Sukses

3 Resep Serba Bermotif Batik untuk Rayakan Hari Batik Nasional 2022, dari Telur sampai Puding

Liputan6.com, Jakarta - Hari Batik Nasional 2022, yang akan jatuh besok, Minggu, 2 Oktober 2022, bisa dirayakan dari dapur rumah Anda. Ya, menyiapkan berbagai menu bermotif batik bisa jadi ide menarik.

Terlebih, resep yang bisa dipraktikan ini terbilang tidak itu-itu saja. Anda bisa membuat lauk dalam tema resep tersebut. Selain, juga membuat ragam makanan penutup favorit keluarga.

Bahan-bahan yang dibutuhkan terbilang mudah didapatkan. Tanpa berlama-lama, mari catat bahan-bahan dan langkah pembuatan sederet resep serba bermotif batik berikut, seperti dirangkum dari Cookpad, Jumat, 30 September 2022.

Telur Pindang Motif Batik

Resep kreasi pengguna @wendyqiu03 ini membutuhkan bahan-bahan:

Secukupnya telur ayam

1 mangkuk kulit bawang merah dan bawang putih

10 buah cabai rawit

5 sdm kecap manis

2 sdm bubuk teh

1 sdm garam

1 sdm saus tiram

1 sdm gula merah

4 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk

2 barang serai, geprek

Segenggam laos, geprek

1 liter air untuk merebus

 

Langkah Pembuatan:

1. Cuci bersih telur ayam, sisihkan. Cuci bersih juga kulit bawang, tiriskan. Cuci bahan tambahan lain, seperti daun salam, daun jeruk, serai, dan laos sebelum digeprek. Cuci cabai rawit, lalu ulek.

2. Campurkan semua bahan. Rebus  selama 10 menit, lalu ambil telur dan retakkan menggunakan bagian belakang sendok.

3. Rebus lagi dengan api kecil. Tutup panci dengan sedikit terbuka. Aduk setiap 15 menit, supaya merata.

4. Jika sudah satu jam, matikan api. Biarkan telur sampai satu jam atau dingin dengan panci tertutup, lalu dikupas. Kalau dibiarkan semalaman akan lebih wangi dan coraknya semakin kuat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Brownies Gulung Batik

Resep kreasi pengguna @nuraci ini membutuhkan bahan-bahan:

Bahan untuk lapisan batik:

20 gram tepung terigu protein rendah

15 gram tepung maizena

1 butir telur

2 sdm gula halus

1 sdt SP

1 sdm susu cair atau 1 sdt SKM tambah air mineral

1 sdt bubuk vanili

Pewarna makanan sesuai yang dibutuhkan

Bahan bolu gulung:

Bahan A:

2 butir telur ayam (suhu ruang)

75 gram gula pasir

1/2 sdt SP

Bahan B:

40 gram tepung terigu protein sedang

17 gram cokelat bubuk

1/4 sdt baking powder

1/4 sdt bubuk vanili

Bahan C:

60 gram margarin

32 gram cokelat DCC atau cokelat blok

 

Langkah Pembuatan:

1. Campur semua bahan membuat lapisan batik hingga adonan agak kaku dan tidak tumpah jika di balik menggunakan mixer. Lalu, masukkan ke dalam piping bag sesuai kebutuhan dan beri pewarna makanan sesuai keinginan.

2. Siapkan kertas motif batik untuk ukuran loyang 20x20. Kemudian, taruh baking paper di atasnya. Gambar motif batik di atas baking paper dengan adonan dalam piping bag. Kukus selama 10 menit. Setelah matang, sisihkan.

3. Buat bolu gulung: campurkan semua bahan A hingga kental berjejak menggunakan mixer. Lalu, campurkan dengan semua bahan B. Aduk menggunakan spatula. Kemudian, campur dengan semua bahan C yang sudah dicairkan.

4. Aduk rata adonan hingga tidak ada yang mengendap di bawah. Lalu, tuangkan adonan ke dalam loyang di atas lapisan motif batik. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah mendidih. Kukus selama 40 menit dengan api sedang cenderung kecil.

5. Setelah matang, segera balik loyang bolu dan lepaskan lapisan baking paper-nya, kemudian balikkan kembali. Oles selai di atasnya. Gulung pelan-pelan pakai bantuan baking paper. Diamkan lebih dari satu jam. Setelah itu baru dipotong-potong sesuai selera.

3 dari 3 halaman

Puding Lukis Motif Batik Banten

Resep kreasi pengguna @Chacha_Chiput ini membutuhkan bahan-bahan:

Alat:

1 edible pen ukuran S

1 brush pen ukuran S

1 kuas lukis nomer 1 atau 2 ujung runcing

1 lembar baking paper biasa, bukan yang anti lengket

Pewarna makanan hitam, biru, hijau, dan kuning

Bubuk pewarna makanan putih

Pasta bening atau pasta vanila

1 pola motif batik atau gambar

Pallete untuk pewarna

Puding lapisan bawah:

1/2 bungkus jelly plain

300 ml air

65 gram santan bubuk

75 gram gula pasir

2 tetes perasa pandan/es teler atau sesuai selera

1/4 sdt garam

Lapisan atas (kanvas):

1 bungkus jelly plain

450 ml susu cair

80 gram gula pasir

1 tetes pasta vanila

1/4 sdt garam

 

Langkah Pembuatan:

1. Siapkan pola atay gambar yang diinginkan. Lalu, jiplak menggunakan baking paper. Lukis menggunakan edible pen. Untuk garis yang lebih tipis, gunakan brush pen. Sisihkan.

2. Campur bahan lapisan bawah. Aduk hingga rata, lalu masak menggunakan api kecil. Didihkan, namun jangan sampai berbuih. Setelah itu matikan api, tunggu uap panas hilang, segera tuang ke cetakan/loyang.

3. Buat lapisan kanvas: campur semua bahan lapisan kanvas. Aduk rata, lalu masak hingga mendidih tanpa buih. Bila lapisan bawah terlanjur beli, tusuk-tusuk dengan garpu sebelum dituang lapisan kanvas.

4. Setelah lapisan kanvas dituang, dinginkan puding. Keluarkan dari loyang, lalu taruh dalam piring saji. Lap bagian atas puding untuk menghilangkan air. Tempel gambar yang sudah kita lukis tadi. Pelan-pelan angkat kertas mulai dari pinggir.

5. Warnai gambar: lukis latar puding dengan warna cerah. Untuk mempertegas gambar, bagian pinggir kita beri warna putih. Didapat dari campuran pewrna putih bubuk dengan pasta bening. Warnai sesuai selera, lalu sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.