Sukses

6 Fakta Menarik Filipina, Rumah bagi Sungai Bawah Tanah Terpanjang di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Filipina merupakan negara tropis di Asia Tenggara yang memiliki tujuh ribu lebih pulau. Ibu kota Filipina adalah Manila.

Luas daratan Filipina yaitu 300 ribu km persegi. Negara yang masuk dalam anggota ASEAN  ini memiliki tiga pulau utama, yakni Luzon, Mindanao, dan Visayas. Secara keseluruhan batas negara Filipina meliputi Laut China Selatan di utara dan di barat, Laut Filipina di timur, Laut Sulawesi di selatan.

Pemerintahan Filipina berlangsung dalam kerangka terorganisir dari presidensial, perwakilan, dan republik demokratis di mana presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan. Sistem ini berputar di sekitar tiga cabang yang terpisah dan berdaulat namun saling bergantung: cabang legislatif (badan pembuat hukum), cabang eksekutif (badan penegak hukum), dan cabang yudikatif (badan penafsiran hukum), mengutip dari Philembassy.no, pada Rabu, 21 September 2022.

Negara dengan tujuh ribu lebih pulau ini memiliki fakta yang mungkin jarang diketahui. Berikut 6 fakta menarik Filipina yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Sungai Bawah Tanah Terpanjang di Dunia

Jauh di bawah Pegunungan St Paul di pulau Palawan terdapat Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerta Princesa. Itu dibuat jutaan tahun yang lalu, membentang 24 km di bawah pegunungan, mengutip dari Bigseventravel.com, sungai bawah tanah terpanjang yang dapat dilayari, sejak itu menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan diakui sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam.

Melansir dari Puerto-undergroundriver.com, Puerto Princesa Underground River menjadi bagian dari Puerto Princesa Subterranean River National Park. Pada 29 Januari 2012, sungai ini resmi menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Alam Dunia versi New7Wonders.

 

2. Ada 175 Lebih Bahasa 

Setidaknya ada 175 bahasa yang digunakan di Filipina dan sekitar 171 di antaranya dianggap sebagai bahasa 'hidup'. Kamu tidak akan kesulitan untuk dipahami karena lebih dari 52 juta orang berbicara bahasa Inggris, menjadikannya negara berbahasa Inggris terbesar kelima di dunia.

Bahasa lain termasuk Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon dan Bicolano, serta empat dialek suku yang tidak diketahui memiliki pembicara aktif atau hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Punya Tiga Mal Terbesar di Dunia

Belanja adalah masalah besar di Filipina. Bahkan, di sana memiliki tiga dari sepuluh pusat perbelanjaan terbesar di dunia: SM Megamall, SM North Edsa dan SM Mall of Asia. Mal terbesar adalah SM North Edsa, dengan luas 498 ribu m2 yang mengesankan.

Dimasukkan ke dalam konteks, itu lebih besar dari Kota Vatikan. Kamu akan menemukan supermall di Quezon City, di Manila. Bahkan jika kamu tidak memperoklamirkan diri sebagai seorang shopaholic, perjalanan ke sini tetap layak untuk melihat-lihat sky garden, sungai simulasi, dan kompleks bioskop.

 

4. Jeepney Masih Menjadi Moda Transportasi Populer

Jeepney identik dengan Filipina. Setelah Perang Dunia II, pasukan Amerika meninggalkan ribuan Jeep. Orang-orang Filipina yang pandai menyusun ini bersama-sama dan mengubahnya menjadi kendaraan transportasi yang dapat menampung hingga 20 orang sekaligus. Mereka mudah dikenali, biasanya dicat dengan warna-warna cerah dengan slogan-slogan terpampang di atasnya.

Jeepney perlahan-lahan dihapus untuk mengurangi kemacetan di kota, demi alternatif yang lebih ramah lingkungan. Namun, masih banyak yang beroperasi di jalanan sehingga kamu sebaiknya harus punya waktu untuk menaiki sepotong sejarah yang ikonik.

3 dari 4 halaman

5. Destinasi Wisata

Banyak tempat menakjubkan dari negara kepulauan ini yang patut dikunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata terbaik Filipina menurut Planetware.com.

Chocolate Hills, Bohol

Keajaiban geologi di pulau Bohol yang dikenal sebagai Chocolate Hills adalah fenomena alam yang unik. Situs Warisan Dunia UNESCO ini adalah kawasan lindung yang menampilkan lebih dari 1.200 gunung kecil yang muncul di atas tanah selama beberapa abad.

