Sukses

Met Gala 2023 Usung Tema Penghormatan untuk Karl Lagerfeld

Liputan6.com, Jakarta - Vogue mengungkapkan pada Jumat, 30 September 2022 bahwa tema Met Gala 2023 akan memberi penghormatan kepada mendiang Karl Lagerfeld. Momen ini hampir empat tahun setelah desainer asal Jerman tersebut meninggal akibat kanker pankreas pada usia 85 tahun.

Dikutip dari Page Six, Minggu, 2 Oktober 2022, pameran yang disebut "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty" itu akan mengeksplorasi karier Karl Lagerfeld. Ia berkarya dari 1954 hingga 2019 di beberapa merek mode ternama dunia, termasuk Balmain, Chloé, Fendi, Chanel dan lininya sendiri.

Selain sangat terlibat dalam acara bertema Chanel pada 2015, Karl Lagerfeld juga hadir di Met Gala selama bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan ia berteman dekat dengan Pemimpin Redaksi Vogue Anna Wintour dan salah satu nama industri yang paling dipuji.

"Karl tidak pernah lelah memberi tahu saya bahwa mode tidak termasuk dalam museum," Wendy Yu Curator in Charge dari Costume Institute, Andrew Bolton, mengatakan kepada Vogue.

Ia menambahkan, "Ketika kami bekerja di acara Chanel bersama, dia sangat murah hati dalam apa yang dia pinjamkan, tetapi dia sama sekali tidak tertarik pada pameran itu sendiri! Dia akan berkata, 'Fashion bukanlah seni, fashion ada di jalanan, di tubuh perempuan, di tubuh pria.'"

Dalam semangat ini, Bolton mengatakan bahwa dia tidak akan mengumpulkan retrospektif tradisional untuk pameran museum yang dirayakan oleh gala, tetapi lebih berfokus pada kegemaran Lagerfeld akan sketsa dan gambar. 150 tampilan yang dipilih akan disertai dengan sketsa asli mereka.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Detail

Chanel akan bertindak sebagai "sponsor utama" pameran. Sementara "dukungan utama" akan diberikan oleh Fendi dan Karl Lagerfeld sebagai merek fesyen dan Condé Nast akan "menambahkan dana tambahan," menurut Vogue.

Belum diketahui siapa yang akan menjadi host di acara mendatang. Lagerfeld dikenal sangat dekat dengan Naomi Campbell, Kim Kardashian, Kristen Stewart, Penelope Cruz, Diane Kruger, pembawa acara Met Gala 2017 Pharrell Williams, pembawa acara Met Gala 2022 Blake Lively, Cara Delevingne, yang menampilkan garis Cara Loves Karl-nya di Paris awal pekan ini, dan banyak lagi.

Acara karpet merah bertabur bintang akan berlangsung pada 1 Mei 2023. Sedangkan pameran yang menyertainya akan dipamerkan di Metropolitan Museum of Art mulai 5 Mei hingga 16 Juli 2023 mendatang.

Sementara, Karl Lagerfeld meninggal dunia di usia 85 tahun pada Selasa 19 Februari 2019 di Paris Hospital, Prancis. Pria kelahiran Hamburg, Jerman ini dikenal sebagai Direktur Kreatif rumah mode Coco Chanel.

Ia juga menyandang jabatan serupa di rumah mode Fendi dan rumah mode miliknya sendiri. Dilansir dari BBC, Selasa, 19 Februari 2019, ia dikabarkan mengalami penurunan kesehatan sejak dua minggu sebelum tutup usia.

3 dari 4 halaman

Kondisi Menurun

Karl absen dari acara Chanel's Haute Couture Paris Show pada 22 Januari 2019. Kala itu, juru bicara Chanel mengatakan Karl hanya kelelahan.

Dalam pernyataan saat Karl absen di show kedua juga sama dengan alasan senada, yakni kelelahan. Absennya Karl memang menjadi pertanyaan besar karena ia hampir tidak pernah absen menghadiri show yang menampilkan karyanya.

Karl sendiri telah memimpin rumah mode ikonik tersebut, yang didirikan oleh Coco Chanel, selama lebih dari tiga dekade, tepatnya sejak 1983. Ia memproduksi sebanyak delapan koleksi per tahun, dan selalu menjadi kesayangan para editor, penggemar, dan kolektor mode.

Selain sebagai desainer, ia juga dikenal sebagai aktor, pengisi suara film, fotografer dan karikaturis. Penampilannya pun sangat khas dan ikonik, yaitu memakai kacamata hitam, rambut putih, sarung tangan dan kerah tinggi warna putih. 

Sepeninggal Karl, banyak pertanyaan yang mencuat terkait siapa yang akan menggantikan posisi Karl di Chanel. Dikutip Harpersbazaar.com, rumah mode asal Prancis itu telah mengumumkan Virginie Viard, tangan kanan Karl didaulat menduduki posisi creative operations untuk Chanel sehingga warisan dari Gabrielle Chanel dan Karl Lagerfeld akan tetap hidup.

4 dari 4 halaman

Mengenang Karl Lagerfeld di Paris Fashion Week

Suasana berbeda membalut pelaksanaa Paris Fashion Week 2019. Chanel memberikan penghormatan untuk sang creative director, Karl Lagerfeld di gelaran fashion bergengsi tersebut pada Selasa, 5 Maret 2019 waktu setempat.

Dikutip CNN, Rabu, 6 Maret 2019, show Autumn/Winter 2019 yang menghadirkan deretan pesohor seperti Anna Wintour, Naomi Campbell, Kristen Stewart, Monica Bellucci hingga Claudia Schiffer ini dimulai dengan momen hening. Lalu suara Karl bergema di seluruh venue, merenungkan bagaimana sang legenda memperbarui keinginan Chanel dan berbagi kenangan awal ketika Karl  bergabung dengan brand ini.

Kartu bergambar yang ditinggalkan di setiap kursi dalam acara menampilkan gambar Karl dengan pendiri Chanel, Coco Chanel. Berisi pula kata-kata "The beat goes on" yang tertulis di atas kepala mereka.

Ia telah menjabat sebagai direktur artistik Chanel sejak 1983, ketika CEO Alain Wertheimer memberinya "carte blanche" untuk menciptakan kembali brand. "Berkat kejeniusan kreatifnya, kemurahan hati, dan intuisi yang luar biasa, Karl Lagerfeld menjadi yang terdepan di zamannya, secara luas berkontribusi pada kesuksesan House of Chanel di seluruh dunia," ungkap Alain dalam pernyataan usai kepergian Karl.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.