Sukses

Di Mana Lokasi Kantor Pos Terpencil di Dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Para petualang telah melamar pekerjaan di kantor pos terpencil di dunia. Letaknya di Antartika dengan deskripsi pekerjaan, termasuk menghitung penguin.

Kantor pos di Port Lockroy, juga dikenal sebagai Kantor Pos Penguin. Kantor pos tersebut mencari pemimpin tim yang "inspirasional dan kuat" yang akan menjaga empat hingga lima orang dan membantu mereka menjalankan operasi musiman di tempat tersebut, dikutip dari laman Mirror, Selasa, 10 Mei 2022.

Namun, bekerja di Base A memiliki tantangan tersendiri. Mereka harus bekerja di atas suhu beku, yang hanya beberapa derajat di atas nol hampir setiap hari. Karyawan tinggal di Pondok Nissen yang dibangun khusus. Mereka berkomunikasi terbatas dengan dunia luar dan tidak memiliki akses ke air yang mengalir.

Kapal-kapal yang berkunjung akan menawarkan mandi setiap beberapa hari. Namun, ketika kondisinya buruk, staf mungkin harus pergi hingga dua minggu tanpa mandi.

Dalam keadaan darurat, evakuasi medis ke rumah sakit bisa memakan waktu hingga tujuh hari. Tercatat dalam deskripsi pekerjaan, siapapun yang ingin bekerja di Port Lockroy harus mampu secara fisik dan mental.

Sebagai pemimpin tim, ia akan diserahi beberapa tanggung jawab termasuk mengatur staf, menghitung penguin, menyortir surat dan menjual prangko, serta mengawasi tampilan museum. Dalam iklan pekerjaan di Twitter, UK Antarctic Heritage Trust yang menjalankan situs tersebut mengatakan: "Mimpi bangun dan melihat Antartika dengan segala kemegahannya?"

"Penguin berjalan lamban, matahari mengintip di atas salju di puncak gunung. Pekerjaan yang tiada duanya. Bergabunglah dengan kami dan bantu melindungi warisan Antartika dan melestarikan lingkungannya yang berharga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tinggi Peminat

Ratusan orang menyatakan berminat untuk bekerja di Kantor Pos Penguin. Lembaga tersebut berharap jumlah mereka yang melamar di kantor pos tersebut lebih tinggi lagi.

Setiap tahun lebih dari 18.000 pengunjung berduyun-duyun ke Port Lockroy, yang merupakan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di Antartika. Destinasi itu juga termasuk sumber pendapatan utama.

Di Port Lockroy terdapat Pangkalan A yang didirikan pada 1944 dan dioperasikan sebagai stasiun penelitian Inggris. Tempat itu ditutup pada 1962. Meski begitu, sejarah dan kontribusinya pada ilmu pengetahuan Inggris membuat pemerintah menetapkan status Situs dan Monumen Bersejarah (HSM) No. 61 di bawah Perjanjian Antartika.

Pada 1996, Port Lockroy dipugar sebagai "museum hidup". Sejak itu, tempat tersebut telah beroperasi selama musim panas Australia sebagai situs pengunjung yang menyambut mereka yang melakukan perjalanan ke Antartika dengan kapal ekspedisi dan kapal pesiar.

 

3 dari 4 halaman

Antartika

Banyak hal unik dan menarik tentang Bumi. Di Bumi ada sangat banyak tempat dengan lokasi terpencil, sulit dijangkau dan memiliki iklim yang ekstrem seperti Benua Antarktika. Seluruh orang di bumi juga tentu setuju bahwa Benua Antarktika merupakan salah satu tempat paling misterius di bumi.

Antartika adalah benua yang berada di belahan bumi selatan. Di dalam bola dunia, letaknya pada bagian bawah. Luasnya hampir sepersepuluh dari seluruh permukaan bumi dan diselimuti es setebal 1.500 meter atau lebih. Kutub Selatan tepatnya berada di tengah-tengah Antartika, dilansir dari puspendik.kemendikbud.go.id, Selasa, 10 Mei 2022.

Antartika adalah benua yang terdingin, terkering, tertinggi, dan paling berangin. Hanya sedikit orang yang tinggal di daerah itu. Para ilmuwan tinggal hanya beberapa saat saja, mereka hidup di sebuah tempat yang khusus dibangun untuk penelitian.

Musim panas di Antartika berlangsung antara Oktober sampai Maret. Pada waktu ini, hari selalu terang, seterang siang. Pada musim dingin, yaitu bulan April sampai September, kejadian sebaliknya terjadi. Antartika selalu gelap, segelap malam selama enam bulan.

4 dari 4 halaman

Penguin

Meski musim panas, di Antartika selalu dingin. Bagian yang paling dingin adalah di Kutub Selatan. Suhu rata-rata pada Januari, di tengah-tengah musim panas, adalah minus 28 derajat Celsius (biasa ditulis -28oC). Artinya, suhu di sana lebih dingin dari suhu titik beku, yaitu 0oC.

Pada musim dingin, April sampai September, suhu rata-rata di Kutub Selatan bisa mencapai -89 derajat Celcius. Pada suhu sedingin itu, segelas air mendidih yang dilemparkan ke udara akan langsung membeku sebelum air itu jatuh ke permukaan es.

Sementara itu, jumlah penguin lebih banyak di Antartika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Mereka tidak dapat terbang tetapi menggunakan sayap pendeknya sebagai sirip untuk berenang. Mereka adalah perenang yang hebat. Di daratan, mereka berjalan atau bergerak dengan melompat-lompat pendek.

Penguin berbulu lebat. Bulu ini, bersama dengan bulu wol yang ada di bagian dalam, ditambah dengan kulitnya yang tebal dan berlemak, dapat menjaga mereka dari udara, angin dan air yang dingin. Untuk menambah kehangatan, mereka hidup berkelompok.