Sukses

Topan Hinnamnor Hantam Korea Selatan, Penerbangan Dibatalkan dan Sekolah Ditutup

Korea Selatan dilanda Topan Hinnamnor yang mengobrak-abrik hampir seluruh negeri.

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan dilanda topan Hinnamnor. The Korean Times pada Senin 5 September 2022 melaporkan, topan terbentuk di perairan laut jauh di tenggara Korea pada 28 Agustus 2022 dan sehari kemudian mendekat dari arah selatan, mulai jam 8 malam 140 kilometer selatan Pulau Jeju, menurut Administrasi Meteorologi Korea (KMA).

Sebagian besar negara mengalami dampak topan Hinnamnor, termasuk hujan lebat dan angin kencang. Pada Senin malam, 5 September 2022 waktu setempat, curah hujan di Jeju diperkirakan sebanyak 40 milimeter per jam, 5 milimeter hingga 20 milimeter terlihat di seluruh negeri.

Puncak Samgakbong di Pulau Jeju mencatat akumulasi curah hujan lebih dari 352 milimeter selama tiga hari berturut-turut dari Minggu hingga Senin pagi. Bahkan, gunung-gunung di Jeju mengalami hujan paling banyak di negara itu, mencapai lebih dari 600 milimeter, sedangkan bagian lain negara itu mengalami antara 100 milimeter dan 300 milimeter, menurut KMA.

KMA lebih lanjut memperingatkan bahwa "hujan yang sangat kuat, angin dan badai" diperkirakan hingga Selasa yang menyebabkan "gelombang sangat tinggi" di wilayah pesisir Provinsi Jeolla Selatan, Provinsi Gyeongsang Selatan dan Pulau Jeju.

Peringatan cuaca ekstrem telah dikeluarkan di sebagian besar wilayah negara itu. Peringatan menyebar ke wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan Senin pagi ketika kekhawatiran lebih diarahkan ke wilayah selatan negara itu termasuk Provinsi Jeolla Selatan dan Provinsi Gyeongsang Selatan.

Menjelang sore hari Senin, penduduk Pulau Jeju mulai melihat kekhawatiran menjadi kenyataan. Pepohonan yang melapisi jalan tumbang, dan banjir terlihat di jalan dan terowongan drainase. Semua penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jeju yang dijadwalkan pukul 2 siang setelah itu dibatalkan. Sembilan rute pelayaran laut yang menghubungkan pulau itu ke tujuan lepas pantai lainnya melalui 12 kapal juga dilarang untuk sementara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berdampak di Busan

Busan, juga salah satu daerah berisiko tinggi, menutup sementara pelabuhan utamanya. Sekitar 130 warga di daerah rawan longsor dan banjir dievakuasi dari rumah mereka hingga Senin malam. Pemerintah kota sebelumnya pada hari Senin menyarankan sekitar 1.000 penduduk dari 690 rumah tangga untuk mengungsi dari rumah mereka.

Topan Hinnamnor tiba-tiba berbelok ke utara awal bulan ini saat bergerak ke barat menuju Taiwan. KMA mengatakan topan, seperti yang diperkirakan otoritas sebelumnya, berbelok sedikit ke kanan pada Senin sore menuju Laut Timur antara Korea dan Jepang.

Topan diperkirakan bergerak melewati pantai timur Pulau Jeju pada hari Selasa sekitar pukul 1 pagi, dan akan mencapai Busan pada Selasa pagi. Kondisi ini menghadirkan risiko kerusakan serius yang tak terhindarkan di wilayah tersebut. 

Yang membuat Hinnamnor sangat berbahaya adalah bahwa topan ini diperkirakan akan mempertahankan angin kencang selama perjalanannya. Wilayah selatan dan tenggara negara itu akan mengalami kecepatan angin setidaknya 33 meter per detik dan setinggi 60 meter, sementara Seoul dan Provinsi Gyeonggi di barat laut juga akan berada di bawah pengaruhnya.

