Sukses

Ratu Elizabeth II Penuh Senyum Saat Hadiri Pertunjukan Kuda

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II tampak tersenyum bahagia dengan memakai kacamata hitamnya saat melakukan hal favoritnya. Ia menghabiskan waktu dengan kuda. 

Ratu berusia 96 tahun itu menghadiri Royal Windsor Horse Show pada Jumat, 13 Mei 2022, ketika dia dipandu oleh seorang pengemudi.  Sementara dia dengan gembira menyambut kuda-kuda itu melalui jendela mobil, dikutip dari USA TODAY.

Kompetisi itu adalah acara empat hari yang sering dianggap sebagai salah satu favorit ratu, sebagai pecinta kuda. Pertunjukan tahun ini berlangsung selama perayaan Platinum Jubilee ratu dan akan mencakup pertunjukan "berpacu melalui sejarah", yang menampilkan program 90 menit yang menampilkan lebih dari 500 kuda dan 1.000 penampil.

Cinta berkuda Ratu Elizabeth sangat dalam. Dia memiliki banyak memahami tentang perkembangbiakan dan balap, dan dia telah berkuda sejak dia masih muda. Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-96 pada  April, ia berpose di samping dua kuda poninya, Bybeck Katie dan Bybeck Nightingale.

Dalam foto publik pertamanya selama penguncian COVID-19 pada 2020, ia memamerkan keterampilan berkudanya dan naik sadel pada usia 94 tahun. Penampilan publiknya pada Jumat, setelah membatalkan beberapa penampilan yang direncanakan awal bulan ini.

Kehadirannya kali ini, adalah ketiga dalam 70 tahun dia di tahta Inggris melewatkan acara tersebut. Istana mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada USA TODAY ratu berkonsultasi dengan dokternya dan "dengan enggan" memutuskan untuk tidak hadir karena dia mengalami masalah mobilitas episodik.

Sebaliknya Pangeran Charles, yang merupakan pewaris langsung takhta Inggris, membacakan pidatonya yang menetapkan agenda pemerintah untuk sesi parlemen mendatang. Pangeran William juga hadir.

Pada awal Mei, Istana Buckingham mengumumkan bahwa ratu akan melewatkan musim pesta taman kerajaan tradisional, di mana ia biasanya akan bertemu dengan ratusan orang di halaman kediamannya di London dan Edinburgh. Anggota keluarga kerajaan lainnya mewakilinya sebagai gantinya.

Pada awal Mei, Istana Buckingham mengumumkan bahwa ratu akan melewatkan musim pesta taman kerajaan tradisional, di mana ia biasanya akan bertemu dengan ratusan orang di halaman kediamannya di London dan Edinburgh. Anggota keluarga kerajaan lainnya mewakilinya sebagai gantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Platinum Jubilee

Ratu Elizabeth II memang sedang jadi sorotan terkait acara Jubilee Platinum yang akan diselenggarakan pada awal Juni 2022. Platinum Jubilee merupakan perayaan Ratu sebagai pemimpin pertama Kerajaan Inggris yang berada di atas takhta selama 70 tahun.

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan bergabung dalam perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II bersama anak-anak mereka. Hal itu diungkap juru bicara pasangan Sussex, Jumat, 6 Mei 2022, dikutip dari laman Page Six.

Setelah berminggu-minggu berspekulasi, pasangan itu mengonfirmasi bahwa mereka akan membawa kedua buah hati. Mereka adalah Archie yang sudah berusia tiga tahun dan Lilibet, putri keduanya yang berusia 11 bulan, ke London pada Juni 2022.

Ratu yang baru saja menginjak usia 96 tahun tentu akan sangat senang, mengingat ia akhirnya bertemu dengan cicit perempuannya. Seperti diketahui, nama panggilan masa kecil Elizabeth adalah Lilibet.

 

 

3 dari 4 halaman

Senang

Juru bicara pasangan itu mengatakan pada Page Six, "Pangeran Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Sussex, sangat senang dan merasa terhormat untuk menghadiri perayaan The Queen's Platinum Jubilee Juni ini bersama anak-anak mereka."

Tapi, keluarga muda itu tidak akan tampil bersama Ratu, Pangeran Charles, Pangeran William, Kate Middleton, dan anggota keluarga kerajaan lain. Hanya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja untuk penampilan publik resmi yang akan ikut serta dalam sesi foto di balkon Istana Buckingham.

Menurut pernyataan istana, penampilan balkon pada Kamis, 2 Juni 2022 akan terbatas. Karena pertimbangan Ratu Elizabeth II tersebut, berarti Pangeran Andrew juga tidak akan muncul di balkon, sama seperti keluarga Sussex. 

Perjalanan ke London berarti bayi Lili bisa bertemu sepupunya untuk pertama kali. Kakak laki-laki Harry, William, dan istrinya, Kate, memiliki tiga anak: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

4 dari 4 halaman

Persoalan Waktu

Sebelumya, saat wawancara dengan Oprah Winfrey pada 2021, Harry mengakui keretakan telah berkembang dalam hubungannya dengan William, mengatakan, "Waktu akan menyembuhkan segalanya, semoga."

Sejauh ini, sepupu Harry, Putri Eugenie, suaminya, Jack Brooksbank, dan putra mereka yang berusia satu tahun, August, adalah satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang pernah bertemu Lili. Mereka sempat tinggal bersama keluarga Sussex di rumah mereka di Montecito pada Februari lalu.

Harry dan Meghan mengunjungi Ratu, serta ayahnya, Pangeran Charles, di Kastil Windsor bulan lalu dalam perjalanan ke Invictus Games di Belanda. Ini adalah pertama kalinya pasangan itu melihat nenek Harry sejak meninggalkan Inggris, dan tugas kerajaan mereka, pada Maret 2020.

Harry bulan lalu menimbulkan kegemparan dengan komentar tentang Ratu Elizabeth IIdalam sebuah wawancara dengan pembawa acara Today Hoda Kotb. Ia berkata, "Saya hanya memastikan bahwa ia (Ratu), Anda tahu, dilindungi dan mendapatkan orang yang tepat di sekitarnya."