Sukses

Mudik Diam-diam Setelah 4 Tahun Merantau, Respons Ibunya Bikin Warganet Ikut Terharu

Ardi memutuskan untuk mudik di momen Lebaran, ia langsung memesan tiket pesawat untuk pulang kampung dan bertemu ibunya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua orang bisa mudik Lebaran tiap tahun dengan berbagai alasan. Saat anak merantau dan tak kunjung kembali, orangtua biasanya menyimpan kerinduan yang mendalam.

Bertemu sang anak setelah sekian lama tentu akan membuat para orangtua sangat gembira. Seorang pria akhirnya mudik tanpa memberitahu sang ibu usai empat tahun merantau.

Momen ini ia bagikan melalui akun TikTok @sf_stonef. Dalam unggahan itu, awalnya ia mendapat SMS dari ibunya yang memintanya untuk lebaran di rumah.

"Ady di mana? Kerja baik-baik, bisa ke Palu lebaran kumpul dengan Mama di sisa umur Mama sekarang. Amin," tulis sang ibu dalam pesan singkatnya. Pria bernama Ardiansyah ini tidak menjelaskan kenapa ia tidak mudik selama empat tahun.

Namun di tahun ini ia mengambil keputusan lain. Ardi memutuskan untuk mudik di momen Lebaran. Tanpa pikir panjang, keesokan harinya pria ini langsung memesan tiket pesawat untuk pulang kampung.

Ia pergi dari Lampung ke Palu tanpa memberi kabar ke ibunya. Ia transit selama 14 jam di Jakarta sebelum akhirnya terbang ke Palu. Setelah menempuh perjalanan panjang, ia akhirnya sampai di rumah.

Pria ini mengetuk pintu rumah dan mengucap salam untuk bertemu sang ibu. Setelah beberapa saat, akhirnya pintu dibuka. Ardi mengulurkan tangan dan ibunya sempat terdiam sejenak untuk memperhatikan siapa tamu yang datang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengandung Bawang

Sejenak ibu itu merasa ragu karena sudah lama tidak bertemu anaknya. Ketika menyadari itu adalah anaknya, mereka pun berpelukan dengan hangat.

"Buat teman-teman janganlah kalian siksa orangtua kalian dengan kerinduan selagi mereka masih ada. Pulanglah lebaran bareng mereka, dan meminta maaf kepada mereka," tulisnya dalam video itu. Lebaran kali ini tak ada sosok ayah di rumah karena sudah berpulang lebih dulu.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 1 Mei 2022 ini.

"Kalau bahas orang tua terutama ibu, air mata langsung netes," komentar seorang warganet.  "Video ini mengandung bawang huhu," ujar warganet lainnya.

"Baik, Bang. Terima kasih sudah diingatkan. Besok aku usahakan untuk pulang kampung," komentar warganet lainnya di kolom komentar. Sampai berita ini dimuat, video tersebut sudah ditonton lebih dari 7,3 juta kali dan disukai lebih dari 708 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Jangan Dilupakan

Ada berbagai hal yang harus disiapkan sebelum mudik. Bagi umat muslim ada satu hal yang sebaiknya tidak boleh dilupakan meski semua persiapan sudah dilakukan, yaitu berdoa.

Doa-doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan, dalam hal ini mudik, perlu diketahui setiap muslim. Mereka yang hendak melakukan perjalanan demi kebaikan, sebaiknya membaca doa perjalanan terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan agar perjalanan, baik perjalanan dekat maupun jauh bisa bisa lancar terhindar dari gangguan hingga selamat sampai tujuan. Membaca doa dalam perjalanan menjadi salah satu amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dengan membaca doa perjalanan ini, diharapkan mereka yang membacanya dapat memberi rasa aman dan keselamatan saat melakukan perjalanan, baik jalan kaki maupun saat dalam kendaraan.

Seperti dilansir dari merdeka.com, doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan menjadi amalan terpuji yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

4 dari 4 halaman

Doa Sebelum Mudik

Hal ini sebagai bentuk permohonan yang ditujukan kepada Allah SWT agar senantiasa diberi keselamatan dan perlindungan selama perjalanan, dikutip dari laman merdeka.com. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa saat sedang dalam perjalanan, baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Berikut ini bacaan doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan dan artinya: Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah").

Berikut doa yang perlu dibaca saat melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik. Doa ini dibaca agar mereka yang melakukan perjalanan dimudahkan dan dilancarkan perjalanannya hingga sampai ke tujuan bertemu keluarga dan orang-orang tercinta dengan aman dan selamat.

"Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli".(Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.