Sukses

Wakil Indonesia Sabet Gelar Miss Aura International 2022, Pakai Gaun Berlian di Malam Final

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Indonesia Riskyana Hidayat berhasil membawa pulang gelar Miss Aura International 2022. Malam grand final kontes kecantikan ini terselenggara pada Sabtu, 24 September 2022, waktu Turkiye atau Minggu dini hari, 25 September 2022, waktu Indonesia.

Riskyana Hidayat berada di posisi puncak setelah mengalahkan lebih dari 30 kontestan di ajang Miss Aura International 2022. Miss Aura International 2021 Alexandra Faith Garcia menyerahkan mahkota kemenangan kepada Riskyana.

Saat kemenangannya, Riskyana mengenakan gaun bertajuk "Olympus Gown" karya desainer Fatir Muhammad. Dikutip dari Instagram Indonesian Stars Search, gaun ini digambarkan sebagai sebuah mahakarya yang terinspirasi oleh Volcano from Mars.

Gaun itu mengandung filosofi keinginan besar, optimisme, dan menjadikannya glamor dan mewah bagi pemakainya. Berlian emas dan swarovski emas dipasang di gaun ini sebagai detail tambahan.

"And having a beautiful ornament from bronzite stone that he produce by him self to make this gown looks fantastic. This gown also has the meaning for the glory of the soul for the queen to show it to the world, she is ready to be shine (Dan memiliki ornamen indah dari batu perunggu yang ia hasilkan sendiri untuk membuat gaun ini terlihat fantastis)," demikian bunyi keterangan dalam unggahan potret wakil Indonesia berbalut gaun pada Sabtu, 24 September 2022.

Dalam keterangan di Instagramnya, perempuan itu memulai karir modeling pada usia 19 tahun untuk membiayai pendidikannya. Pada 2019, ia disebut memulai bisnis fesyennya menggunakan material lokal. Sebagian hasil penjualannya didonasikan untuk membantu panti asuhan. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kostum Nasional

Sebelum meraih kemenangan, Riskyana dan puluhan kontestan ajang Miss Aura International 2022 melalui masa karantina dengan agenda yang padat. Mereka juga tampil di putaran semi final yang digelar pada Rabu, 21 September 2022, waktu Turkiye, atau Kamis, 22 September waktu Indonesia, salah satunya menampilkan kostum nasional dari negara masing-masing.

Saat itu, Riskyana tampil berbalut Baju Bodo, pakaian tradisional perempuan suku Makassar, Sulawesi, dan Dewi Danu National Costume. Kostum nasional wakil Indonesia ini adalah rancangan Inggi Indrayana Kendran.

"Dewi Danu mengandung arti dewi yang sangat dipuja atau disembah sebagai penguasa air atau danau yang bertujuan untuk memohon keselamatan dan kesuburan bagi kehidupan manusia," tulis Inggi dalam unggahannya pada 21 September 2022 lalu.

Ia menjelaskan bahwa Dewi Danu merupakan manifetasi Tuhan yang agung nan cantik serta berparas cantik. "Dimana semesta lah yang menjadi saksi akan kekuasaan Dewi Danu dalam penguasa air sebagai lambang dari kehidupan nan kemakmuran bagi masyarakat," tambahnya.

 
3 dari 4 halaman

Ucap Syukur

Riskyana tak dapat menutupi kebahagiaannya ketika berhasil menyabet gelar Miss Aura International 2022. Hal tersebut ia ungkapkan melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada Minggu, 25 September 2022.

"Bismillahirahmanirahim, Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada @miss_aura_international org dan Mr. @adnanseker atas momen-momen menakjubkan dan luar biasa sepanjang hidup saya ini. Terima kasih banyak telah mempercayai saya untuk mewakili Miss Aura International Org ke dunia. Terima kasih banyak untuk semua orang di balik acara ini, pelatih, mentor, sponsor, dan kalian semua disana," tulisnya.

Dia juga berterima kasih kepada National Director, seluruh tim Krown Creative Enterprise, Indonesian Stars Search, Manohara Beauty Camp atas bantuan dan dukungan mereka pada perjalanan Riskyana. "Terimakasih banyak kepada Ayah, Ibu, dan Adik-adik Ikih di kampung yang sudah merestui dan mendoakan Ikih selalu hingga detik ini. I love you more than anything," tambahnya.

Rasa terima kasih juga Riskyana sampaikan kepada banyak pihak yang selama ini telah ambil bagian dalam perjalanannya di kontes kecantikan ini. Ucap syukur ini dibagikannya dalam potret mengenakan mahkota kemenangan sembari membawa bendera kecil merah putih di tangannya.

4 dari 4 halaman

Persiapan

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, kontes kecantikan Miss Aura International didirikan pada 2006 di Antalya, Turki, sebagai Miss Kemer International. Pada 2019, penyelenggara mengubah dan menggunakan nama Miss Aura International.

Riskyana adalah ratu kecantikan yang diberangkatkan dari ajang Indonesian Stars Search dan dinaungi oleh Krown Creative Enterprise dan PT Surya Dinamika Kreasitama. Ia adalah wakil Indonesia pertama di ajang tersebut.

Sejak terpilih sebagai Miss Aura International Indonesia 2022, Krown Creative Enterprise telah mempersiapkannya untuk berkompetisi dengan training yang ketat dan berkolaborasi dengan sejumlah desainer kebanggaan Indonesia demi mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional. Di ajang Miss Aura International, Krown Creative Enterprise berkolaborasi dengan Manohara Beauty Camp Pageant Training demi memantapkan persiapan seputar dunia pageant.

Sejumlah nama desainer kebanggaan Nusantara pun turut membantu dalam menghasilkan gaun-gaun yang apik dan kental dengan Budaya Indonesia. Riskyana juga membawakan berberapa souvenir tradisional berbasis budaya karya anak bangsa dan juga memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.