Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Rusia, Punya Jalur Kereta Api Terpanjang di Dunia

Top 3 Berita Hari Ini mengenai 6 fakta menarik Rusia hingga Sungai Yangtze di China Surut.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini mengenai 6 fakta menarik Rusia yang punya jalur kereta api terpanjang di dunia. Ternyata jalur kereta api terpanjang di dunia ada di Rusia. Kereta Api Trans-Siberia itu membentang dari Moskow ke Vladivostock, memiliki panjang 5.772 mil. Jika ingin meluangkan waktu dan berkeliling Rusia dengan kereta api, Trans-Siberian Railway memudahkan kita melakukannya. 

Berita kedua yang banyak dibaca adalah mengenai surutnya sungai Yangtze telah mengungkap sebuah pulau purba di kota Chongqing, barat daya China. Tiga patung Buddha di atasnya yang diyakini berusia 600 tahun pun muncul. 

Permukaan air Sungai Yangtze surut dengan cepat dikarenakan kekeringan dan gelombang panas di wilayah barat daya China. Adapun curah hujan di lembah Yangtze sekitar 45 persen lebih rendah dari biasanya sejak Juli lalu dan suhu tinggi kemungkinan akan bertahan lama.

Selanjutnya berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah tentang Foel La Ode, peserta MasterChef Indonesia Season 8 ini gemar membagikan aktivitas memasaknya di alam. Pria berusia 26 tahun itu membagikan video membuat makanan dari berbagai daerah di alam terbuka.

La Ode mengungkapkan, kebanyakan video yang ditontonnya itu berasal dari luar negeri dan belum ada dari Indonesia. Hal itulah yang membuat dirinya ingin memulai lebih dulu, memasak di alam dengan tema masakan Indonesia. Simak bahasan ketiga berita tersebut dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Rusia, Punya Jalur Kereta Api Terpanjang di Dunia

Rusia merupakan negara pecahan terbesar Uni Soviet sekaligus menjadi negara terluas di dunia. Arealnya meliputi 17.125.191 km² itu terbentang dari Eropa Timur hingga Asia Utara atau dikenal pula sebagai negara Eurasia.

Negara federasi tersebut berbatasan dengan banyak negara. Sebut saja Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania, Polandia, Georgia, Belarusia, Ukraina, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok, Mongolia, dan Korea Utara. Negara ini juga berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan Alaska, Amerika Serikat, di Selat Bering.

Rusia juga menjadi satu dari lima negara pemegang hak veto PBB. Tidak heran jika PBB kesulitan menjatuhkan sanksi ke negara yang kini sedang berperang dengan Ukraina itu. Secara teori, mereka menerapkan demokrasi perwakilan multi-partai, dengan Presiden adalah kepala negara, dan Perdana Menteri adalah kepala pemerintahan.

Presiden juga adalah Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Federasi Rusia. Bukan hanya itu, Rusia juga punya kereta Api Trans-Siberia membentang dari Moskow ke Vladivostock, memiliki panjang 5.772 mil. 

3 dari 4 halaman

Sungai Yangtze di China Surut, Patung-Patung Buddha Berusia 6 Abad Muncul ke Permukaan

Permukaan air Sungai Yangtze surut dengan cepat lantaran kekeringan dan gelombang panas di wilayah barat daya China. Curah hujan di lembah Yangtze sekitar 45 persen lebih rendah dari biasanya sejak Juli lalu dan suhu tinggi kemungkinan akan bertahan lama.

"Sebanyak 66 sungai di 34 kabupaten di Chongqing telah mengering, kata seorang penyiar berita stasiun Tv setempat, dikutip dari AsiaOne, Kamis, 31 Agustus 2022. Kekeringan selama berminggu-minggu di seluruh Eropa juga mengungkapkan harta karun yang telah lama terendam.

Sebelumnya China telah mengeluarkan peringatan kekeringan nasional pertamanya tahun ini ketika pihak berwenang tengah memerangi kebakaran hutan dan melindungi tanaman dari suhu panas di seluruh lembah sungai Yangtze. Peringatan nasional yang dikeluarkan sejak pertengahan Agustus 2022, setelah wilayah dari Sichuan di barat daya hingga Shanghai di delta Yangtze mengalami panas ekstrem selama berminggu-minggu.

4 dari 4 halaman

Misi Penting Foel La Ode Lewat Ragam Konten Memasak di Alam Terbuka

Foel La Ode, peserta MasterChef Indonesia Season 8 ini gemar membagikan aktivitasnya memasak di alam. Melalui akun Instagramnya, pria 26 tahun itu membagikan video membuat makanan dari berbagai daerah di alam terbuka.

"Mulainya dari sebelum ikut kompetisi MasterChef, tepatnya pas masa-masa lockdown. Saya sering nonton YouTube, dan mulai kepikiran kenapa saya hanya jadi penonton saja? Akhirnya saya memutuskan untuk jadi pemain juga, bukan sekadar menonton," kata La Ode mengungkap awal memulai konten memasak di alam melalui pesan tertulis kepada Liputan6.com, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Sebelum pergi ke tempat tujuan, La Ode telah mempersiapkan konsep video yang akan dia ambil. Kemudian, dia membawa peralatan dari bahan kayu dan memastikan baterai alat perekamnya penuh dan memasukkan semua barang itu ke dalam satu tas. 

La Ode mengungkapkan, semua peralatan memasak yang dibawanya penting. Menurutnya, memasak di alam sama halnya saat memasak di dapur biasa. "Mulai dari pisau, talenan, piring, dan gelas karena walaupun masak di alam, saya tidak menghilangkan unsur-unsur kerapian dan teratur dalam memasak," ujar La Ode.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.