Sukses

Heboh Wanita Penjaga Biarkan Anak Pipis di Botol Saat Berada di Food Court

Tidak sedikit warganet mempertanyakan apakah salah membiarkan si anak buang air kecil di depan umum.

Liputan6.com, Jakarta - Foto seorang anak yang sedang pipis di sebuah food court di Tiong Bahru Plaza, Singapura menimbulkan pro kontra warganet. Narasinya kebanyakan berputar pada apakah salah membiarkan si anak buang air kecil di depan umum, lapor AsiaOne, Selasa (19/4/2022).

Dalam foto Facebook yang dibagikan Liz Lun, akhir pekan lalu, tampak seorang anak laki-laki menarik bajunya sambil ibu penjaganya menampung air seni si bocah di botol wadah es kacang. Terkejut dengan gambar itu, seorang pengguna berkomentar, "Mengapa seperti itu? (Toilet) hanya (berjarak kurang dari satu) menit (berjalan kaki)."

Dalam komentarnya, beberapa pengguna menyalahkan wanita itu atas perannya membiarkan si anak buang air kecil di depan umum. Salah satunya menuliskan, "Mungkin di zamannya anak-anak seperti itu, tapi sekarang (kita berada di) zaman yang berbeda."

Namun demikian, warganet lain berpendapat bahwa jika wanita itu membawa si bocah itu toilet, ia berisiko kehilangan semangkuk dessert es kacang yang sudah dibayar. Pengguna lain beralasan bahwa mungkin itu darurat dan wanita penjaga tersebut tidak punya pilihan.

"Tapi ia setidaknya harus membiarkan anak itu berdiri di lantai daripada berdiri di kursi seperti itu," tulisnya.

Kejadian serupa sebelumnya sudah lebih dulu menghebohkan warga jagat maya. Lewat video singkat di TikTok yang diunggah pengguna @nzkiia, tampak sampah popok bayi seolah ditinggalkan di meja sebuah restoran.

Ia menulis, "Apa susahnya sih dibuang ke tempat sampah. Masa ditinggal gitu aja di bawah meja yang mana orang lagi rame bgt loh, even benar ada yg ngebersihin tapi masa iya popok. Itu bukan sampah makanan loh. Maaf ini cuman pendapat saya saja."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Ragam Komentar

Dalam rekaman berdurasi tujuh detik tersebut, sampah popok bayi itu berada di bawah meja yang terdapat makanan-makanan yang sepertinya tidak habis dimakan. Dalam komentar tambahan, si pemilik akun menuliskan, "Saya share video ini bukan maksud apa apa, buat jadi pelajaran untuk kita semua biar ga ada lagi yang seperti ini."

"And thanks to bu ibu yang udah komen. Banyak banget pelajaran yang saya dapat, how to treat baby lagi diajak jalan terus keadaannya begini, walaupun belum jadi ibu-ibu," imbuhnya.

Si pemilik akun menambahkan dalam komentar tersebut, "Masih stay positif mungkin ibunya lupa, dan yang nanyain ga ada toilet di situ? Jawabannya 'ada.' Ini tuh resto yang lumayan high class, fasilitas lengkap."

Unggahan yang sampai artikel ini ditulis sudah ditonton ribuan kali itu pun menuai berbagai komentar. Tidak sedikit pengguna yang justru memberikan tips bagaimana mempersiapkan kebutuhan anak saat berada di luar rumah.

3 dari 4 halaman

Nasihat Warganet

Salah satu warganet menulis, "Pentingnya bawa kresek sepaket sama pampers klo pada punya bayi + tisuu basah jangan lupa." Ini disepakati pengguna lain. Ia berkomentar, "Itulah alasanku ke mana-mana bawa kresek kecil. Sumpah berguna banget kalo misal ke mana-mana (ga cuma ke resto aja). Bisa jadi tempat sampah, tempat baju kotor, dan lain-lain."

Ada juga yang berkomentar, "Lagian bersihin popok kok ga ke kamar mandi sih? Bisa-bisanya ganti popok di tempat rame." "Baru tadi pas buka puasa di luar. Pas lagi makan ada anak kecil yg pup trus ganti popok nya di tempat makan ga dibawa ke kamar mandi," imbuh pengguna lain.

Di salah satu komentar, si pemilik akun menimpali, "Yang aku lihat juga ibunya masih muda. Mungkin new mom kali yah." Ada juga yang menuliskan, "Kalo ada kejadian ngebersihin popok di tempat makan, tapi gak di kamar mandi kita komplain boleh gak sih? Tapi takutnya malah kita yang diocehin."

4 dari 4 halaman

Kasus Lainnya

Bukan buang sampah popok bayi, perkara mengganti pokok di meja restoran nyatanya pernah jadi debat online, beberapa waktu lalu. CBC melaporkan, kisah seorang ibu di Ottawa, Kanada jadi pemicu kontroversi tersebut.

Dilaporkan bahwa ibu itu "dihukum" karena mengganti popok bayinya di meja restoran. Ini telah memicu berbagai dukungan, kemarahan, dan rasa jijik secara online setelah ditayangkan di program Ottawa Morning.

Debatnya bahkan sampai membuat petisi untuk menuntut semua bisnis di Ontario untuk memasang meja ganti bayi, termasuk restoran, pusat komunitas, dan bioskop. Perubahan pada Ontario Building Code yang berlaku sejak Januari 2015 mengharuskan restoran yang baru dibangun dan lebih besar untuk memiliki kamar kecil keluarga dengan meja ganti pokok bayi.

Tapi, aturan tersebut kala itu tidak berlaku untuk bisnis yang lebih tua. Salah satu warganet berkomentar, "Jika restoran tidak memiliki meja ganti popok, itu adalah kesalahan mereka. Di mana lagi orangtua harus mengganti popok bayinya, lantai kamar mandi?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.