3 dari 4 halaman

Masa Darurat

Pasang naik di perairan sekitar Jeju dan pantai tenggara juga bertepatan dengan waktu topan mencapai negara itu, meningkatkan risiko gelombang badai di Seogwipo di Pulau Jeju dan kota-kota pesisir Mokpo, Yeosu, Changwon, Geoje dan Busan. Intensitas topan di negara itu akan mulai berkurang pada hari Rabu ketika bergerak lebih dekat ke Sapporo di Jepang dan lebih jauh ke arah Rusia.

Presiden Yoon Suk-yeol pada hari Senin mulai memantau Hinnamnor di Kantor Kepresidenan Yongsan setelah mengadakan pertemuan darurat dengan Kabinetnya. Semua karyawan di kantor diperintahkan untuk menjaga pos mereka sepanjang waktu sampai Selasa, Kim Eun-hye, kata juru bicara Presiden Yoon. Semua kotamadya setempat di negara itu waspada atas topan.

Kota Metropolitan Busan meluncurkan menara kontrol keamanan bencana pada hari Sabtu dan telah meruntuhkan rencana aksi melawan Hinnamnor selama lima pertemuan pada Senin pagi. Sekitar 7.600 pegawai negeri di bawah pemerintah kota diperintahkan untuk tetap waspada, sementara lebih dari 780 petugas lapangan menyurvei tempat-tempat berisiko di seluruh kota termasuk lokasi konstruksi, infrastruktur drainase bawah tanah, dan struktur periklanan luar ruang.

Wali Kota Busan Park Heong-joon, mengarahkan persiapan kota melawan Hinnamnor, bahkan membatalkan perjalanannya ke Paris yang dijadwalkan minggu ini, ia berencana untuk menyerahkan kepada Bureau International des Expositions laporan sementara tentang bagaimana memenangkan penunjukkan kota untuk menjadi tuan rumah Busan Expo 2030.

4 dari 4 halaman

Sekolah Ditutup

Provinsi Pemerintahan Khusus Jeju yang juga bersiap menghadapi topan yang mendekat, yang disebut Hinnamnor akan menyaingi topan terkenal sebelumnya yang melanda negara itu termasuk Maemi (2003), Nari (2007) dan Chaba (2016). Pada pukul 01.00 hari Selasa, ketika topan diperkirakan paling dekat dengan pulau sekitar 30 kilometer sebelah timur Seogwipo akan menghasilkan kecepatan angin maksimum 45 m/s, menurut pemerintah provinsi pada hari Senin.

"Begitu Hinnamnor meninggalkan pulau, kami akan mulai mensurvei pulau untuk memeriksa kerusakan dan korban dan tidak ada biaya untuk memulihkan mereka," kata Gubernur Jeju Oh Young-hun dalam pertemuan darurat pada hari Senin. Gubernur juga mendesak pemilik toko untuk menutup bisnis mereka selama masa darurat.

Gong Young-min, kepala daerah pesisir Goheung di Provinsi Jeolla Selatan, memeriksa tanggul air pasang di wilayah itu, pintu air tanggul, fasilitas pompa air dan pelabuhan laut pada hari Minggu untuk memastikan infrastruktur kota beroperasi dan kapal-kapal diamankan. Kementerian Pendidikan pada hari Senin memutuskan untuk menutup sementara sekolah atau memindahkan pelajaran online pada hari Selasa untuk siswa di Jeju, Busan, Provinsi Gyeongsang Selatan, Ulsan dan Provinsi Jeolla Selatan.

Kantor Pendidikan Metropolitan Seoul pada hari Senin juga memutuskan untuk menutup sementara semua taman kanak-kanak dan sekolah dasar di kota itu pada Selasa. Pihak berwenang juga memberi tahu kepala sekolah menengah dan sekolah menengah kota untuk memutuskan berdasarkan penilaian mereka sendiri apakah akan menutup sementara sekolah mereka atau mengubah pelajaran secara online pada hari Selasa.

Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan, 20 bendungan nasional telah diperiksa untuk melihat apakah dapat menahan sekitar 6 miliar ton air banjir tanpa membuangnya ke hilir. Kementerian juga menutup sementara lebih dari 500 rute trekking hutan di 20 taman nasional serta tempat berkemah di daerah-daerah di bawah pengaruh Hinnamnor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.