Allah

Sementara di tengah usahanya, sempat ia merasa sudah ada di titik tidak tahu harus berbuat apa sebab usahanya pun mentok. Suatu ketika ia hanya menangis sambil menaiki motornya dan membaca istigfar sepanjang jalan. Hanya berharap sesudah kesulitan itu akan ada kemudahan dan keajaiban.

Di penghujung tahun ke-5, Khadeena merasa makin terpuruk karena berkali-kali gagal ta'aruf. Seakan semua pintu tertutup ia pun berguman, "Ya Allah .. kenapa belum dipertemukan juga," ceritanya di TikTok.

Namun tak lama setelah momen itu, pertolongan Allah benar-benar datang. Tiba-tiba ada ikhwan yang meng-klik biodata web ta'aruf dan orang tersebut adalah pria yang kini dinikahinya. Wanita bernama asli Dina Agustina ini melaksanakan akad dengan mas kawin 50 gram perhiasan emas tunai.

"ALHAMDULILAH semua air mata dan penantian selama 5 tahun ALLAH ganti dengan hadiah terindah. Sungguh kesabaran akan berbuah manis... ALLAH tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang berusaha untuk taat," tulisnya dengan latar video saat-saat akan nikah berlangsung. 

3 dari 4 halaman

Bertemu setelah 7 Bulan Ta'aruf

Di TikTok, Dina juga menceritakan bagaimana prosesnya hingga ke jenjang pernikahan. Ia menulis "Sejak awal ta'aruf (7 bulan lalu) sampai sekarang belum pernah ketemu. Dan akhirnya hari ini do'i pulang ke Indonesia."

Di unggahan lainnya, ia juga menulis bahwa dua tahun sebelum akhirnya menikah ia sempat meminta jodoh dengan kriteria yang detail. Jumlahnya 24 poin dan 22 poin dikabulkan Allah. Paling luar biasa menurutnya bagian yang sama percis dengan permintaannya benar-benar terkabul, ciri fisik kulit putih dan tinggi badan 175 cm. 

Permintaannya agar diberikan jodoh berkulit putih, lantaran ia sempat diolok-olok hitam. Ia bersyukur ternyata malah diberi sosok laki-laki keturunan Chinese. 

Unggahan yang mendapat 38 ribu lebih tanda suka itu dikomentari warganet. Di antaranya mereka merasa terinspirasi dengan cerita dan ingin bisa mendapatkan kebahagiaan yang sama. 

"MasyaAllah tabakarallah," tulis qrnrzk. 

"Aku percaya doa, kalau minta sama Allah harus detail," tulis noname.

4 dari 4 halaman

Sempat LDM

Kini setelah menikah dengan pria idamannya melalui jalan ta'aruf, ternyata Dina sempat menjalani Long Distance Marriage (LDM). Karena memang sang suami bekerja di Jepang. Namun dalam unggahan lainnya ia menulis, "LDM is over," saat sudah menyusul sang suami ke Jepang.

"MasyaAllah Tabakarallah Jepang-Jakarta tak saling kenal, namun sejauh apapun jarak kalau sudah tertulis di lauful mahfudz ia akan sampai jua.. apapun yang menjadi takdir mu, akan mencari jalannya menemukan mu...," tulisnya lagi. 

Suaminya sendiri diketahui merupakan keturunan Batak dan China, sementara ia berdarah Aceh dan Jawa. Pengalaman Dina dalam menemukan tambatan hatinya berlangsung selama lima tahun, setelah ia berkali-kali bertemu dengan orang yang salah.

Ia juga berkali-kali ditinggal dan disakiti, serta pernah tidak mendapatkan restu lantaran dianggap ikut aliran sesat karena sering ikut kajian Ustaz Khalid Basamalah. Namun justru ia mendapati jodohnya lewat ta'aruf di web Ustaz Khalid Basamalah sesuai kriterianya. Kisah inspiratif Dina Agustina pun dapat menjadi penyemangat bahwa ikhtiar dan doa akan dijawab oleh Allah pada waktu yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.