Sukses

Bintang Doctor Strange Zara Phythian dan Suami Dinyatakan Bersalah Lakukan Pelecehan Seksual terhadap Gadis Berusia 13 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Bintang Doctor Strange Zara Phythian dan suaminya, Viktor Marke, dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap gadis berusia 13 tahun. Hakim di Nottingham Crown Court memutuskan Phythian bersalah atas 14 tuduhan aktivitas seksual dengan seorang anak yang dilakukan antara 2005 dan 2008 ketika korban masih beranjak remaja.

Marke juga dihukum atas 14 pelanggaran yang sama serta tuduhan penyerangan tidak senonoh yang berkaitan dengan gadis di bawah umur lain yang dilecehkannya. Setidaknya, ia delapan kali melakukan pelecehan seksual antara 2002 hingga 2008, dikutip dari laman AsiaOne, Kamis, 12 Mei 2022.

Pasangan itu bersama-sama membantah tuduhan 14 tuduhan aktivitas seksual dengan seorang anak. Namun, hakim memutuskan mereka bersalah setelah menjalani persidangan selama 12 hari.

Marke telah mencap tuduhan itu sebagai pedofilia ketika diinterogasi oleh petugas polisi setelah penangkapan pasangan itu pada tahun 2017. "Jika Anda mencoba mengatakan saya seorang pedofil, saya bukan (pedofilia)," ia membantah kepada polisi.

Zara mengatakan kepada detektif bahwa dia tidak pernah berkontak seksual dengan gadis itu dan menggambarkan tuduhan itu sebagai kebohongan. Remaja itu mengatakan kepada pengadilan bagaimana dia secara teratur tinggal bersama pasangan itu di rumah mereka.

Zara — seorang ahli seni bela diri yang muncul dalam blockbuster Marvel 2016 bersama Benedict Cumberbatch — memberinya rum dan bertanya apakah dia ingin bermain "berani" sebelum Marke berhubungan seks dengan Zara. Pelecehan berlanjut sampai dia berusia 18 tahun. Pengakuannya termasuk Marke memintanya untuk merekam dia dan Zara Phythian, bersama-sama untuk melakukan 'adegan porno'.

Pasangan itu saling berpelukan di pengadilan ketika putusan itu terungkap dan Marke terdengar menangis. Pasangan itu kemudian dibebaskan dengan jaminan selama persidangan, tetapi Hakim Mark Watson mengembalikan mereka ke tahanan setelah vonis bersalah dan mengatakan mereka akan dijatuhi hukuman pada 16 Mei 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Protes

Mengenakan setelan celana abu-abu, Zara mengatakan kepada pengadilan bagaimana karier filmnya dimulai setelah dia terkenal saat mengambil bagian dalam turnamen seni bela diri di Amerika Serikat. Namanya mulai melesat dan mengambil bagian dalam upaya Rekor Dunia Guinness di Sky TV, diansir dari Daily Mail.

Terobosan besarnya datang pada 2016 ketika dia berhasil mengikuti audisi untuk peran 'Brunette Zelot' di Doctor Strange, yang meraup Rp9,9 triliun di box office. Dia juga membintangi film aksi seni bela diri lainnya seperti Tribal: Get out Alive, dan film lain yang akan dirilis tahun ini.

Zara menegaskan ia tidak bersalah sembari mengatakan 'tidak pernah bermasalah dengan polisi sebelumnya'. Dia mengklaim bahwa korban 'tidak berada di rumah dia pada usia 13 atau 14', dan bahwa dia 'tidak akan membiarkannya (gadis itu) minum sepenuhnya' sebelum korban berusia 18 tahun.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Cinta Victor dan Zara

Viktor bertemu Zara di akademi School of Champion di Nottingham yang didirikan bersama dengan mantan istrinya, Juliet. Saat itu, gadis itu baru berusia 14 tahun, sementara Viktor berusia 37 tahun. Gadis itu mulai berlatih di bawah asuhannya.

Zara berusia 19 tahun dan Viktor berusia 42 ketika mereka mulai berhubungan seksual. Pernikahannya dengan Juliet berakhir setelah hubungannya dengan Zara tercium publik.

Sidang mendengar bahwa dia telah menjalani upacara untuk menjadi 'murid resminya'. Zara dikatakan telah menerima Victor sebagai 'tuannya' dalam upacara Shaolin kuno pada usia 17 tahun.

Setelah membungkuk di hadapannya dan mengucapkan beberapa ayat tradisional, Zara diduga bersumpah setia kepadanya. Ia bersumpah untuk melakukan semua yang dia minta, bahkan jika itu bertentangan dengan nilai-nilainya sendiri.

Seorang penggemar seni bela diri yang pernah berlatih dengan pasangan dan hanya memberikan nama depannya sebagai Bob, mengatakan: Upacara ini dilakukan dengan sangat serius di dunia seni bela diri." Dia menambahkan bahwa Victor merawat Zara serta korbannya yang lain. Dia menggunakan kekuatan dan pengaruhnya sebagai master seni bela diri untuk mendominasi dan mengontrol gadis-gadis muda.

4 dari 4 halaman

Pembelaan

Penggemar seni bela diri Paul, yang pernah berlatih dengan pasangan itu, mengatakan bahwa Zara sangat pandai seni bela diri dan sudah memiliki sabuk hitam pada saat dia mulai di akademi Victor.

"Dia langsung bersinar padanya dan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk perkembangannya. Jelas bahwa dia adalah murid favoritnya, dan dia memuja tanah yang dia pijak," kata dia.

Dia menambahkan, sangat aneh ketika ia mengetahui bahwa Viktor dan Zara memiliki hubungan karena perbedaan usia.  Fakta bahwa dia adalah seorang tokoh seni bela diri senior.  Victor dan Zara berteman dengan master seni bela diri terkemuka lainnya Paul Drury yang dipenjara selama 15 tahun pada 2015 karena memperkosa seorang gadis sesaat sebelum ulang tahunnya yang ke-13 di rumahnya.

Penggemar seni bela diri lain, Francis McGrath, membela Victor. Ia menilai bahwa kedua korbannya mungkin telah 'berkolusi' satu sama lain. Ia mengatakan bahwa gadis pertama telah 'memberi' nama gadis kedua kepada detektif.