Sukses

Tampil Pertama Kali di Met Gala Setelah 21 Tahun, Hilary Clinton Pakai Gaun Bermakna Khusus

Di Met Gala 2022, Hillary Clinton mengenakan gaun berwarna merah rancangan Joshep Altuzzara yang disulam dengan nama-nama perempuan penting dalam sejarah AS.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan menteri luar negeri dan Mantan calon presiden Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton kembali tampil di Met Gala 2022. Hillary terakhir kali datang di ajang mode bergengsi tersebut pada 2001 atau 21 tahun lalu.

Tahun ini, istri mantan Presiden AS Bill Clinton itu memakai gaun berwarna merah rancangan Joshep Altuzzara yang disulam dengan nama-nama perempuan penting dalam sejarah AS yang ia kagumi.

"Sewaktu memikirkan tentang gaun, saya berbicara dengan Joshep Altuzarra, seorang desainer muda hebat seperti yang Anda tahu. Dia menyarankan beberapa sulaman beberapa kata-kata yang bermakna," ungkapnya, dilansir dari NY Post, Senin, 2 Mei 2022.

"Saya bilang 'Bagaimana kalau nama-nama perempuan Amerika di masa lalu yang menginspirasi saya?'," ucapnya. Hillary kemudian menyebut sejumlah nama perempuan AS yang tercantum di gaun merah tersebut.

Mereka adalah Abigail Adams (istri Presiden kedua AS John Adams), Sacajawea (perempuan suku Indian anggota ekspedisi jalur Amerika Utara-Pasifik 1800-an).  Selain itu, ada nama tokoh lainnya yaitu, Harriet Tubman (aktivis antiperbudakan di masa perang saudara AS), serta Eleanor Roosevelt (aktivis, istri Presiden AS Franklin D. Roosevelt).

"Saya tidak akan mengisi seluruh gaun jadi saya putuskan untuk tetap dengan nama perempuan yang tidak lagi bersama kami karena sangat tidak mungkin membuat satu gaun berisi semua orang yang saya kagumi," jelas Clinton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selimut Persahabatan

"Saya pikir akan jadi momen bersejarah untuk mengenakan gaun seperti itu dan benar-benar sesuai dengan kondisi malam ini," sambungnya.  Menurut Hillary, sulaman nama di gaunnya itu mengingatkan Altuzarra pada "selimut persahabatan yang digunakan wanita untuk menyulam ucapan atau frasa atau nama keluarga atau teman.

Wanita berusia 74 tahun tersebut memutuskan untuk menghindar dari pembicaraan politik selama wawancara singkat di red carpet. Met Gala sendiri digelar pada Senin, 2 Mei 2022 di The Metropolitan Museum of Art, New York, AS, waktu setempat.

Met Gala biasanya diselenggarakan di slot waktu akhir pekan pertama bulan Mei, setelah diundur karena pandemi Covid-19. Dikutip dari Independent, Selasa (3/5/2022), acara mode tahunan ini digelar pada 13 September tahun lalu dan dibatalkan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Pada Met Gala 2022, hampi 400 selebritas yang menghadiri acara dan berjalan di karpet merah di tangga Metropolitan Museum of Art. Tema tahun ini adalah "In America: An Anthology of Fashion," dengan dress code yang tercantum pada undangan sebagai "Gilded Glamour,".

3 dari 4 halaman

Penampilan Terbaik

Pada Met Gala 2022, hampi 400 selebritas yang menghadiri acara dan berjalan di karpet merah di tangga Metropolitan Museum of Art. Tema tahun ini adalah "In America: An Anthology of Fashion," dengan dress code yang tercantum pada undangan sebagai "Gilded Glamour,".

Ini merupakan bagian kedua dari pameran dari Costume Institute museum.  Bagian pertama dari pameran, "In America: A Lexicon of Fashion," adalah tema Met Gala 2021.

Seperti biasa, Anna Wintour dari Vogue akan menjalankan gala, seperti yang dia lakukan sejak 1995.  Wintour juga telah mengatur daftar tamu selebritas untuk malam penyelenggaraan. Dari sederet pesohor dunia, ada beberapa yang menyuguhkan penampilan terbaik di karpet merah Met Gala 2022.

Salah satunya adalah Blake Lively. Bintang The Gossip Girl ini tak hanya hadir sebagai undangan, tapi ia juga didaulat untuk co-hosting Met Gala 2022. Ia tampil dalam balutan gaun tembaga dari Versace dengan ekor panjang dan melilit.

4 dari 4 halaman

Mengubah Tampilan

Blake melengkapi pakaiannya dengan sarung tangan tembaga, anting-anting perak, dan tiara. Suaminya Ryan Reynolds mengenakan jaket dan celana hitam serta kemeja putih dan dasi kupu-kupu.

Menariknya Lively mengubah cepat tampilannya di karpet merah. Ia tampak menampilkan gaun biru dan tembaga dan mengganti sarung tangan tembaganya dengan yang biru.

Selain itu, ada Gigi Hadid yang berpose dalam balutan gaun merah dan jaket puffy besar dari Versace. Ia menyempurnakan penampilannya dengan lipstik merah tua dan kalung, karena rambutnya di updo.

Sementara, Model Kaia Gerber berpose dalam balutan gaun sheer silver dengan detail cut-out di kedua sisinya oleh Alexander McQueen. Rambutnya ditata dengan sentuhan curly dan menampilkan dua klip perak sebagai hiasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.