Sukses

Cerita Kreator Pembuat Konten Tips Melamar Pekerjaan yang Meraih TikTok Awards Indonesia 2021

Konten berupa tips melamar pekerjaan yang dibagikan Vina, peraih TikTok Awards Indonesia 2021, bisa diterapkan dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Para kreator konten yang dinilai terbaik dan terpopuler di sejumlah kategori baru saja meraih penghargaan di ajang TikTok Awards Indonesia 2021. Acara penghargaan itu digelar pada 25 Februari 2022.

Sebanyak 15 kategori penghargaan diberikan pada para kreator yang terus menghadirkan inspirasi bagi para pengguna dan komunitas TikTok sepanjang 2021. Terdapat enam pemenang yang berhasil memperoleh voting terbanyak di sejumlah kategori "People's Choice."

Sementara itu, sembilan pemenang di kategori "Judge's Pick" dipilih berdasarkan kriteria penilaian para dewan juri TikTok Awards Indonesia 2021. Mereka antara lain adalah penyanyi Rossa dan aktor Arya Saloka.

Salah satu penerima penghargaan tahun ini adalah top kreator di bidang edukasi, Vina Muliana. Ia memenangkan kategori "Best of Learning and Education."

Mulai aktif pada awal 2021, Vina dikenal sebagai seorang kreator di bidang edukasi. Melalui akun TikTok personalnya @vmuliana, Vina membagikan tips dan trik seputar karier, berdasarkan pengalamannya bekerja di salah satu perusahaan BUMN di Indonesia.

Wanita yang juga merupakan pemenang None Jakarta 2014 ini dinilai telah menginspirasi banyak pengguna lain untuk semangat membangun karier, sekaligus membagikan konten bermanfaat. Dalam wawancara yang digelar secara virtual pada Jumat (4/3/2022), Vina mengungkap bahwa ia tergerak jadi kreator setelah mendengar cerita tentang banyaknya orang terpaksa kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

Berbekal ilmu, serta pengalaman mumpuni, Vina ingin memotivasi para pejuang karier untuk bangkit kembali lewat konten seputar tips melamar pekerjaan di perusahaan BUMN. Tidak disangka, konten tersebut mendapatkan tanggapan positif.

Bukan hanya bermanfaat, para pengguna yang mengikuti konten tersebut merasa tips yang dibagikan Vina bisa diterapkan dengan mudah. Berkat masukan yang terus diberikan para pengguna TikTok, Vina akhirnya memantapkan diri jadi kreator aktif dengan fokus konten seputar karier dan pengembangan diri sembari tetap bekerja penuh waktu di BUMN.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cari Inspirasi

"Sebenarnya sudah banyak kreator lain yang membahas tentang tips karir, tapi belum ada yang khusus tentang karir di BUMN. Di sinilah aku merasa bisa menunjukkan karakter dari konten-kontenku ke depannya lewat berbagai pengalaman yang aku dapatkan," terang Vina.

Demi menghasilkan konten berkualitas, Vina selalu semangat mencari inspirasi dan mengulik fitur-fitur di TikTok. Ia berusaha menyajikan konten yang terasa segar, lengkap dengan ciri khas dirinya, yaitu membacakan pertanyaan dari pengguna lain dari sudut pandang orang pertama, atau dibuat dalam bentuk sketsa yang diperankan sendiri oleh Vina.

Agar tetap konsisten mengunggah tanpa mengganggu jam kerja, Vina menyiasati hal ini dengan membuat konten di akhir pekan atau usai jam kerja. Dengan pembagian waktu seperti ini, Vina tidak hanya bisa mengurus pembuatan kontennya secara lebih efisien, tapi juga mengumpulkan banyak konten untuk diunggah selama beberapa minggu ke depan.

"Optimalisasi waktu, penentuan prioritas, serta tetap menjaga kesehatan jadi bagian yang penting dalam jadi kreator konten yang juga menjalani kerja kantoran seperti aku," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Konten yang Bermanfaat

Berkat kegigihan lewat konten positifnya, Vina kini sudah mendapatkan lebih dari 4 juta pengikut di TikTok. Ia juga kerap diundang menjadi narasumber untuk membagikan tips karier dan informasi lain seputar dunia kerja.

Vina juga menggandeng dan mengajak sesama kreator untuk membangun ekosistem platform digital yang positif, salah satunya melalui konten yang bermanfaat. "Aku senang sekali saat mengetahui bahwa konten yang aku sajikan mendapatkan apresiasi dari pengguna. Banyak yang mengatakan bahwa kontenku berguna untuk mereka," kata Vina.

"Ini juga jadi motivasi tersendiri bagiku untuk terus memberikan konten positif yang bermanfaat bagi sesama. Semoga penghargaan ini bisa menjadi pengingat bagiku dan kreator lainnya untuk terus menciptakan manfaat dari konten yang kita buat bersama," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Para Pemenang

Daftar Pemenang TikTok Awards Indonesia 2021:

 

Kategori People's Choice

Celebrity of the Year - Aurelie Hermansyah (@aureliehermansyahatta)

Musician of the Year - Lydora (@lydorabeneran)

Rising Star of the Year - Erika Richardo (@erikarichardo)

Popular Creator of the Year - Fuji (@fujiiian)

Popular Streamer of the Year - Adi Syahreza (@adi.syahreza)

Viral Song of the Year - It's Only Me (Kaleb J - @kalebjonath)

 

Kategori Judge's Pick

Creator of the Year - Rival (@rival_amir03)

Best of Comedy - Dwiki Afrilian (@dwikiafrilian_)

Best of Performer - Jerry Suyitno (@jerrypiko)

Best of Fashion & Beauty - Agustina Tamara (@tamaradai_)

Best of Lifestyle - Velia (@veliaveve_)

Best of Gaming - Saldy (@saldyaja_)

Best of Sports, Fitness & Wellness - Farhan Zubedi (@farhanzubedi)

Best of Learning & Education - Vina Muliana (@vmuliana)

Best of Foodie - Dimas Ramadhan (@dimsthemeatguy).

 

5 dari 5 halaman

Donald Trump Vs TikTok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.