Sukses

Marshanda Dapat Firasat Meninggal Dunia Usai Idap Tumor Payudara

Liputan6.com, Jakarta - Marshanda menjadi sorotan setelah mengungkapkan dirinya mendapat tanda atau firasat meninggal dunia. Kabar yang mengejutkan ini disampaikan ibu satu anak tersebut di tengah berjuang melawan tumor payudara yang diidapnya.

Caca, begitu ia akrab disapa, menyampaikan firasat meninggal tersebut dalam video yang diunggah di channel Denny Sumargo. Marshanda berkisah, awalnya firasat soal meninggal dunia tersebut didapatkannya setelah berbincang dengan buah hati tercinta, Sienna Ameerah Kasyafani, melalui telepon.

"Aku ngerasa dapat sign, enggak cuma feeling di dalam hati. Awalnya sign, sign-nya itu dari aku teleponan sama anakku sendiri selama dua jam. Awalnya dari situ," kata Marshanda dalam video Denny Sumargo yang berdurasi 40 menit dan 53 detik tersebut.

Marshanda melanjutkan bahwa ia dan Sienna berbincang indah dan menyenangkan. Tanpa disadari, ia juga memberi petuah-petuah kehidupan kepada putri tercintanya.

"Aku sampai tiba-tiba ngasih petuah-petuah kehidupan yang kayak 'kalau nanti ibu udah enggak ada, kamu harus enggak apa-apa'" lanjut perempuan berusia 32 tahun itu.

Di tengah perbincangan lewat telepon, Marshanda menyampaikan bahwa Sienna suka mengedit foto. Ternyata putrinya mengirimkan sebuah foto dan meminta sang ibunda melihatnya.

"Aku enggak mau kasih liat fotonya karena serem, serem banget tapi lucu buat dia dan aku belum nangkep juga. Kayak aku pikir 'oh anak gue emang ekspresif'" terangnya soal firasat itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanda Pertama

Marshanda melanjutkan, "Ini beneran yah. Dia ngirim foto, mukanya Caca terus ada gambar pistol, terus ada gambar tembakan kayak duar, duar, duar gitu kayak emoji meledak api-api gitu, terus ada tulisan RIP (Rest in Peace)."

"Gue balas, sambil teleponan, aku cuma ketawa, aku bilang innalillahi, bercanda. Di tengah-tengah ngobrol, apa itu, itu apa, aku pikir itu sign satu," katanya.

Kemudian, Marshanda teringat dengan tumor payudara yang diidapnya. Ia menyebut bahwa tumor tersebut telah membesar ukurannya dan terasa nyut-nyutan.

"Makin kemarin, makin sebelum ke Singapura yang video itu, itu makin sering nyut-nyutan. Itu yang bikin aku kayak ini kenapa. Aku harus lakukan sesuatu untuk mencegah kalau ada apa-apa biar bisa tahu treatment-nya diapain," terangnya. Selepas itu, Marshanda mengaku cukup banyak mendapat tanda-tanda meninggal dunia.

Marshanda juga menyampaikan ia melihat dirinya kini sebagai pemenang. "Karena aku enggak takut dengan kematian, walaupun aku dihadapkan dengan adanya tumor yang bertambah besar ini sekarang, adanya tanda-tanda yang belum tentu tanda-tanda," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Idap Tumor Payudara

Marshanda menyampaikan bahwa dirinya mengidap tumor payudara, melalui kanal YouTube miliknya MARSED pada 30 Mei 2022. Ia lantas seketika terbang ke Singapura untuk memeriksakan kondisi kesehatannya lebih jauh setelah mengetahui mengidap tumor payudara.

Awalnya, Marshanda mengetahui mengidap tumor payudara pada Agustus 2021. Sebelumnya ia sempat mengalami demam yang cukup tinggi, dan memeriksakan kondisinya ke dokter.

Dikutip dari Citizen6 Liputan6.com, kala itu Marshanda sempat tes usap dan menjalani pemeriksaan darah untuk mengetahu penyebab dirinya mengalami demam tinggi. Namun semuanya negatif dan tidak diketahui adanya tumor.

"Aku sempat panas tinggi 39,6 (derajat), diopname takut kenapa-kenapa, swab negatif. Aku tes darah tapi enggak ada tumor," kata Marshanda dalam wawancara virtual pada Selasa, 14 Juni 2022.

Kemudian, Marshanda teringat dengan ucapan temannya yang berprofesi seorang dokter. Saat memeriksakan kondisi kesehatanya dia menjelaskan bahwa pesinetron 'Bidadari' ini rentan terkena kanker. Namun saat itu Marshanda masih acuh dan tidak mempedulikan.

4 dari 4 halaman

Tumor Payudara

"Aku pernah interview beliau. Aku dekat banget sama dia. Dia bilang baca hasil (darah) aku, dia cuma ngomong 'Ca ini dari hasil darah kamu, kamu punya cenderung besar kanker one day'" kata Marshanda.

Awalnya ada benjolan kecil di sekitaran payudaranya, namun saat itu dokter yang memeriksanya belum mendiagnosa Marshanda mengidap tumor payudara. Kala itu, ia juga belum mengingat tentang perkataan temannya tersebut.

"Tiba-tiba ada benjolan di payudara awalnya kecil. Aku tanya ke temanku dokter, katanya hormonal, aku enggak sadar,” tutur Marshanda.

Semakin hari, benjolan tersebut kian membesar. Marshanda akhirnya memeriksakan kembali ke dokter spesialis dan benjolan tersebut dinyatakan tumor.

"Desember aku melakukan mammogram dan ultra USG di rumah sakit di Jakarta Pusat, aku dibilang punya tumor tapi pas Desember datanya, ada beberapa tumor di kanan. Payudara kiri ada kista. Kalau kanan ada beberapa tumor, satu 2,4 cm, satu lagi di bawah 2,4 cm," kata Marshanda.