Sukses

Kota di Indonesia Masuk Daftar Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tak hanya dikenal dengan keindahan tempat wisatanya, tapi juga kuliner atau makanan. Hampir tiap daerah atau kota di Indonesia punya makanan khas atau makanan tradisional.

Selain Indonesia, sejumlah negara di Asia juga punya kuliner tradisional mereka sendiri. Baru-baru ini diadakan pemilihan makanan tradisional terbaik di berbagai kota di Asia versi TasteAtlas.

Taste Atlas atau TasteAtlas merupakan panduan perjalanan pengalaman untuk makanan tradisional yang menyusun resep otentik, ulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer.

Mereka merilis daftar 10 Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di Asia. Yang membanggakan, salah satu kota di Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Kota Bandung dinobatkan sebagai salah satu kota dengan makanan tradisional terbaik di Asia versi TasteAtlas Awards 2021.

Bandung sukses menempati posisi ke-5 dalam Taste Atlas Awards 2021 untuk kategori Best Cities for Traditional Foo dengan poin 4,39 setelah Seoul, Korea Selatan. Prestasi ini sukses mengungguli makanan tradisional dari kota-kota lain di Asia, yaitu Beirut (Lebanon), Manila (Filipina), Mumbai (India), Osaka (Jepang) dan Makati (Filipina) yang masing-masing menempati urutan ke-6 sampai ke-10.

Urutan pertama ditempati Bangkok (Thailand) dengan poin 4,50. Urutan kedua sampai keempat ditempati oleh Hong Kong, New Delhi (India) dan Seoul (Korea Selatan).

“Semoga dengan masuknya Bandung di daftar kota dengan kuliner tradisional terbaik tersebut, bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, membangkitkan ekonomi serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja🤩,” tulis akun @pesona.indonesia pada Rabu, 25 Mei 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Menparekraf

Bukan tanpa alasan, Bandung sendiri dikenal sebagai kota dengan masakan dan jajanan terbaik yang bisa memanjakan lidah para penikmatnya. Terpilihnya Bandung dalam daftar makanan tradisional itu juga mendapat sambutan positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Semoga dengan masuknya Bandung di daftar kota dengan kuliner terbaik di Asia bisa meningkatkan jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Bandung dan mencicipi langsung kuliner terbaiknya," tulis Sandiaga Uno. "Dengan begitu kita akan mendorong kebangkitan ekonomi darri peluang usaha serta lapangan kerja terbuka seluas-luasnya," sambungnya.

Dilansir dari laman TasteAtlas, berikut rekomendasi makanan tradisional khas Kota Bandung dengan nilai tertingg adalah:

1. Batagor

Siapa yang tak mengenal jajanan satu ini? Batagor ternyata sukses jadi sajian kuliner tradisional nan autentik yang dikenal sampai ke Asia hingga memperoleh skor 4,5 bintang dari total 5 bintang.

2. Mi Kocok

Hidangan mi dengan toping kikil dan sup kaldu sapi ini juga sukses memenangkan hati masyarakat Asia.Mi toping kikil dilengkapi dengan bakso dan taoge ini semakin menyegarkan dengan sentuhan jeruk nipis.Cita rasa mi kocok rupanya juga diakui dunia terbukti dengan dipilihnya hidangan ini menjadi andalan Kota Bandung. 

3 dari 4 halaman

3. Kupat Tahu

Siapa sangka menu sarapan sehari-hari urang Bandung jadi salah satu makanan terenak di Asia? Kupat tahu sukses jadi makanan tradisional dari Kota Bandung paling difavoritkan versi TasteAtlas Awards 2021.Lontong dan tahu dipadukan dengan saus bumbu kacang dan taoge ditambah kerupuk yang renyah terbukti disukai warga Asia.

4. Soto Bandung

Soto Bandung adalah masakan tradisional sejenis sup yang berasal dari Kota Bandung.Hidangan berkuah panas dengan kaldu bening dan irisan lobak paling nikmat disantap di tengah cuaca dingin Bandung.

Soto ini biasanya dibuat dengan kombinasi daging sapi yang dipotong dadu, jahe, bawang putih, daun bawang, irisan tipis lobak, daun salam, serai, minyak, gula, garam, dan lada putih

Makanan khas Bandung lainnya yang termasuk daftar terbaik di Asia adalah Cireng, Karedok, Seblak, Surabi, Cilok dan Cimol.

4 dari 4 halaman

Favorit Banyak Orang

Seperti yang telah diketahui, Bandung memang memiliki berbagai wisata alam, wisata kota, dan budaya yang mengagumkan. Apalagi, ditambah dengan udara yang sejuk.Namun, tidak lengkap rasanya berlibur ke Bandung kalau tidak menikmati sajian kuliner khas yang menggugah selera.

Makanan khas Bandung menjadi destinasi wisata kuliner favorit banyak orang. Meskipun makanan-makanan ini sudah banyak dijual di daerah-daerah lain di seluruh nusantara, namun mencoba makanan khas Bandung langsung dari tempat asalnya tentu akan lebih memuaskan.

Salah satunya adalah Seblak.. Meski makanan ini bisa ditemukan di daerah mana saja, rasanya belum lengkap jika tak mencicipi langsung seblak di Bandung. Seblak terbuat dari kerupuk basah dengan isian lezat lain seperti sayur, daging dan telur.

Lalu ada Surabi yang berupa olahan adonan tepung beras yang dimasak dengan tungku. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.