Sukses

Fashion Show Virtual 15 Desainer Lokal Jelang Lebaran, Bawa Tema Inklusif ke Atas Panggung

Koleksi 15 desainer lokal ini akan ditampilkan dalam rangka menyambut Lebaran di fashion show Lazada Amanah.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran yang biasanya dirayakan dengan memakai baju baru, dimanfaatkan Lazada dengan menggelar fashion show virtual. Calon konsumen bisa menikmati rangkaian koleksi dari 15 desainer lokal terpilih lewat fitur LazLive.

Fashion show itu digelar selama dua hari: 18--19 April 2022. Kinanti Septianandayani, Category Manager Women’s Shoes & Clothing Lazada Indonesia, menyebut inklusivitas sebagai tema besar pergelaran busana tersebut.

"Ini dilatarbelakangi, mulanya dari busana itu sendiri. Pakaian itu adalah media untuk setiap individu mengekspresikan diri, menunjukkan jati dirinya. Dengan perbedaan ini, enggak dijadikan batasan, tapi kita akomodasi kemauan customer yang berbeda-beda," ia menerangkan dalam jumpa pers virtual pada Selasa, 12 April 2022.

Sesuai temanya, fashion show itu bakal menghadirkan beragam kategori baju lebaran, didasarkan pada potongan busana, pilihan warna, ukuran bentuk tubuh yang variatif, serta usia dan jenis kelamin. Total ada enam kategori yang dihadirkan dalam show yang tidak hanya menyasar konsumen dari Indonesia, tetapi juga Malaysia.

"Proses kurasinya kita benar-benar dengerin customer. Kita coba nambahin apa yang belum di-highlight di fesyen muslim. Pastel, motif, kita tambahi juga dengan edgy atau plus size. Kita tambah koleksi pria, juga anak-anak, supaya lengkap," ujarnya.

Koleksi itu tersedia eksklusif di Lazada hingga 25 April 2022. Show digelar daring mulai pukul 20.00 hingga 21.00 WIB. Konsumen bisa langsung bertransaksi selama fashion show berlangsung bila ada busana yang disukai.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Kategori

Total ada enam kategori busana yang dihadirkan. Keenam kategori itu adalah:

1. Female Pastel - Menonjolkan penggunaan warna-warna lembut, pecinta fesyen di Lazada bisa menyaksikan keluaran terbaru dan eksklusif dari Hijab Wanita Cantik, Gamaleea, dan Nada Puspita.

2. Female Edgy - Berkolaborasi dengan Nadjani dan Jiniso, Lazada menyajikan koleksi busana kekinian yang membuat pemakainya terlihat unik, berani, dan berbeda.

3. Disney Female - Lazada menggandeng Puru Kambera, Kids Icon, dan Rodeo Junior untuk menampilkan koleksi busana yang terinspirasi dari karakter Disney. Koleksi ini menyasar perempuan dan anak-anak.

4. Men and Couple - Tak ketinggalan, Lazada berkolaborasi dengan label fesyen Erigo, serta desainer kain artisan Adrie Basuki untuk merancang koleksi Ramadan eksklusif khusus bagi laki-laki.

5. Syar’i - Untuk kebutuhan busana Muslim yang memesona, Elzatta dan Kakha Series turut hadir memeriahkan Lazada Ramadan Fashion Show dengan menampilkan deretan produk fesyen syar’i yang nyaman dipakai.

6. Pastel Pattern - Melihat tren fesyen yang menonjolkan tampilan warna dan motif yang berani, Lazada juga merangkul Zoya, Diario, dan ZM by Zaskia Mecca untuk bermain dengan padu-padan warna dan motif yang menarik hati setiap pemakainya.

3 dari 4 halaman

Busana Sarimbit

Salah satu yang berpartisipasi dalam fashion show malam nanti adalah brand busana muslim Elzatta. Merek yang berbasis di Bandung itu akan kembali mengeluarkan koleksi sarimbit untuk menyambut Lebaran 2022.

"Elzatta dari 10 tahun lalu selalu keluarkan koleksi sarimbit. Kita hadirkan untuk support keluarga muslim Indonesia," ujar Tika Mulya, Head and Marketing Elzatta.

Kali ini, mereka menghadirkan dua jenis motif yang masing-masing terinspirasi dari batik papua dan batik toraja. Desainnya mengikuti kemauan pasar Indonesia.

"Busana muslim sudah pasti harus inklusif. Sebagai brand, kita tidak mau hanya menyampaikan, tetapi mendengar apa yang diinginkan market Indonesia," sambung Tika.

Motif batik itu dikombinasikan dengan motif bunga yang menjadi ciri khas Elzatta. Namun, motif bunganya tidak terlalu menonjol, sehingga pemakainya bisa lebih percaya diri mengenakannya dalam keseharian. Selain berbeda motif, model yang dihadirkan juga terbagi dua tipe, yakni festive dan kasual.

4 dari 4 halaman

Kasual Bisa, Elegan Bisa

Tika menerangkan dua tipe itu hadir sebagai adaptasi dari situasi pandemi. Untuk edisi Raya, busana yang dihadirkan lebih terlihat mewah dengan penggunaan satin dan motif batik dari timur Indonesia. Sementara, koleksi kasual menggunakan bahan katun yang lebih menyerap keringat.

"Salah satu pelajaran dari pandemi, bila biasanya di lebaran kita hectic, banyak berkunjung ke rumah orang. Tapi karena pembatasan, orang enggak ke mana-mana dan mereka mau (berpenampilan) lebih kasual. Tapi, supaya lebih kelihatan festive, kita beri pemanis dengan bordir," ia menjelaskan.

Hal senada juga diungkap Tria Yusrina, Fashion Designer Puru Kambera. Meski lebaran mendatang warga sudah bisa berkumpul dengan keluarga, mereka tetap menginginkan kenyamanan dalam berbusana. "Jadi lebih bisa leluasa digunakan dengan material yang lebih nyaman," kata dia.

Puru Kambera rencananya akan menghadirkan koleksi basic yang lebih mudah dipadupadankan bertema Disney. Ada delapan warna yang dihadirkan mewakili karakter putri-putri Disney. Bahannya dikombinasikan dengan organza agar terkesan elegan ditambah aksen bordir sebagai pemanis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.