Sukses

Nggak Harus Bongkar! Ini 4 Cara Bersihkan Kipas Angin dengan Efisien Tapi Efektif

Ketika cuaca siang hari sangat panas, buat kamu yang belum memiliki AC, cara jitu untuk memberikan kesejukan di dalam ruangan adalah dengan kipas angin.

Liputan6.com, Jakarta Ketika cuaca siang hari sangat panas, buat kamu yang belum memiliki AC, cara jitu untuk memberikan kesejukan di dalam ruangan adalah dengan kipas angin. Tapi, kipas angin merupakan perangkat elektronik yang mudah kotor dikarenakan debu yang terkumpul.

Rutin adalah kata kunci untuk membesihkan kipas angin. Itu dilakukan agar kebersihan dan kesejukan angin yang dihembuskannya dapat terjaga dengan baik. Karena kalau tidak rutin, ya, bukannya terasa sejuk, malah terasa panas.

Buat kamu yang malas membersihkan kipas angin karena harus membongkat perangkat elektronik tersebut, ternyata ada lho cara yang efisiennya! Mau tahu seperti apa? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pakai Hair Dryer

Alat pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kipas angin tanpa harus membongkarnya adalah hair dryer. Ya, alat ini bisa mendorong debu pada kipas angin agar keluar dari sela-selanya lho! Kamu tinggal gunakan hair dryer dengan jarak 25 cm dengan baling-baling kipas dan gunakan udara yang paling dingin dari hair dryer ya.

2. Pakai Blower

Alat kedua yang bisa kamu gunakan saat membersihkan kipas angin dengan mudah adalah blower. Kamu tinggal bawa kipas angin ke luar ruangan dan pakai blower untuk menghilangkan debu yang ada di kipas angin.

Cara ini akan efektif ketika debu yang terdapat pada kipas angin belum terlalu tebal. Jika debu pada kipas angin sudah terlalu tebal, ya, metode ini bisa dibilang kurang efektif ya.

3 dari 3 halaman

3. Pakai Air Duster

Alat yang efektif untuk membersihkan kipas angin tanpa membongkarnya adalah air duster. Ya, cara ini terbilang sangat efektif ya dibanding metode yang lainnya, karena dengan air duster, udara yang dihasilkan lebih kencang, otomatis debu pada kipas makin mudah menghilang.

4. Vacuum Cleaner

Terakhir, kamu bisa pakai vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas angin ya! Sama seperti cara-cara sebelumnya, bawa kipas angin ke tempat terbuka terlebih dahulu. 

kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu pada kipas. Eits, tapi jangan lupa untuk menyedot debu di sudut-sudut kipas.

Nah, itu dia 4 alat yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kipas angin tanpa harus membongkarnya ya! Jika kamu belum memiliki 4 alat tersebut, kamu bisa mencari dan membelinya di marketplace Selalu Ada Selalu Bisa yang warna hijau itu lho! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.