Sukses

Pengunjung Disney World Keluhkan Wahana Rusak dan Fasilitas Kotor

Keluhan pengunjung Disney World tersebut datang di tengah harga tiket masuk yang naik drastis.

Liputan6.com, Jakarta - Para pengunjung Disney World mengeluhkan wahana rusak dan fasilitas yang kotor. Hal tak menyenangkan ini dikabarkan terjadi di tengah resor dan taman hiburan yang terletak di Orlando, Florida tersebut terus menaikkan harga tiket masuk di bawah kepemimpinan CEO, Bob Chapek.

Dikutip dari New York Post, Kamis, 15 September 2022, pengunjung semakin banyak menggunakan media sosial untuk mengecam Disney World dan mengeluh bahwa Chapek hanya peduli dengan pemotongan biaya dan menaikkan harga, alih-alih berinvestasi kembali di resor. "Beberapa wahana benar-benar berantakan," tulis seorang pengguna Reddit di ruang obrolan.

Bulan lalu, pengunjung terlantar selama lebih dari satu jam dalam perjalanan "It's a Small World" Magic Kingdom. Salah seorang pengunjung menyebut di media sosial hal tersebut adalah "pengalaman yang menyiksa."

Pada Juli 2022, rekaman video dari Disney World mengungkap bahwa para tamu turun dari mobil di Splash Mountain karena "mulai tenggelam." Itu adalah insiden tenggelamnya ketiga yang terjadi di taman hiburan tersebut dalam dua tahun.

"Pengunjung juga turun drastis. Kondisinya kurang baik sejak dibuka kembali dan saya tidak berharap itu berubah dalam waktu dekat," lanjut seorang warganet, sementara yang lain berkomentar, "Mereka tahu orang-orang akan terus berdatangan."

Para pengunjung menyebut atraksi tertentu, termasuk "Under the Sea: Journey of the Little Mermaid at Magic Kingdom" sebagai tanda kondisi tertentu, menurut blog Disney Inside the Magic, yang sebelumnya melaporkan keluhan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluhan

Seorang warganet mengeluh, "Hampir di setiap tempat ada yang rusak. Mata belut moray, misalnya. Satu mata berfungsi, yang lain rusak."

Pengguna lain mengatakan mereka "terkejut dengan lebih banyaknya wahana yang rusak" daripada saat mereka terakhir mengunjungi Epcot Disney World. Seorang pengguna mengeluhkan perawatan yang buruk dan "cast members" yang tidak memiliki karakter di hotel Star Wars: Galactic Starcruiser baru Disney World yang sangat mahal.

Adapun harganya sekitar 6.000 dolar AS atau setara Rp89 juta untuk dua malam, termasuk penginapan, makan, dan hiburan. "Tahun lalu ketika saya di sini, saya terpesona dengan CM (cast members), terutama di Galaxy's Edge, yang mempertahankan ilusi. Tahun ini, banyak CM yang tidak memiliki karakter baru sama sekali," kata pengguna tersebut

Ia menambahkan, "Semua resor memiliki beberapa masalah kecil seperti pintu utama tidak menutup ketika kami pergi, hingga AC tidak berfungsi dengan baik."

 
3 dari 4 halaman

Fasilitas Kotor

Penampilan Disney World yang tidak terawat juga jadi topik hangat. Warganet mengungkap rumput tidak dipotong, sampah berserakan di halaman dan bangunan memiliki "cat terkelupas."

"Tidak ada keraguan bahwa taman, restoran, dan hotel yang kami nikmati sangat membutuhkan perbaikan. Jelas kurangnya perawatan umum," tulis seorang pengunjung. "Itu benar-benar mengejutkan. Dengan harga yang mereka tetapkan, tidak ada alasan untuk itu, termasuk COVID."

Pengunjung lain menyebut taman itu "kotor" dan ada "berton-ton sampah di mana-mana." "Saya melihat seseorang merokok di tengah-tengah Liberty Square. Menyantap makan malam dengan sangat cepat di Pecos Bill dan itu kotor," tambah tamu itu.

Warganet lain memusatkan perhatian pada masa inap hotel mereka. "Kurangnya pembersihan kamar paling mengganggu saya. Saya tinggal di Pop Century selama 12 malam dan 'pembersihan ringan' setiap hari tidak cukup baik," katanya.

Banyak pengunjung yang menyalahkan bos Disney, Chapek, yang mengambil alih kepemimpinan pada 2020, tepat sebelum pandemi melanda. Selama puncak pandemi, Disney terpaksa menutup taman hiburannya.

4 dari 4 halaman

Menyalahkan CEO

Akhirnya, taman hiburan tersebut dibuka kembali, dan untuk menebus kerugian, Chapek mulai menaikkan harga tiket masuk, makanan, dan merchandise. Disney juga mengurangi ukuran porsi makanan populer, yang membuat pengunjung kecewa,

"Dua kata: Bob Chapek," tulis seorang warganet yang marah, menyalahkan eksekutif atas perubahan di taman.

"Inilah yang dimaksud dengan Disney baru. Memotong biaya dan menghasilkan lebih banyak untuk dewan direksi. Saya membayangkan, kecuali mereka menempatkan seseorang yang bertanggung jawab yang benar-benar peduli dengan Disney dan bukan intinya, itu akan tetap seperti ini," lanjut lainnya.

"Meskipun menyenangkan menyalahkan Chapek untuk semuanya (saya sering melakukan ini) saya pikir kita juga lupa bahwa masalah ini selalu ada, tetapi karena meningkatnya biaya yang sekarang kita bayar untuk liburan ini, kita mungkin lebih menyadarinya," tulis seorang warganet. "Sementara saya pikir keajaibannya masih ada, saya setuju itu perasaan yang berbeda dari perjalanan terakhir saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.