Sukses

Destinasi Wisata Favorit di Masa Liburan Sekolah dan Langkah Antisipasi Lonjakan Pengunjung

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menyambut liburan sekolah. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), juga sedang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut momentum tersebut.

"Liburan sekolah ini selalu menjadi momentum liburan bersama keluarga, dan juga kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat beristirahat yang bisa meningkatkan gerakan ekonomi setempat," ucap Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.

Ia menambahkan, pada musim liburan sekolah dan liburan hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, terjadi lonjakan pergerakan wisatawan domestik atau wisatawan nusantara (wisnus) yang memberi dampak signifikan terhadap usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada liburan sekolah dan liburan hari raya keagamaan terjadi peningkatan pengeluaran wisatawan. Konsumsi masyarakat untuk wisata, makan-minum, transportasi, akomodasi, kuliner, maupun oleh-oleh (suvernir) meningkat pesat.

Di masa liburan sekolah kali ini, wisatawan diperkirakan banyak berkunjung ke destinasi wisata favorit seperti Bali, Yogyakarta, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki objek wisata budaya, wisata alam, serta wisata buatan termasuk sentra-sentra ekonomi keatif pusat oleh-oleh dan maupun kuliner.

"Berdasarkan data-data yang kita terima, karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal," ungkap pria yang biasa disapa Sandi ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Terbaik

"Bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) tentu bisa mengunjungi tiga destinasi andalan, sepertii Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, serta Taman Margasatwa Ragunan," lanjut Sandi.

Kemudian, di sekitar Jawa Barat bisa mengunjungi Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik. Kabupaten Pangandaran, yang memiliki sejumlah objek pemandangan alam seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, Pantai Batu Hiu. Kabupaten Garut, juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan seperti Kawasan Wisata Cipanas, Pantai Santolo.

Bagi yang berada di Jawa Timur, Bromo tentunya sangat diminati para wisatawan. Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur, Desa Wisata Candirejo, Desa Wisata Dieng Kulon, dan lainnya.

"Kalau di Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO)," ujar Sandi. Selain itu, untuk yang berada di kawasan Sumatra, Desa Wisata Hilisimaetano, Nias Selatan dapat menjadi pilihan untuk memperdalam pengetahuan budaya, karena desa adat ini masih menjaga nilai-nilai leluhurnya. 

3 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan

Tak lupa ada destinasi super prioritas lainnya yang tidak kalah indah yaitu Mandalika, Sumbawa, dan Likupang di kawasan Indonesia Timur. Menparekraf berpesan kepada seluruh masyarakat yang akan berlibur pada momentum libur sekolah untuk tetap menjaga kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19 terutama untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Protokol kesehatan yang sesuai dengan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2022 harus diterapkan dengan disiplin, karena dengan menjaga protokol kesehatan, kita tidak hanya melindungi diri kita tapi juga melindungi masyarakat luas. Kemenparekraf mengimbau seluruh dinas terkait yang ada tingkat kabupaten, kota, dan provinsi untuk memastikan sekaligus mengawasi seluruh destinasi di daerahnya agar patuh terhadap protokol kesehatan.

Langkah lainnya adalah merekomendasikan penggunaan tiket elektronik sebagai tiket masuk. Kemenparekraf menggandeng Mitra Kerja Perkasa (MKP) untuk penerapan digitalisasi tiket elektronik di sejumlah destinasi. Sandiaga juga menginstruksikan kepada para tour leader yang menjadi garda terdepan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk selalu memastikan keselamatan dan keamanan para wisatawan yang berwisata menggunakan bus pariwisata.

4 dari 4 halaman

Ancol

Salah satu destinasi liburan sekolah favorit warga Jakarta adalah Ancol. Tempat rekreasi yang berlokasi di Jakarta Utara ini menjadi pilihan banyak keluarga untuk meluangkan waktu bersama. Ancol juga menghadirkan suguhan wisata menarik menyambut libur sekolah.Lantas, mana saja tempat rekreasi di Ancol yang bisa dikunjungi selama libur sekolah yang memiliki acara spesial?

1. Pantai Ancol

Di Pantai Ancol, pengunjung dapat menikmati indahnya pantai berpasir putih. Di sini, pengunjung juga bisa berolahraga atau menikmati ragam kuliner yang tersedia.

2. Symphony Of The Sea

Area terbaru Symphony Of The Sea yang memiliki kawasan tematik yang cocok dijadikan tempat bersantai dan berfoto. Pada malam hari di Symphony Of The Sea juga terdapat Dancing Fountain yang menampilkan air menari yang diiringi pertunjukan lampu dan jingle unit rekreasi favorit di Ancol.

3. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi menghadirkan wahana terbaru Rumah Riana at Rumah Jahil Dufan yang akan mengajak pengunjung berpetualang untuk menemukan hilangnya seorang gadis kecil bernama Clara di sebuah rumah tua. Kemudian, Dinoland, sebuah pertunjukan bertema dinosaurus yang akan menyuguhkan pengalaman seru kepada seluruh pengunjung.

4. Atlantis Water Adventures

Atlantis Water Adventures siap menyambut pengunjung dengan wahana air terbaru bernama Asthatirta. Wahana tersebut memiliki delapan jenis seluncuran yang cocok untuk segala usia.Pengunjung juga dapat menikmati ragam keseruan lainnya, sebut saja Dragon Race, Dragon Slide dan Skybox. Suguhan spesial ini akan membuat pengalaman berenang pengunjung menjadi luar biasa dan tak terlupa di masa liburan sekolah ini.

5. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra menampilkan Amazing Underwater Mermaid Show di Underwater Theater, sebuah pertunjukan balerina bawah air bertema putri duyung. Suasana juga akan lebih meriah dengan adanya berbagai macam street performances, cosplay, magic balloon, street magic dan juga beragam pertunjukan edukasi mamalia laut.

6. Sea World Ancol

Sea World Ancol memiliki exhibit terbaru bernama Digital Gallery Sea World Ancol yang akan membuat pengalaman melihat kehidupan bawah laut menjadi lebih menarik. Pengunjung dapat menyaksikan Truck Aquarium, terbuat dari truk klasik ZIL-164 produksi 1950-an. Pembelian tiket rekreasi Ancol sekarang wajib online dengan pembelian H-1 kunjungan. Pembelian tiket online bisa melalui ancol.com.