Sukses

6 Fakta Pernikahan Beda Agama Staf Khusus Jokowi Ayu Kartika Dewi

Ayu Kartika Dewi, Stafsus Presiden Jokowi, melangsungkan pernikahan pada Jumat (18/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ayu Kartika Dewi jadi perbincangan hangat. Itu terjadi terkait pernikahan beda agamanya dengan Gerald Bastian.

Ayu membagikan kabar pernikahan beda agama dengan Gerald lewat akun Instagram pribadinya. Gerald diketahui sebagai co-founder Kok Bisa.

Perempuan berusia 38 tahun itu dikenal sebagai aktivis. Wanita kelahiran Banjarmasin, 27 April 1983 ini merupakan alumnus Duke University, Amerika Serikat.

Semasa jadi mahasiswa, Ayu dikenal sebagai mahasiswa berprestasi. Ia merupakan Peringkat Pertama Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga selama dua tahun.

Ia juga peringkat keempat Mahasiswa Berprestasi se-Universitas Airlangga pada 2003, seperti dilansir dari laman kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id. Di luar itu, masih banyak prestasi yang telah ditorehkan Ayu.

Berikut fakta pernikahan beda agama stafsus Jokowi, Ayu Kartika Dewi, dengan Gerald Bastian.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dua Tahun Pacaran

Ayu mengatakan ia menikah dengan Gerald setelah dua tahun pacaran. Dalam unggahannya, Ayu menulis bahawa ia pernah mencoba menulis 100 kriteria teman hidup yang ia inginkan.

"Butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa nulis sampai ke angka 100. Beberapa tahun kemudian, saya dikenalkan dengan orang ini. Ternyata dia memenuhi 97 dari 100 kriteria. Jadi, ya gitu deh," tulis Ayu.

Akad Nikah dan Pemberkatan

Dalam unggahan yang lain, Ayu membagikan kabar pernikahannya dengan Gerald. Pernikahan mereka berlangsung secara Islam dan Kristen, akad nikah dan pemberkatan.

"congrats Ayu so happy for you!!!!!," tulis Belva Devara, yang juga pernah menjadi Stafsus Presiden Jokowi. "Selamat mbak Ayu & mas Gerald," komentar warganet yang lain.

3 dari 6 halaman

Tak Terima Karangan Bunga, Hadiah Barang, atau Uang

Dalam unggahan yang lain, Ayu menyebutkan bahwa ia dan Gerald tak menerima karangan bunga, hadiah barang, ataupun uang/angpau. Ia juga memberikan link live stream prosesi akad nikah dan pemberkatan.

"Jika rekan-rekan berkenan memberikan kado, silakan sampaikan di link ini. Nanti Ayu dan Gerald akan berdiskusi dengan tim KitaBisa untuk menyalurkan 100% dana yang terkumpul kepada aktivitas sosial pilihan kami," tulis Ayu.

 

4 dari 6 halaman

Akad Nikah

Akad nikah berlangsung pada 18 Maret 2022. Gerald menyerahkan maskawin berupa bitcoin sebesar Rp3 juta--Rp4 juta. "Berapa jumlah maskawinnya?" tanya penghulu. "Sekitar Rp3 juta hingga Rp4 juta," ucap Gerald.

Busana Putih dan Hitam

Dalam akad nikah itu, Ayu mengenakan kebaya putih dengan bawahan bermotif. Ia tampak mengenakan hijab putih.

Sementara itu, Gerald mengenakan kemeja warna hitam. Ia melengkapi penampilannya dengan jas warna senada.

 

 

5 dari 6 halaman

Pemberkatan

Usai melangsungkan akad nikah, mereka juga melaksanakan pemberkatan. Acara tersebut berlangsung di Gereja Katedral, Jakarta.

Dalam acara itu, kedua orangtua Ayu hadir menyaksikan acara pemberkatan anaknya. Begitu juga dengan orangtua Gerald. Mereka sempat potret bersama.

6 dari 6 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.