Sukses

Nicky Tirta Bagikan Tips Berbisnis Kuliner, Jangan Takut Mencoba

Diakui Nicky Tirta, tidak mudah merintis bisnis kuliner sendiri walau dirinya sudah dikenal masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Nicky Tirta selama ini dikenal sebagai pemain sinetron dan film. Namun dalam beberapa tahun terakhir, ia justru lebih tenar sebagai celebrity chef. Alih-alih di dunia hiburan, Nicky justru lebih sibuk berkiprah di bidang kuliner.

Yang terbaru, ia sedang sibuk menjalankan bisnis kulinernya. Gemar memasak sejak masih jadi pelajar SMP, Nicky baru mulai memberanikan diri menjalankan bisnis kuliner, Kytir, yang menjual brownies premium buatannya sendiri.

Diakui Nicky, tidak mudah merintis usaha kuliner sendiri walau dirinya sudah dikenal masyarakat. Selain keahlian memasak, menurutnya, perlu juga keberanian mencoba bagi siapa pun yang ingin mulai berbisnis kuliner.

"Tips bisnis kuliner yang penting harua berani coba, berani untuk gagal, apalagi kuliner kita enggak bsa sekali coba langsung berhasil. Biasanya perlu beberapa kali eksperimen untuk bisa menemukan yang pas," jelas Nicky dalam acara Cooking Demo di Rumah Indofood di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Juni 2022.

Promosi juga menjadi hal terpenting agar makanan yang dijual dikenal lebih banyak orang. Karena itu, Nicky menyarankan para pelaku usaha kuliner selalu memanfaatkan media sosial.

"Media sosial sekarang sudah mudah untuk jualan, di medsos, e-commerce, buat jualan, promisi bisa dilakukan. Jadi saran dari aku buat pelaku UMKM harus berani, langsung coba, dan jangan takut gagal untuk mencapai kesuksesan," tuturnya.

Memulai bisnis kuliner, menurut Nicky, tidak harus dengan modal yang banyak. Bahan-bahan dari produk lokal yang mudah didapat dan harga terjangkau juga bisa digunakan untuk menghasilkan makanan yang enak.

Nicky mengatakan bahwa makanan tidak melulu memerlukan bahan mahal demi berkualitas tinggi. Ini juga tentang teknik menemukan takaran yang tepat agar rasanya pas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Hobi

Lebih lanjut Nicky Tirta mengatakan, "Jadi, (buat makanan) enggak harus melulu (pakai) bahan impor untuk dapat rasa yang berkualitas."

Pria berusia 39 tahun ini juga mengakui sekarang ini lebih fokus menjalani profesi sebagai chef. Tadinya, ia menjadikan memasak sebagai hobi untuk mengisi waktu di sela-sela waktu luang atau saat sedang tak ada syuting. Tapi lama-kelamaan, ia lebih menikmati kegiatan memasak sampai kemudian tertarik lebih fokus di bidang kuliner.

"Jadi beberapa tahun terakhir ini memang lebih fokus dan enjoy di bidang kuliner. Main film atau sinetron untuk saat ini sudah jarang karena sementara ini memang mau lebih fokus di bidang ini. Makanya sekarang lebih dikenal sebagai chef," terang ayah satu anak ini.

Nicky pun sering tampi di berbagai acara masak atau cooking demo, termasuk yang digelar di Rumah Indofood di PRJ 2022. Menurut Nicky, kehadiran acara ini tentu sangat ditunggu-tunggu masyarakat, terlebih setelah dua tahun tidak bertatap muka.

3 dari 4 halaman

Hidangan Praktis

"Semoga acara ini dapat memberi ide baru dan membuka peluang bagi pecinta memasak untuk mencoba sesuatu yang baru dan unik dalam mengolah masakan lezat yang berkualitas," tutur Nicky Tirta. "Dengan diadakannya kegiatan cooking demo seperti ini, semoga dapat membuat momen masak di rumah jadi lebih asyik, menyenangkan, dan berkesan."

Dalam sesi demo memasak yang dilangsungkan, Nicky menyajikan menu pilihan Banana Swiss Choco Cupcake dan Rendang Indomie Karipap (Curry Puff). Hidangan-hidangan ini dibuat menggunakan beragam produk dari grup Indofood, di antaranya Indomilk, Indomie, Tepung Terigu Cakra Kembar, Palmia, Promina, dan masih banyak lagi.

Ia juga berbagi tips dan trik membuat hidangan praktis bagi seluruh anggota keluarga. Beberapa pengunjung bahkan ikut memasak langsung bersamanya.

"Mudah-mudahan sajian Banana Swiss Choco Cupcake ini bisa menjadi suguhan nikmat dan favorit bagi anggota keluarga di rumah. Atau mungkin bisa jadi ide bisnis dan pemasukkan pribadi bagi ibu-ibu," kata Nicky.

4 dari 4 halaman

Rumah Indofood

Sementara itu, tema "Kumpul Asik Bareng di Rumah Indofood" dinilai selaras dengan misi resmi penyelenggaraan PRJ 2022. "Tahun ini merupakan tahun ke-6 Indofood CBP hadir dalam pameran JFK dengan konsep Rumah Indofood.," terang Firman Authar, Head of Consumer Engagement, Corporate Marketing Indofood CBP.

"Dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, melalui JFK 2022, pameran tahunan yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat, kami hadir untuk bisa berinteraksi langsung, serta merasakan kehangatan sambutan konsumen dari berbagai macam usia dan latar belakang terhadap acara yang kami persembahkan khusus untuk mereka," lanjutnya.

Kegiatan ini jadi salah satu agenda tetap mereka. Kehadiran Celebrity Chef Nicky Tirta dengan kreasinya diharapkan dapat memberi pengalaman berkesan bagi para pengunjung, karena masakan atau kuliner selalu jadi topik pembicaraan hangat bagi banyak orang.

Cooking demo digelar dalam rangka menberikan ide baru bagi pengunjung pameran agar bisa berkreasi menggunakan produk-produk Indofood sebagai bahan masakan di rumah maupun usaha kuliner yang mereka jalankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.