Sukses

Vietnam Punya Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia, Kalahkan Rekor China

Jembatan kaca di Vietnam yang dinamai Bach Long itu mampu dilewati 450 orang pada saat bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam memiliki obyek wisata baru yang menantang adrenalin wisatawan, yaitu jembatan kaca. Jembatan kaca bernama Bach Long (Naga Putih) itu berada di Provinsi Son La, Vietnam yang berbatasan dengan Laos. Jembatan kaca sepanjang 2.073 kaki atau sekitar 632 meter ini diklaim sebagai yang terpanjang di dunia.

Bach Long bahkan mengalahkan panjangnya jembatan kaca di Guangdong, China sepanjang 526 meter. Melansir laman CNN, Senin, 30 Mei 2022, jembatan ini telah resmi tercatat sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia oleh Guinness World Records.

"Saya tak berani melihat ke bawah karena saya takut ketinggian," kata seorang pengunjung.

Dia memberanikan diri melewati jembatan itu setelah menghadiri acara pembukaan pada Sabtu, 28 Mei 2022, yang dimeriahkan oleh pertunjukan barongsai. Meski baru diresmikan, jembatan tersebut sudah dibuka untuk umum sejak April 2022.

Kaca yang digunakan pada jembatan itu terdiri dari tiga lapis, masing-masing tebalnya 40 mm dan merupakan buatan Prancis. Jembatan kaca ini diklaim mampu menahan beban hingga 450 orang pada saat bersamaan, menurut pernyataan pengelola.

Pengunjung lain yang hadir pada acara pembukaan itu mengaku awalnya merasa ngeri saat berjalan di atas jembatan tersebut. Sesudah berjalan melewati 10 panel kaca, perasaan takut menurutnya sudah hilang.

Jembatan gantung ini sengaja dibuat untuk menarik wisatawan terutama para pencari sensasi atau suka uji nyali. Pihak pengelola menamai jembatan kaca itu, Bach Long, diambil dari bahasa Vietnam, yang berarti naga putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Populer

Jembatan ini tepat berada di atas lembah hijau yang subur dan menenangkan. Provinsi Son La merupakan provinsi terbesar ketiga di Vietnam. Provinsi ini dikenal akan kecantikan perbukitan bunganya yang dikelilingi kabut.

Selain itu, Son La juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Vietnam. Selain perbukitan yang diisi oleh bunga-bunga cantik, kawasan ini juga dikenal dengan keberadaan gua kelelawar, air terjun, danau, dan perkebunan tehnya.

Tak hanya di Vietnam, jembatan kaca jadi salah satu daya tarik wisata andalan di China. Sebelumnya, jembatan kaca terpanjang ada di China. Jembatan tersebut terbentang di atas Sungai Lianjiang di Qingyuan, Provinsi Guangdong.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, jembatan kaca itu mencetak rekor dunia pada September 2020 dengan terbentang sepanjang 526 meter, menggantung di ketinggian sekitar 201 meter, di atas Sungai Lianjiang.

Jembatan itu menyuguhkan pemandangan indah tiga ngarai Huangcuan di China Selatan. Jembatan kaca itu bisa mampu menampung 500 orang sekaligus. Wisatawan juga dapat melakukan bungee jumping, zip line atau menggunakan jembatan sebagai landasan peragaan busana.

3 dari 4 halaman

Mendebarkan dan Menakjubkan

Institut Penelitian dan Desain Arsitektur Universitas Zhejiang merancang jembatan itu sebagai destinasi wisata di daerah tersebut. Jembatan ikonik ini dibuat dengan beberapa perluasan untuk platform, dengan lebar sekitar 28 kaki.

Mereka yang melintas bisa berhenti sejenak untuk berfoto saat melewati jalan kaca yang cukup mendebarkan sekaligus menakjubkan. Sejumlah video bahkan memperlihatkan jembatan kaca tersebut dapat dilintasi mobil.

Kaca yang digunakan pada pondasi jembatan ini berwarna transparan dengan kadar 99,15 persen dan terbuat dari tiga lapisan dengan tebal 4,5 cm. Pagar pembatasnya pun terbuat dari baja tahan karat.

Desain jembatan kaca sengaja dirancang supaya tembus pandang untuk memberi sensasi berjalan ratusan kaki di atas sungai yang mengalir dan perahu yang berlalu-lalang.

Namun beberapa waktu lalu, pengalaman tak menyenangkan menimpa seorang wisatawan setelah ia terjebak di jembatan gantung berlantai kaca setinggi 260 meter karena angin kencang. Insiden di jembatan kaca ini terjadi di provinsi Jilin, timur laut China pada 7 Mei 2021.

4 dari 4 halaman

Turis Terjebak

 

Dalam potret yang dibagikan media pemerintah China Xinhua di situs media sosial China, Weibo, terlihat seseorang berpegangan pada pagar jembatan kaca yang dikelilingi oleh panel platform kaca yang hilang dan rusak.

Jembatan kaca ini berada di kawasan wisata budaya Gunung Piyan di luar kota Longjing. Para pejabat menyampaikan tim penyelamat didatangkan untuk membantu turis yang terjebak. Akhirnya, wisatawan tersebut dapat dievakuasi dari jembatan pada pukul 13.20.

"Staf di daerah yang indah itu bergegas ke tempat kejadian secepat mungkin, membawa peralatan darurat dan berhasil memindahkan orang yang terperangkap ke tempat yang aman," bunyi pernyataan itu.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Usai dirawat di rumah sakit untuk observasi, wisatawan yang terjebak di jembatan kaca berada dalam kondisi emosi dan fisik yang stabil dan diperbolehkan pulang. Sejak insiden itu, seluruh area Gunung Piyan ditutup. Para pejabat telah memerintahkan pemeriksaan keamanan menyeluruh dari semua objek wisata di area itu, termasuk jembatan kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.