Sukses

Jenazah Pendaki Asal Portugal yang Terpeleset di Puncak Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi

Jenazah pendaki asal Portugal yang terjatuh di kawah Puncak Rinjani pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah pendaki asal Portugal yang terjatuh di kawah Puncak Rinjani berhasil dievakuasi pada Senin, 22 Agustus 2022. Sebelumnya, Tim SAR Gunung Rinjani sempat kesulitan mengevakuasi jenazah Boaz Bar Anan, baik karena faktor cuaca dan medan bebatuan.

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani secara berkala merilis perkembangan penanganan kecelakaan pendaki berdarah Israel itu sejak terjatuh pada Jumat, 19 Agustus 2022. Sebelumnya berdasarkan siaran pers, pada Minggu, 21 Agustus 2022, tim evakuasi kembali menjalankan proses evakuasi ke Puncak Gunung Rinjani.

"Dalam proses evakuasi tim mengalami kendala cuaca seperti angin kencang di puncak dan medan bebatuan yang mudah jatuh," bunyi keterangan yang dirilis.

Tim evakuasi saat itu belum berhasil mengevakuasi korban dan dilakukan pada Senin, 22 Agustus 2022. Penanganan evakuasi dirinci dalam siaran pers yang dirilis pada Senin kemarin.

Bermulai pada pukul 03.00 WITA pada Senin, 22 Agustus 2022, tim evakuasi menuju TKP Puncak Gunung Rinjani. Berlanjut pukul 09.45 WITA tim tiba di Puncak Rinjani dan melakukan asesmen, menyiapkan peralatan, dan turun mengevakuasi korban menuju titik korban berada.

"Pukul 14.22 WITA korban berhasil dievakuasi menuju Puncak Rinjani, kemudian dilakukan packing ulang jenazah. Pukul 15.05 WITA jenazah beserta tim bergerak turun menuju pelawangan Sembalun selanjutnya menuju Posko Evakuasi di Sembalun," lanjut keterangan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibawa ke Rumah Sakit

Pihak taman nasional berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga jenazah korban berhasil dievakuasi. Melalui unggahan di Instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani juga dibagikan video singkat jenazah dibawa ke rumah sakit.

"Semeton Rinjani, Malam ini (Senin 22 Agustus 2022) pukul sekitar 23.30 WITA Jenazah Korban Kecelakan Pendakian tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB Mataram dan langsung diserahterimakan dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Kepada Pihak Rumah Sakit Bhayangkara," bunyi keterangan unggahan itu.

Kecelakaan di Gunung Rinjani ini terjadi sesaat setelah pendaki asal Portugal ini berswafoto di tepi jurang Puncak Rinjani. Kabar tentang penanganan kecelakaan pendaki di Gunung Rinjani ini dibagikan pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dalam keterangan pada Jumat, 19 Agustus 2022. Dalam siaran pers itu juga disampaikan kronologi hingga penanganan yang dilakukan.

Kronologi bermula pada Jumat, 19 Agustus 2022 pukul 07.18 WITA pihaknya mendapat laporan dari Kepala Resort Taman Nasional Gunung Rinjani Sembalun bahwa Trekking Organize (TO) atas nama Rudy Trekker menginformasikan salah satu kliennya terjatuh di Puncak Rinjani.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kronologi

Kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 05.30 WITA. Saat insiden nahas itu terjadi, pemandu juga membawa dua tamu lain yang akhirnya dibawa turun oleh pemandu bernama Bullah.

"Posisi korban jatuh berada pada lereng bagian barat laut atau arah danau Segara Anak, jarak korban jatuh sekitar 150 meter dan korban diperkirakan meninggal dunia," bunyi siaran pers yang juga diunggah melalui akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Korban teregistrasi mendaki melalui pintu masuk Sembalun pada Kamis, 18 Agustus 2022. Keterangan juga menyampaikan bahwa berdasarkan keterangan dari TO dan pemandu bahwa korban pada saat sebelum jatuh berswafoto di tepi jurang puncak Rinjani.

"Penanganan:

a. Tim Satgas Penanganan Pencarian, Pertolongan dan Evakuasi (P2E) TNGR berkomunikasi dengan Unit SAR Lombok Timur dan SAR Mataram serta Tim Edelweis Medical Health Center (EMHC) dan tim Inafis Polres Lombok Timur.

b. Pada pukul 10.15 WITA tim EMHC dan Tim Resort TNGR Sembalun melakukan persiapan evakuasi (Peralatan dan TIM) sebagai Tim Pendahuluan.

c. Tim SAR akan bergabung hari ini dengan Tim TNGR dan Tim EMHC di Kantor Resort TNGR Sembalun.

d. Posko Evakuasi sementara di kantor Resort TNGR Sembalun," bunyi keterangan dalam siaran pers pada Jumat, 19 Agustus 2022.

4 dari 4 halaman

Proses Evakuasi Awal

Tim tiba di Shelter Emergency Plawangan Sembalun pukul 19.26 WITA. Keterangan melanjutkan proses evakuasi pada Sabtu, 20 Agustus 2022, tim evakuasi bergerak menuju lokasi evakuasi sekitar pukul 05.30 WITA. Tim evakuasi mendapat dukungan personel dari Brimob Polda NTB sebanyak empat personel pada pukul 11.10 WITA.

"d. Pukul 11.57 WITA tim evakuasi dan peralatan tiba di puncak Gunung Rinjani dan dilanjutkan dengan persiapan menuju titik jatuhnya korban.

e. Pukul 15.15 WITA, tim berhasil turun ke lokasi korban dan berusaha melakukan tindakan evakuasi.

f. Pukul 18.37 WITA, tim memutuskan untuk melanjutkan kegiatan evakuasi esok hari Minggu 21 Agustus 2022," demikian bunyi siaran pers yang dirilis pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Keterangan juga berbunyi, pada Sabtu, 20 Agustus 2022 sekitar pukul 12.00 WITA, tim Posko Evakuasi di kantor Resort TNGR Sembalun meminta keterangan lebih lanjut terkait kronologi kejadian kepada guide dan rekan korban. Selama proses evakuasi berlangsung, para pendaki hanya diperbolehkan sampai Plawangan Sembalun, sedangkan jalur menuju Puncak Rinjani untuk sementara ditutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.