Sukses

Jelang Menikah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Dibuatkan Mural Berpakaian Pengantin Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Mural Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menghiasi kawasan Jalan Gatot Subroto, Solo, Jawa Tengah. Mural yang menggambarkan keduanya tengah mengenakan busana pengantin adat Jawa dibuat oleh seniman lokal setempat diketahui lewat unggahan Insta Story, Erina Gudono @erinagudono.

Mural Kaesang dan Erina Gudono merupakan kado pernikahan dari tiga muralis setempat yang tergabung dalam Mural Bahagia. "So Beautiful beyond worlds, thank you so much Tim Mural Bahagia," tulis Erina di unggahannya, dikutip Selasa (20/9/2022).

Puteri Indonesia DIY 2022 ini juga mengunggah ulang sebuah tangkapan layar sang kekasih, Kaesang Pangarep melalui cuitan di Twitter. "Maaf ya hobinya emang suka bikin keributan. Udah syukur ada yang bikinin malah request aneh2," tulis perempuan kelahiran 1995 itu.

Kaesang pada akun Twitter-nya @kaesangp, menuliskan "Tolong lebih diperbanyak mural wajah saya. Jadi kalo saya nyalon Walikota Solo ngelawan mas @gibran_tweet gak perlu pasang spanduk.

Sebelumnya, kedekatan putra Presiden Jokowi dengan Erina Gudono terlihat dari unggahan Kahiyang dengan satu kalimat pendek yang menyiratkan Erina bakal jadi adik iparnya. Bahkan dalam fotonya, Erina Gudono yang tampak berdiri di sisi Kaesang Pangarep terlihat mengenakan cincin yang disematkan di jari tengah.

"One step closer @kaesangp @erinagudono," tulis Kahiyang Ayu melalui akun Instagram yang diunggah pada Sabtu 20 Agustus 2022.

Baru-baru ini, Kaesang juga dikabarkan sedang mempersiapkan pernikahannya dengan Erina Gudono. Kabarnya, pernikahan mereka akan dilangsungkan pada Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sosok Erina Gudono

Terlepas dari kabar Kaesang yang akan segera menikahi Erina, sosok calon istri Kaesang juga menarik publik. Erina Gudono diketahui memiliki jenjang pendidikan yang mumpuni. Ia menyelesaikan sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Manajemen Keuangan.

Setelah itu, Erina melanjutkan pendidikan S2 di Columbia University mengambil jurusan Administrasi Publik. Calon menantu Presiden Jokowi ini juga berprestasi semasa kuliah. Erina merupakan finalis Dimas Diajeng Sleman DIY 2018. Tak hanya itu, berbagai lomba esai sering ia ikuti dan berhasil meraih juara.

Perempuan kelahiran Amerika Serikat, 11 Desember 1996 itu merupakan anak ketiga dari empat bersaudara yang tumbuh di Yogyakarta. Semasa kuliah, Erina cukup rajin mengikuti berbagai lomba.

Pengembangan skill saat ikuti lomba menjadi fokus Erina. Perempuan berusia 25 tahun sangat tertarik ikuti lomba Business Plan. Kini, Erina bekerja sebagai Finance Analyst di international investment bank.

3 dari 4 halaman

Persiapan Pernikahan

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com Senin, 12 September 2022, melalui twit Kaesang Pangarep mengomentari artikel tentang rencana pernikahan. Anak bungsu Presiden Joko Widodo ini tak menampik pemberitaan, ia hanya protes lantaran berita bahagia ini disampaikan bukan langsung dari mulutnya.

Artikel tersebut menulis, "Kabar ini disampaikan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, saat menggantikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang tidak bisa menghadiri pembukaan grand final e-sport karena sibuk mengurus pernikahan adiknya,". 

"Padahal pengen ngumumin sendiri, malah orang lain yang ngumumin. Di acara e-sport lagi ngumuminnya," tulis pria 27 tahun itu. Kemudian dia meminta doa dari masyarakat agar rencana pernikahannya dengan Erina Gundono diberi kemudahan dan kelancaran. "Yowes lah, yang penting doanya," sambung Kaesang di Twitter. 

Sebelumnya diberitakan, rencana pernikahan Kaesang dan Erina dibongkar Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa saat menggantikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di pembukaan grand final e-sport di GOR Sitex Arena, Sabtu, 10 September 2022. Ketidakhadiran Gibran disebut karena sedang ikut mempersiapkan acara keluarga di Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Gibran

Saat ditanya mengenai persiapan pernikahan adiknya, Kaesang, Gibran Rakabuming mengatakan panitia pernikahan telah dibentuk. "Pasti ada panitianya tapi nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah dibentuk kan tinggal sedelo (sebentar)," kata Gibran dikutip dari Showbiz Liputan6.com, Selasa, 13 September 2022.

Namun, ia menolak memberitahu lebih jauh, sebab menurutnya, semua urusan pernikahan menjadi tanggung jawab Kaesang. Gibran mengaku tidak terlibat dalam urusan pernikahan adiknya dengan Putri Indonesia DIY.

"Sing ngurus ben sing kawin ae. Mosok aku melu ngurus ya," sambung Wali Kota Solo itu.

Gibran pun meminta awak media untuk bersabar sembari menunggu penjelasan langsung dari Kaesang soal pernikahannya dengan Erina Gudono. Sebagai kakak, Gibran tidak mau mendahului adiknya untuk memberikan keterangan lebih jauh soal pernikahan tersebut.

"Acara itu nanti biar yang memberi statement biar Kaesang saja ya biar jelas. Kalau saya nanti yang membocorkan ndak salah. Tunggu Kaesang saja ya," ucapnya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS