Sukses

Gara-Gara Jin BTS, Roti Maple Story Jadi Produk Langka di Toserba Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, Jin BTS membuktikan kekuatan mereknya. Kali ini, produk roti Mapple Story yang ketiban pulung. Beberapa waktu lalu, pemilik nama asli Kim Seokjin ini sempat berbagi cerita lucu di Instagram Story-nya tentang membeli banyak "roti Maple Story."

Ia mengaku mengunjungi 15 toko serba ada (toserba) di Korea Selatan untuk membeli 16 buah produk tersebut. Jin mengatakan, ia hanya mengambil 1--2 potong proti dari setiap toko dan meninggalkan sisanya untuk pelanggan lain. Impian Jin tentu saja mendapatkan stiker "Wonky the Fairy" yang langka.

[bacajuga:Baca Juga](4993507 4992790 4991470)

Maple Bread pun langsung jadi trending di Korea Selatan setelah Jin berbagi cerita, melansir allkpop, Kamis (23/6/2022). Setelah itu, banyak media ekonomi Korea yang melaporkan penjualan roti tersebut melonjak sangat tinggi. Kendati Jin sudah dengan baik hati menyisakannya dari setiap toserba yang didatangi, faktanya roti Maple Story sempat jadi "barang langka."

Tidak sedikit penggemar yang meminta pada mereka yang beruntung bisa membeli roti tersebut untuk "mengirim stiker 'Wonky the Fairy' ke Jin!" Selama enam bulan terakhir, media ekonomi dan keuangan Korea telah membuat banyak laporan tentang dampak Jin terhadap penjualan produk tertentu.

Salah satunya saat pelantun lagu Moon ini memberikan stroberi berkualitas tinggi pada teman-temannya. Ini memberikan peningkatan tingkat penetrasi yang besar ke stroberi Durihyang, dari satu persen jadi 96 persen, menjadikannya buah paling laris pada Januari 2022 di Korea Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Worldwide Strawberry Captain

Masih karena memberikan stroberi tersebut, awal tahun ini, Jin BTS sampai disebut sebagai "Worldwide Strawberry Captain." Stroberi Durihyang yang diberikan Jin pada teman-temannya merupakan varian stroberi yang tumbuh di sekitar lahan pertanian paman idol tersebut dengan ciri buah berukuran jauh lebih besar dan lebih manis daripada stroberi biasa.

"Durihyang, varietas stroberi domestik dengan tingkat penetrasi kurang dari satu persen (per tahun lalu), baru-baru ini kehabisan stok. Ini adalah hasil dari mulut ke mulut fandom BTS, ARMY," lapor Hankyung Economy News. "Dikabarkan bahwa anggota BTS, Jin, yang mengunjungi kebun stroberi paman dari pihak ibu, memberikan hadiah pada Chef Lee Yeon Bok dan banyak orang lain."

Seiring permintaan yang sangat tinggi, harga sekotak stroberi durihyang pun naik. Dilaporkan bahwa harga buah ini jadi 70 persen lebih tinggi dari tahun lalu. Pada pertengahan Januari 2022, Jin memang membagikan beberapa foto di kebun stroberi milik pamannya, dan menarik tidak hanya perhatian penggemar, namun juga sesama personel BTS, J-Hope.

3 dari 4 halaman

Produk Lainnya

Sementara Jin tampaknya bersenang-senang, J-Hope melihat unggahan di kebun stroberi, dan sepertinya ia sedikit cemburu. Warganet memperhatikan bahwa J-Hope ingin bertemu dengan Jin, dan ia tampak kesal karena itu belum terjadi.

Jelas merasakan bagaimana perasaan J-Hope, pelantun lagu Abyss itu menjawab dengan kelakar khasnya. Dalam komentar, Jin menggoda J-Hope, "Jwe-Hope, ayo petik stroberi."

Setelahnya, Jin dilaporkan berhasil memenuhi janjinya pada J-Hope, lapor Koreaboo. Selain memberikan stroberi pada anggota BTS, duo ikonis ini juga bertemu langsung.

J-Hope membagikan unggahan Instagram Story, menampilkan kotak stroberi besar. Ia pun menandai Jin dan menyebut bahwa Jin benar-benar membawakannya stroberi dari pertanian pamannya.

Sebelumnya, ketika BTS mengumumkan perilisan merchandise mereka sendiri, Jin secara pribadi menanggapi komentar tentang merchandise barunya yang disebut terlalu mahal. 

Dalam sebuah unggahan di Weverse, awal tahun ini, ia menjelaskan, meski ingin merchandise dibuat dari bahan berkualitas tinggi, harganya tetap mengejutkan. "Saya memang meminta mereka menggunakan bahan berkualitas bagus untuk piyama. Tapi harganya … Saya juga kaget," tulis idol 29 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Merchandise Jin BTS

Merchandise Jin BTS terdiri dari dua versi piyama dan satu desain bantal. Terkait piyama, pelantun lagu Abyss ini sebenarnya telah mempromosikannya sejak beberapa waktu lalu, termasuk muncul dalam episode In the Soop musim kedua.

Barang-barang ini pun dianggap dekat dengan Jin, mengingat ia pernah mengaku bisa rebahan selama 20 jam di hari liburnya. Meski ARMY menyukai desain dan makna di balik pakaian tersebut, satu hal yang menonjol, yakni harga.

Piyama dijual seharga 119 ribu won (Rp1,4 juta) per set, sedangkan bantal dibanderol 69 ribu won (Rp827 ribu). Angka-angka ini membuat merchandise buatan Jin disebut "terlalu mahal." Namun, ARMY ternyata bukan satu-satunya yang terkejut dengan harga jual yang ditentukan HYBE, agensi BTS.

Sebelum itu, Jin mempromosikan merchandise-nya di akun Instagram pribadi. Ia bahkan berbagi foto dirinya dengan piyama dan menuliskan judul "Tawarkan harga." Tampaknya bahkan J-Hope berpikir bahwa piyama harus berharga terjangkau, bercanda menyebut "empat dolar."