Daerah itu dulunya berada di bawah laut, dan bukit-bukit unik ini meluas ke segala arah. Mereka berwarna hijau sepanjang tahun, tetapi selama musim kemarau, mereka berubah menjadi warna cokelat-cokelat, demikianlah namanya, Chocolate Hills (bukit cokelat).

Underground River Tour, Puerto Princesa (Sungai Bawah Tanah)

Mengambil tur sungai di Sungai Bawah Tanah di Puerto Princesa adalah salah satu hal yang paling menakjubkan untuk dilakukan di Filipina. Sungai bawah tanah di Pulau Palawan berada di dalam Taman Nasional Sungai Bawah Tanah, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Tur perahu membawa kamu untuk menyusuri sungai megah sepanjang lima mil yang mengalir di bawah tanah. Perjalanan ini melalui sistem gua yang rumit, dikelilingi oleh tebing kapur vertikal. Kamu dapat mengamati formasi stalagmit dan stalaktit purba karena kesejukan gua mengimbangi panas tropis di luar.

Sugba Lagoon, Siargao

Ada begitu banyak laguna ikonik di Filipina yang memiliki air biru tenang berkualitas set film di bawah tebing yang menjulang tinggi, tetapi salah satu yang paling spektakuler adalah Laguna Sugba di pulau Siargao. Laguna ini sempurna untuk berjemur di lingkungan yang alami dan damai, tetapi ada banyak kegiatan juga, jika kamu ingin hari yang lebih menantang.

Kamu dapat memesan paket perjalanan sehari ke Sugba Lagoon dari kota terdekat seperti Del Carmen atau General Luna, tetapi kamu juga dapat pergi sendiri. Kamu harus naik perahu ke laguna. Jika berani dan tidak takut ketinggian, kamu bisa mencoba lompat tebing dari area yang ditentukan di atas laguna. Kamu juga dapat menyewa papan dayung atau kayak, dan mengikuti tur laguna yang lebih damai sesuai keinginanmu.

4 dari 4 halaman

6. Makanan Terbaik

Saat mengunjungi Filipina, cobalah makanan di sana agar mencoba cita rasa lokalnya. Berikut beberapa makanan terbaik Filipina menurut Tasteatlas.com.

Lumpia

Lumpia adalah makanan ringan Filipina yang sederhana dan beraroma yang berevolusi dari lumpia Cina. Setiap lumpia terdiri dari bungkus adonan nasi atau tepung yang diisi dengan daging (paling sering daging babi atau sapi giling) dan sayuran seperti kubis, wortel, bawang bombay, dan bawang putih.

Kemudian ditutup dengan balutan telur dan digoreng. Setelah matang, bagian luarnya renyah dan bagian dalamnya empuk akan dilengkapi dengan saus asam manis yang pas. Ini dapat dimakan sebagai camilan atau sebagai lauk, dan hampir tidak mungkin untuk melihat pesta Filipina tanpa setidaknya satu variasi lumpia, seperti lumpia mentah, lumpia dengan tauge, jantung kelapa.

Sisig

Sisig adalah hidangan Filipina populer yang dibuat dengan cara merebus, memotong, dan memanggang bagian kepala babi seperti telinga, pipi, dan rahang, yang kemudian dibumbui dengan garam, merica, dan cuka. Dagingnya dipadukan dengan bawang goreng, sili, dan hati ayam, dan seluruh ramuannya secara tradisional ditaburi telur mentah.

Beberapa juru masak suka menambahkan mayones atau kerupuk babi ke dalam hidangan untuk rasa ekstra. Pada mulanya sisig tidak mengandung daging, dan pertama kali dijelaskan dalam kamus Kapampangan tahun 1732 oleh Fr. Diego Bergano sebagai salad yang terdiri dari jambu biji atau pepaya hijau.

Sorbetes

Sorbetes adalah es krim Filipina populer yang dibumbui dengan bahan-bahan seperti mangga, coklat, keju, kelapa, dan ubi ungu. Secara tradisional, itu dihasilkan dari susu carabao dan disajikan dalam sendok kecil di atas kerucut gula. Beberapa orang Filipina suka mengonsumsi es krim di antara roti, seperti hamburger.

Meskipun kedengarannya mirip dengan sorbet, yang berasal dari sorbete Spanyol, itu bukan sorbet, tetapi es krim kotor, sebagaimana penduduk setempat dengan bercanda menyebutnya karena dijual di sepanjang jalan yang tercemar. Sorbetes biasanya dapat ditemukan di banyak gerobak jalanan di seluruh Filipina.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS