Sukses

Sosok 5 Cucu Jokowi, Terkecil Baru Dilahirkan Kahiyang Ayu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah berbahagia. Hari ini, anak ketiga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution lahir.

"Suasana bahagia menyelimuti keluarga Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana yang menyambut kelahiran cucu kelima pada hari Kamis, 25 Agustus 2022, di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan," tulis akun Instagram Sekretariat Kabinet, Kamis (25/8/2022).

Kehadiran si kecil menambah jumlah cucu Jokowi menjadi lima orang. Semuanya memiliki nama yang tak biasa dan kaya makna. Siapa saja mereka? Berikut profilnya masing-masing.

1. Jan Ethes Srinarendra

Jan Ethes merupakan cucu pertama Presiden Jokowi dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, yang lahir pada 10 Maret 2016 lalu. Ia lahir di rumah sakit swasta Kota Solo, yaitu RS PKU Muhammadiyah.

Nama panjang Jan Ethes memiliki arti mendalam. Jan diambil dari bahasa Jawa yang berarti sangat, Ethes berarti cekatan, dan Srinarendra yang berarti pemimpin cerdas. Gibran mengatakan nama cucu tersebut diberikan langsung oleh sang ayah, Jokowi.

Semakin besar, Ethes, sapaan akrabnya menjadi anak yang lincah dan menggemaskan. Ia diketahui memiliki hobi olahraga, terutama taekwondo, dan sempat memenangkan kejuaraan taekwondo kelas kyorugi pemula dalam ajang SKB Solo Sensation 2021.

Sosok Jan Ethes juga mencuri perhatian saat ia dan ibunya, Selvi, diantar ke sekolah dikawal Paspampres, akhir Juli 2022. Ia bersekolah di  di Focus Independent School, Solo. Warganet pun berseloroh bila ia satu-satunya siswa yang memiliki foto sang kakek di dalam kelas.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Sedah Mirah Nasution 

Sedah Mirah Nasution merupakan cucu kedua Jokowi yang lahir empat tahun lalu, tepatnya pada 3 Agustus 2018, di RS YPK Mandiri, Jakarta. Putri pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby ini sering menjadi teman main Jan Ethes karena terbilang masih seumuran, mereka hanya berjarak dua tahun.

Nama Sedah Mirah berasal dari bahasa Jawa. Sedah Mirah berarti menawan, salihah, dan dermawan sehingga kedua orangtuanya memiliki harapan agar putrinya kelak menjadi anak menawan, salihah, dan dermawan bagi orang-orang di sekitarnya. Sementara, Nasution merupakan marga dari sang ayah.

3. La Lembah Manah

Cucu ketiga Jokowi adalah adik dari Jan Ethes, anak kedua dari Gibran dan Selvi. La Lembah Manah lahir pada 15 November 2019 lewat operasi Caesar di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Nama La  Lembah Manah diambil dari bahasa Jawa. Gibran menjelaskan arti Lembah Manah merupakan sifat rendah hati. Sedangkan imbuhan kata La di awal nama, diambil dari singkatan bahasa Jawa yaitu luwes anakku, lomo anakku. Luwes dan lomo merupakan kata sifat dalam bahasa Jawa yang berarti fleksibel, cepat beradaptasi, dan senang berbagi. 

 

 

3 dari 4 halaman

4. Panembahan Al Nahyan Nasution

Cucu Jokowi berikutnya adalah Panembahan Al Nahyan Nasution. Ia merupakan anak kedua dari Kahiyang dan Bobby serta adik dari La Lembah Manah yang lahir pada 3 Agustus 2020 lalu di RS YPK Mandiri. Anak laki-laki Kahiyang dan Bobby ini dilahirkan secara caesar mengingat kondisi kesehatan Kahiyang waktu itu yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal. '

Bobby tidak menjelaskan secara langsung arti dari nama Panembahan. Tetapi jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, panembahan mempunyai arti raja atau yang yang dipertuan. Kata panembahan ini juga erat kaitannya dengan gelar pada Kesultanan Mataran, yakni Panembahan Senopati.

Sementara itu, Al Nahyan adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti seseorang yang bijak. Nama ini juga diketahui menjadi salah satu nama marga terhormat bagi masyarakat di negara Uni Emirat Arab. Perpaduan kata Panembahan Al Nahyan ini dinilai mengandung makna terhormat dan penuh kebijaksanaan.

4 dari 4 halaman

Cucu Kelima

Cucu kelima Jokowi dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berjenis kelamin laki-laki. Ia lahir sekitar pukul 06.39 WIB. Setelah menjenguk sebentar, sekitar 07.15 WIB, Presiden Jokowi meninggalkan rumah sakit untuk kembali beraktivitas di Istana Merdeka.

Cucu kelima Jokowi terlahir sehat dengan berat badan 3,49 kilogram dan panjang badan 48 sentimeter. Tim dokter yang menangani jalannya persalinan kali ini, di antaranya adalah dr. Azen Salim, Sp.O.G-KMF, dr. Agustinus Giri Respati, Sp.OG(K)FM, dr. Christopher Kapuangan, Sp.An-KAP, dan Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp. A(K) dengan tetap dalam pengawasan Tim Dokter Kepresidenan.

Kabar kelahiran cucu Presiden Joko Widodo yang kelima ikut membawa suka cita warganet. Mereka mengucapkan selamat, Tak sedikit yang penasaran dengan nama yang akan diberikan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution untuk anak ketiganya itu. Seolah tradisi, nama seluruh cucu Jokowi tak pasaran.

"Saya sedang menunggu pengumuman namanya, pasti namanya unik ❤️ 😍 Selamat atas kelahiran cucu yg kelima utk Pak Jokowi dan Ibu Iriana," tulis @deedeecuty88.

"Selamat atas kelahiran cucu ke5 buat bpk jokowi dan keluarga. Penasaran nih nungguin namanya. Seunik apa...," timpal @mamikristanto1403. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.