Sukses

Ketika Perajin Kain Daerah Berkolaborasi dengan Desainer di Panggung MUFFEST+ 2022

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak keseruan tercatat di hari kedua penyelenggaraan MUFFEST+ 2022, Jumat, 22 April 2022. Salah satu sesinya menampilkan peragaan busana hasil kolaborasi perajin kain dan desainer daerah maupun nasional.

Fashion show ini, menurut keterangan pada Liputan6.com, Sabtu (23/4/2022), merupakan persembahan tujuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI). Mereka adalah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh X Syukriah Rusydi dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat X Andine dan Muthis by Midio.

Juga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon X Wignyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur X Bootcamp Wastra Jatim 2022, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau X Wignyo. Tidak ketinggalan, ada juga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau X Andi Fitri Hartuti.

Melengkapi daftar tersebut, yakni Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo X TutyAdib, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jember X Wignyo, serta Kantor Perwakilan Provinsi Jember X Sanet Sabintang X Isyam Syamsi.

Ada pula Dekranasda Kota Malang yang mendukung desainer asal daerah mereka, yakni Alfatir Muhammad X Dian Likos dan Mysuga X Yeti Topiah. Pergelaran busana hasil kolaborasi apik ini memperlihatkan koleksi fesyen muslim yang menggunakan kain-kain unggulan dari masing-masing daerah dengan sentuhan desain dan tren global.

Tidak berhenti di situ, rangkaian acara MUFFEST+ kemarin juga memberi panggung pada siswa dan alumni institusi pendidikan maupun pelatihan mode untuk menampilkan karya terbaik mereka. Zelmira SMK NU Banat Kudus, SMKN 3 Blitar, Balai Besar Pengembangan Vokasi dan Produktivitas Semarang yang didukung Kementerian Ketenenagakerjaan (BBPVP Semarang), Telkom University, dan Universitas Kristen Maranatha memastikan keikutsertaan mereka dalam sesi tersebut.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Konsep Fesyen Berkelanjutan

Parade karya desainer dan brand yang mengacu pada konsep berkelanjutan, baik melalui penggunaan material lokal berupa kain tradisional maupun pengolahan bahan dan produksi ramah lingkungan, pun tidak absen pada hari ke-2 MUFFEST+ 2022.

Puan Indonesia, Nina Batik Indramayu X Febby Antique, Lase-Armoire by Yurita Puji, Haitwo by Temmi Wahyuni, Oleander by Ribie, Identix by Irma Susanti, DMahen X Ng’Ruit by Mahendra X Henni, Aden Hijab, dan Anggia Handmade telah memperlihatkan koleksi mereka dalam kategori tersebut di panggung parade busana muslim tahunan tersebut.

Keseruannya disusul peluncuran "Raya Collection" oleh Blibli. Kali ini, pihaknya menghadirkan kolaborasi antara lini busana dengan perusahaan tekstil GISTEX yang mendukung koleksi dari dua brand kenamaan, Benang Jarum dan Kami.

Selain fashion show yang digelar di panggung utama, MUFFEST+ 2022 juga melaksanakan kegiatan talkshow antara lain Hijabers Mom Community yang mengadakan bincang-bincang inspiratif bertema "Keranjang Mommies by Founder HMC" dengan pembicara tamu Via Soenarto.

3 dari 4 halaman

Terselenggara Hybrid

Dengan konsep hybrid, kegiatan MUFFEST+ 2022 dilakukan secara offline pada 21--23 April 2022 di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sementara itu, acara ini juga bisa disimak secara virtual melalui kanal YouTube Muslim Fashion Festival dan Instagram Live di akun @muslimfashionfestival.

Dengan mengangkat tema "Muslim Fashion, Muslim Lifestyle," event ini berupaya mengajak para pelaku usaha fesyen muslim dan konsumen untuk lebih bertanggung jawab dengan memperhatikan konsep fesyen berkelajutan sebagai suatu gaya hidup.

Pihaknya mencatat, penerapan konsep berkelanjutan, yang notabene telah jadi isu global, menjadikan produk fesyen muslim Indonesia memiliki kekuatan untuk memasuki pasar dunia. MUFFEST+ 2022 sendiri merupakan persembahan Indonesian Fashion Chamber (IFC) yang penyelenggaraannya didukung Kinarya Cipta Kreasi.

"Para pelaku industri ini diharapkan konsisten menawarkan gaya fesyen muslim Indonesia sebagai suatu gaya hidup yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia. Dengan begitu, akan memperkuat posisi Indonesia di industri fesyen muslim dunia," ucap Ali Charisma, National Chairman IFC, dalam jumpa pers virtual, 13 April 2022.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Acara MUFFEST+ 2022

Secara keseluruhan, MUFFEST+ 2022 akan menghadirkan rangkaian acara berupa fashion show dengan menampilkan karya lebih dari 100 desainer, trade-expo dengan lebih dari 200 partisipan, serta rangkaian seminar tren dan talkshow.

Tahun ini, MUFFEST+ menargetkan 40 ribu pengunjung dan nilai transaksi mencapai Rp35 miliar. Keseluruhan koleksi yang ditampilkan meliputi ragam gaya busana muslim, mulai dari konvensional, kontemporer, sampai syar'i.

Koleksi-koleksi yang akan ditampilkan antara lain karya dari Hannie Hananto, Lisa Fitria, Vivi Zubedi, Deden Siswanto, Rosie Rahmadi, Monika Jufry, Irmasari Joedawinata, Syukriah Rusydi, Opie Ovie, Batik Chic, Benang Djarum Couture, Jenna Kaia, Lace by Artkea, kami., Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, dan Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang.

MUFFEST+ 2022 juga menggandeng delapan orang spoken person dari kalangan desainer maupun selebritas. Mereka adalah Dewi Sandra, Dian Pelangi, Dinda Hauw, Irish Bella, Ria Miranda, Itang Yunasz, Khanaan, dan Nycta Gina. Koleksi produk para spoken person pun ditampilkan dalam fashion show dan dapat ditemukan di trade-expo.