Sukses

Momen Putri Charlotte Beri Tahu Pangeran George untuk Membungkuk di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, Jakarta - Dua anak tertua dari Pangeran dan Putri Wales yang baru diangkat, Pangeran George dan Putri Charlotte, turut hadir dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin, 19 September 2022. Saat kedua menunggu peti mati sang nenek buyut melewati mereka di Wellington Arch, Charlotte terlihat memberi tahu Pangeran George apa yang harus dilakukan ketika saatnya tiba.

Dikutip dari People, Selasa (20/9/2022), dalam video singkat kala itu, Putri Charlotte terlihat memberi tahu kakak laki-lakinya, "Kamu harus membungkuk." Saat Charlotte menginstruksikan hal tersebut, Pangeran George mendengarkan dengan seksama di pemakaman Ratu Elizabeth II.

Momen ini bukan pertama kalinya Putri Charlotte terlihat mengoreksi perilaku kerajaan saudara-saudaranya. Selama debut gerbong mereka di Trooping the Color pada Juni 2022, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, duduk berdampingan di gerbong pertama prosesi.

Dalam satu momen lucu, Charlotte dan Louis dengan antusias melambai ke kerumunan, sampai dia memutuskan untuk istirahat. Pangeran Louis melanjutkan gerakannya, sampai kakak perempuannya menghentikan aksi sang adik dengan mengambil tangan Louis dan meletakkannya di pangkuannya.

Tidak terpengaruh, Pangeran Louis terus melambai beberapa saat kemudian. Juga selama perayaan Jubilee Platinum mendiang raja, Pangeran George menerima instruksi lain dari Charlotte.

Saat lagu kebangsaan, "God Save the Queen," dimainkan, Pangeran George terlihat meletakkan tangannya di balkon. Charlotte kemudian dengan manis menyenggol lengan kakaknya, menyuruhnya untuk memperbaiki posturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tampilan Putri Charlotte

George dengan cepat mengoreksi dirinya sendiri dengan berdiri tegak dan meletakkan tangannya di sampingnya. Sementara, selama upacara pemakaman pada Senin, 19 September 2022, Putri Charlotte mengenakan perhiasan penting pertamanya.

Putri berusia tujuh tahun ini mengenakan bros tapal kuda berlian yang disematkan di sisi kiri mantel hitamnya untuk menghormati kecintaan mendiang nenek buyutnya terhadap kuda. Bros sentimental itu diberikan kepada sang putri muda oleh Ratu Elizabeth sendiri, demikian People mengungkapkan secara eksklusif.

Charlotte juga mengenakan topi untuk pertama kalinya di kebaktian Westminster Abbey, sebuah kebiasaan bagi wanita Inggris saat menghadiri acara formal. Mendiang Ratu dikenal karena mengenakan koleksi bros dan perhiasan kerajaannya untuk tujuan sentimental, atau sebagai isyarat diplomatik dalam perjalanan ke luar negeri ke luar negeri.

George dan Charlotte beberapa tahun lebih muda dari William ketika dia menghadiri pemakaman ibunya Putri Diana pada 1997 pada usia 15 tahun. Pangeran Louis yang berusia empat tahun kemungkinan dianggap terlalu muda untuk bergabung dengan anggota keluarga lainnya untuk pemakaman pada Senin.

Setelah pemakaman kenegaraan, keluarga kerajaan memproses peti mati Ratu Elizabeth ke Wellington Arch dan kemudian ke Windsor. Usai prosesi lain ke Kapel St. George di dalam Kastil Windsor, mereka akan berkumpul untuk pelayanan.

3 dari 4 halaman

Prosesi

Pangeran George dan Putri Charlotte berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth II dalam prosesi di pemakaman sang nenek buyut pada Senin, 19 September 2022. Mereka berjalan dan bergabung dengan keluarga kerajaan lainnya

Dikutip dari The Sun,Senin, 19 September 2022, Pangeran George dan Putri Charlotte adalah pelayat termuda di pemakaman Ratu Elizabeth II. Pencantuman kehadiran mereka yang terlambat diyakini adalah ide dari orangtua Pangeran William dan Kate yang menganggap mereka penting menghadiri acara bersejarah tersebut.

Kakak-adik ini tampak muram saat mereka berjalan bersama orangtua mereka ke Westminster Abbey. Pangeran William terlihat di Range Rover dengan pengawalan polisi menuju istana tak lama setelah pukul 10.15 pagi, waktu setempat.

George tampak duduk di samping Putri Charlotte di dalam mobil. Para bangsawan kemudian muncul untuk berganti mobil ketika Pangeran William pindah untuk bepergian bersama ayahnya, Raja Charles III.

Charlotte dan George duduk berdampingan di mobil lain, dengan Kate dan Camilla duduk di belakang. Dalam adegan emosional, Charlotte dan George akan berjalan bersama oran tua mereka dan di depan Harry dan Meghan, saat mereka mengikuti peti mati mendiang Ratu dalam prosesi.

4 dari 4 halaman

Perpisahan dengan Ratu

Pangeran George dan Putri Charlotte termasuk di antara 2.000 orang yang berkumpul di Westminster Abbey sebelum upacara di Kastil Windsor. Ini adalah kesempatan mereka untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu Elizabeth II yang mereka sebut "gan gan".

Raja memimpin Keluarga Kerajaan saat mereka berjalan dalam prosesi khidmat di belakang peti mati Ratu di pemakaman kenegaraannya yang bersejarah. Charles tampak muram saat mengikuti mendiang ibunya yang dibawa ke Westminster Abbey dengan kereta meriam.

Kerumunan pelayat yang bersedih telah berbondong-bondong ke London, Windsor dan situs kerajaan di seluruh Inggris pada hari libur nasional. Adapun 2.000 pelayat di dalamnya termasuk kepala negara, bangsawan asing dan hampir 200 pekerja kunci dan sukarelawan. Louis, anak bungsu William dan Kate, tidak hadir. Bocah empat tahun itu berjuang untuk memahami kematian Ratu, kata sang ibunda, Kate Middleton.

The Princess of Wales mengatakan bahwa putra sulungnya, George, "semacam menyadari betapa pentingnya nenek buyutnya dan apa yang sedang terjadi". Kate mengatakan Louis sedang berjuang dan telah mengajukan banyak pertanyaan menjelang pemakaman "gan-gan" hari ini. Ia mengungkapkannya saat berbicara dengan Gubernur Jenderal Australia David Hurley pada resepsi yang diadakan untuk pejabat Persemakmuran tadi malam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS