Sukses

Jelajah 77 Jam ke 77 Destinasi Wisata dan Pemecahan 2 Rekor MURI di Festival TikTok

Festival TikTok digelar untuk memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI yang berhasil memecahkan dua rekor MURI.

Liputan6.com, Jakarta - TikTok baru saja menggelar Festival #SerunyaIndonesia sebagai bagian perayaan HUT ke-77 RI.  Acara ini memberi panggung ragam kreativitas yang menyatukan beragam figur publik dan ratusan kreator lintas generasi dari berbagai kategori.

Mereka yang tampil mulai dari Slank yang mempersembahkan lagu Mars #SerunyaIndonesia, pelukis Alicia Eva yang memecahkan rekor MURI untuk kategori "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil", hingga "Peragaan Busana oleh Konten Kreator Terbanyak" dari Christie Basil yang menggandeng lebih dari 77 kreator TikTok. Festival juga ditayangkan secara livestreaming.

"Memasuki masa endemi, kita semua ingin pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kami melihat kebhinekaan menjadi salah satu kuncinya," kata Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia di acara Festival #SerunyaIndonesia di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Agustus 2022.

"Festival #SerunyaIndonesia merupakan perayaan persatuan dalam keragaman dan bentuk apresiasi kami kepada seluruh komunitas TikTok di Indonesia agar bersama bisa terus menginspirasi dan menggerakkan komunitas menuju hal positif," tambahnya.

Plt. Deputi Bidang Pemasaran, Kemenparekraf RI Ni Wayan Giri Adnyani mengapresiasi dan mendukung semangat kebhinekaan yang diusung di Festival #SerunyaIndonesia. Semangat persatuan, kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, serta kreativitas tanpa batas akan menjadi cara bagi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Platform hiburan digital seperti TikTok dapat berperan efektif untuk merangkul seluruh masyarakat Indonesia, agar tetap bersatu di dalam indahnya perbedaan, dan bersama-sama membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, untuk Indonesia yang lebih baik," ucap Girii.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Festival Lintas Generasi

Acara Festival #SerunyaIndonesia merupakan festival lintas generasi penuh ragam dan dipandu oleh Irfan Hakim dan Rina Nose. Selain menampilkan ratusan kreator, acara juga diramaikan dengan permainan tradisional dan pertandingan olahraga khas perayaan 17 Agustus bersama para kreator TikTok.

Ada pula TikTok Shop For Your Fashion, yakni program untuk mendukung pertumbuhan brand fashion lokal sebagai salah satu tulang punggung ekonomi kreatif. Terakhir #MajuBarengTikTok, program pemberdayaan UMKM gratis selama satu tahun untuk dapat mengoptimalkan ekosistem TikTok bagi pertumbuhan bisnis UMKM.

Selama Agustus 2022, kampanye hyperlocal itu juga telah melangsungkan berbagai program dengan menitikberatkan fokus dan dukungan pada sektor pariwisata dan pemberdayaan ekonomi kreatif.  Salah satu program tersebut adalah Jelajah #SerunyaIndonesia, program promosi pariwisata livestream 77 jam ke 77 destinasi di 17 kota di Indonesia bersama empat kreator TikTok LIVE.

Empat kreator muda yang digandeng TikTok dalam program itu adalah Firly Adhyatma Rusli pemilik akun TikTok @firlyafro, Melani Amelia (@namakuamel_racosta), Canny Claudya ( @cannyclau), dan Nanda Setiya Pratam Juanda (@itingsmeledak). Perjalanan keempatnya dibagi antara wilayah Barat dan Timur dan berakhir di DKI Jakarta. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Menjelajah Nusantara

Lima destinasi super prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang, masuk ke dalam daftar 77 destinasi wisata yang disambangi para kreator. Kemenparekraf mendukung program tersebut karena dipandang tidak hanya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tapi juga mendorong rasa nasionalisme bagi masyarakat yang mengikuti petualangan menjelajah Nusantara lewat layar ponsel ini.

Salah satu kreator, Canny Claudya merasa senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan untuk mendukung pariwisata Indonesia mengalami pemulihan. Ia antusias bisa mengajak para pengguna TikTok mengeksplorasi tempat-tempat wisata unik dan menarik bersama-sama secara virtual.

"Aku ingin para penonton aku tidak cuma melihat tempat-tempat yang indah di destinasi wisata itu. Aku senang banget bisa mengajak mereka untuk mengetahui cerita, budaya, dan kisah menarik di setiap destinasi yang akan aku kunjungi," kata Canny. Sebagai acara puncak, TikTok memfasilitasi dua kreator, yakni Christie Basil dan Alicia Eva, memecahkan rekor MURI.

4 dari 4 halaman

Melukis Pahlawan

Christie meraih rekor MURI untuk kategori "Peragaan Busana dengan Kreator Terbanyak". Dia adalah desainer gaun pernikahan dan busana ready-to-wear wanita yang kerap berbagi cerita di balik pembuatan gaun pernikahan yang dirancangnya di TikTok.

Gaya storytelling-nya mampu membuat kagum pengguna lain saat menonton kontennya. Tahun ini, Christie meraih rekor MURI pertamanya lewat pagelaran fesyen dengan model kreator terbanyak, menggandeng lebih dari 77 kreator TikTok sebagai muse.

Sementara, Alicia Eva meraih rekor MURI untuk kategori "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil". Eva merupakan seorang kreator kategori edukasi seni yang sering berbagi konten seni melukis di TikTok.

Pada HUT ke-76 RI, Eva berhasil meraih rekor MURI untuk kategori "Lukisan Terpanjang" melalui persembahan lukisan terpanjang dengan panjang 30 meter bertema "Indonesia untuk Indonesia". Dalam meraih rekor MURI untuk kedua kalinya, tahun ini Eva melukis para pahlawan Indonesia melalui media mobil secara live di Festival #SerunyaIndonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.