Sukses

6 Fakta Menarik Sungchan NCT yang Berulang Tahun ke-21, Masih Gemar Naik Transportasi Umum

Liputan6.com, Jakarta - Salah seorang personel grup NCT, Jung Sungchan berulang tahun hari ini, Selasa (13/9/2022). Ya, Sungchan NCT lahir pada 13 September, 21 tahun lalu, di Seoul, Korea Selatan. Sungchan sendiri merupakan personel yang bergabung ke NCT pada 2020 bersama Shotaro.

Dua tahun setelah debut, Sungchan belum memiliki unit tetap. Meski begitu, ia juga masih aktif jadi MC dan membintangi iklan. Melansir allkpop, Selasa (13/9/2022), Sungchan resmi diperkenalkan sebagai anggota grup NCT pada 23 September 2020.

Saat itu, dirinya tampil bersama Shotaro NCT lewat siaran V LIVE. Pada 12 Oktober 2020, Sungchan resmi memulai debutnya bersama NCT lewat full album bertajuk NCT 2020: Resonance Pt.1.

Sebulan kemudian, Sungchan yang merupakan rapper kembali berpartisipasi dalam proyek unit NCT 2020 dengan full album kedua yang bertajuk NCT Resonance Pt.2. Ia turut mengisi lagu All About You dan 90's Love.

Pada 27 Desember 2020, Sunghcan bersama NCT tampil dalam konser online "Beyond LIVE-NCT: RESONANCE 'Global Wave'" melalui Naver V LIVE.  Di tahun ini, Sungchan bersama NCT kabarnya sedang menyusun rencana untuk comeback.

NCT memang punya konsep yang unik. Grup yang melakukan debut resmi pada 2016 lalu ini punya persaonel mencapai 23 orang, serta posisi leader yang tidak tetap.  Grup ini juga memiliki beberapa unit tetap dan unit sementara. 

Sebut saja di antaranya adalah NCT 127 dan WayV. Menariknya, semua member NCT bisa bergabung dengan salah satu unit, tergantung konsepnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Termuda dan Tertinggi

Meski namanya kini makin dikenal sejak bergabung dengan NCT, Sungahan dikabarkan tetap rendah hati dan jarang beredar kabar miring tentang dirinya.  Buat yang ingin lebih mengenal profil pria yang baru saja genap berusia 21 tahun ini, berikut sejumlah fakta menarik tentang Sungchan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Jadi Trainee Bersama Jungwoo

Sebelum jadi anggota resmi NCT, Sungchan ternyata sudah kenal dekat dengan Jungwoo NCT. Keduanya diketahui menjalani masa trainee bersama. Namun, Jungwoo debut terlebih dahulu dalam NCT U-Boss pada 2018. Sementara, Sungchan debut bersama NCT pada 2020.

2. Dijuluki Bayi Raksasa

Tak hanya berparas tampan, Sungchan juga memiliki postur tubuh tinggi, yakni 185 cm. Ia pun termasuk dalam deretan member NCT yang bertubuh tinggi bersama Lucas, Jungwoo, Johnny, Jaehyun, dan Jisung.

Uniknya, ia dijuluki baby giant (bayi raksasa) oleh teman-temannya di NCT.  Alasannya, Sungchan merupakan anggota termuda di NCT, tapi juga member paling tinggi.

3 dari 4 halaman

3. Beragam Hobi

Rapper NCT ini rupanya memiliki beragam hobi. Sungchan pernah membeberkan bahwa dirinya gemar berolahraga, bermain gim, dan menonton video anjing yang lucu. Ia juga mengungkap bahwa sepak bola dan menulis lagu rap adalah keahliannya. 

4. Naik Transportasi Umum

Sungchan termasuk idol yang masih suka naik transportasi umum, terutama kereta. Seorang penggemar pernah bertemu dengan Sungchan di dalam kereta bawah tanah.

Ia mengaku pada awalnya tidak mengenali sosok di depannya, karena Sungchan memakai masker hitam dan headset untuk mendengarkan musik. Namun setelah memperhatikan dengan lebih jelas, ia baru menyadari bahwa penumpang kereta itu adalah Sungchan.

Ia mengatakan Sungchan sangat tampan, memiliki wajah yang sangat kecil dan bermata besar. Ia mengungkapkan beberapa kali berkontak mata dengan personel NCT itu. Ia juga menyebutkan bahwa Sungchan mungkin bersama dengan temannya kala itu.

Pertemuan penggemar dengan Sungchan secara tidak sengaja ini terjadi saat Liburan Chuseok, beberapa tahun lalu. Para idol diketahui memang biasanya menghentikan jadwal mereka untuk berkumpul dengan keluarga, serta teman di tanggal-tanggal tersebut.

4 dari 4 halaman

5. Sifat Ceroboh

Di balik visual yang memukau, Sunghcan ternyata memiliki sifat ceroboh. Dalam sebuah wawancara, ia mengaku sering menjatuhkan makanan dan menghilangkan barang tanpa sengaja atau tanpa disadarinya.

Ia mengaku terkadang kehilangan fokus saat melakukan sesuatu sehingga tak sengaja menjatuhkan sesuatu. Namun, ia juga mengaku akan sangat fokus jika sedang melakukan pekerjaan, termasuk saat tampil di panggung atau sebuah acara.

6. Jadi Host Inkigayo

Pada 2021, Sungchan resmi ditunjuk sebagai host program musik Inkigayo. Hal itu diumumkan stasiun TV SBS pada 18 Februari 2021. Di program itu Sungchan bekerja sama dengan dua idol lainnya: An Yu Jin dari IZ*ONE dan Park Jihoon TREASURE.

Inkigayo selama ini memang kerap memasang beberapa host untuk memandu acara. Beberapa idol yang pernah merasakan jadi host di acara ini antara lain Jackson Wang, Mingyu, dan Shin Eunsoo. 

Sungchan, An Yu Jin, dan Park Jihoon memulai tugas mereka pada awal Maret 2021. Setelah setahun bertugas, posisi mereka sebagai host kini digantikan oleh Roh Jeong Eui, Yeonjun TXT, dan Seo Bum June sejak April lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.