Sukses

Reaksi Ayana Moon Dikritik Ganti Hijab dengan Topi dan Hoodie

Ayana Moon bukan pertama kali melepas hijabnya dan menggantinya dengan mengenakan topi dan hoodie untuk menutupi rambutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram asal Korea Selatan Ayana Moon sedang menjadi bahan perbincangan di media sosial. Hal itu bermula ketika dirinya mengunggah foto tanpa memakai hijab ke akun Instagram miliknya.

Di unggahan itu, ia memang tampak tidak mengenakan jilbab dan sebagian rambutnya terlihat. Namun, Ayana tetap memakai baju yang menutupi auratnya, serta topi dan hoodie untuk menutupi rambutnya.

Foto tersebut diambil ketika dirinya sedang berada di Korea Selatan. Perempuan berusia 26 tahun tersebut menemui adiknya, Aydin, yang tengah menjalani wajib militer (wamil).

"Selamat pagi dari Ayana & Aydin. The real Crash Landing On You. Adik saya is doing his military duty now. The only muslim serviceman in his camp. So proud of you," tulisnya dalam unggahan pada Selasa, 19 Juli 2022 itu. Unggahan Ayana itu langsung dibanjiri beragam komentar warganet.

Banyak dari mereka  heran mengapa pemilik nama lengkap Ayana Jihye Moon itu tak mengenakan hijab. "Kemana hijabnya itu?" tanya seorang warganet.

Sebagian yang lain berusaha memahami kondisi Ayana yang mungkin sulit untuk mengenakan hijab saat berada di Korea. "Ribet banget orang-orang ngeributin hijabnya orang lain di depan orang banyak lagi. Kalau mau mengingatkan ada fitur DM yang dibuat khusus untuk komunikasi dua arah alias lebih privasi," komentar seorang warganet.

"Meskipun Ayana gak pake hijab, tapi masih mau nutupin rambut pakai jaket dan tetap tertutup meskipun enggak sempurna. Semangat Ayana," tulis warganet lainnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Ayana

Dengan pro kontra yang memanas, Ayana pun memutuskan membatasi kolom komentar. Ia akhirnya buka suara soal reaksi warganet terkait dirinya yang tidak mengenakan hijab. Ia menanggapinya dengan cukup bijak.

"Saya mencoba membaca komen-komen dari kalian semua. Mungkin nanti ada kesempatan buatku untuk cerita tentang situasi di Korea Selatan saat ini," tulis Ayana dalam bahasa Inggris di Instagram Story. Ia juga menyatakan bahwa membandingkan seorang muslim Korea asli dengan warga asing adalah tidak tepat.

"Kurang tepat untuk membandingkan situasi orang asing yang muslim di Korea dengan orang muslim lokal karena memang kondisi yang kami hadapi berbeda," tulisnya lagi. Meski begitu, Ayana berusaha memahami komentar-komentar yang ditinggalkan kepadanya. Ia paham tak semua orang bisa memahami kondisi yang dihadapinya di Korea saat ini.

"Saya mencoba paham komen-komen kalian di Instagram saya. Meskipun komen itu negatif, karena tidak semua orang bisa paham sepenuhnya situasi yang kami hadapi," tulis Ayana.

Ayana berterima kasih karena masih banyak orang yang perhatian dengannya. Ia berjanji akan terus menjadi lebih baik. "Terima kasih untuk support dan sayang dan bahkan 'komen negatifnya'. Saya akan terus belajar dan melakukan yang terbaik." tutupnya.

 

3 dari 4 halaman

Sudah Dihapus

Namun di hari ini, Rabu (20/7/2022), Ayana sudah menghapus tulisan tersebut di Instagram Story. Sampai saat ini belum ada penjelasan dari Ayana kenapa dia menghapus penjelasannya sendiri.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Ayana membagikan foto tanpa hijab, tapi bisa dibilang baru kali ini menimbulkan reaksi cukup heboh dari warganet. Belakangan, Ayana memang cukup sering muncul di media sosial tanpa memakai hijab.

Tepat sebulan lalu, Ayana mengunggah beberapa foto sedang berada di sebuah gerai kopi terkenal di Kuala Lumpur, Malaysia. Ia terlihat mengenakan hoodie warna kuning muda dan topi hitam sebagai pengganti hijab untuk menutupi kepala dan rambutnya. Ada segelintir warganet yang menanyakan hijabnya, tapi sebagian besar tetap memuji penampilan Ayana.

Pada bulan puasa lalu, tepatnya pada 4 April 2022, Ayana juga mengunggah foto tanpa hijab di Seoul, Korea Selatan. Dalam foto tersebut, Ayana yang berada di sebuah supermarket kembali memakai hoodie dan topi sebagai pengganti hijab. Foto itu sepertinya dibuat untuk keperluan endorse dari salah satu produk minuman isotonik.

4 dari 4 halaman

Tampil Sporty

Dua hari sebelumnya, Ayana juga mengunggah foto hampir serupa. Lokasinya juga di Seoul tapi berlatar di trotoar di sebuah jalan di Seoul.  "Foto ootd di Korea oleh rekan kantor saya. Tapi mereka nggak tahu gimana cara ambil foto yang cantik😂," tulisnya dalam keterangan foto.

Dalam foto itu Ayana kembali terlihat memakai hoodie dan topi plus celana panjang biru dan sneakers putih. Seperti unggahan saat di supermarket, hanya ada beberapa warganet yang menanyakan soal hijab. Hampir semuanya memuji sekaligus mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

"Semangat Dan Selamat Menjalani Ibadah DiBulan Ramadhan🌟🌙 ini Sang Bidadari Ayana Jihye Moon⚪Sukses Selalu Kedepan nya.. Aamiin Allahumma Aamiin 🤲 Fii Amanillah BarakAllahu Fiik," komentar seorang warganet.

Dalam unggahan lainnya pada 18 Februari lalu, Ayana juga membagikan foto tanpa hijab saat berada di Kuala Lumpur.  Ia terlihat sedang bersiap-siap untuk berolahraga dengan mengenakan jaket serta hoodie warna merah muda dan topi cokelat muda sebagai pengganti hijab. Dengan gaya sporty, sejumlah warganet menyoroti jaket Ayana yang dinilai terlalu ketat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.