Sukses

Intermittent Fasting, Diet Pilihan Melaney Ricardo yang Makin Langsing Jelang Usia 42 Tahun

Melaney Ricardo sempat berbagi cerita tentang penurunan berat badannya pada 2020 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Melaney Ricardo menjadi salah satu pesohor Tanah Air yang kerap membagikan sederet potretnya melalui akun Instagram pribadi. Adapun dalam foto tersebut, ia tampil dalam berbagai outfit dan dipuji warganet makin langsing.

Penurunan berat badan yang berhasil dicapai Melaney tentu bukan tanpa usaha. Melalui video yang sempat ia unggah pada April 2020 lalu, Melaney berbagi cerita mengenai pengalaman pribadinya menurunkan berat badan.

Pada awal video, menuliskan bahwa berat badannya saat itu 64 kilogram, setelah sempat melonjak 87 kilogram usai melahirkan anak pertama. Perempuan kelahiran 24 Februari 1980 itu juga percaya, menggunakan cara natural adalah hal terbaik untuk mendapat berat badan yang ideal.

"Buat gue yang paling cocok sampai saat ini yang gue lakukan adalah intermittent fasting," kata Melaney dalam video.

Kakak Roy Ricardo ini menyampaikan bahwa dirinya adalah pribadi yang suka bangun pagi. Setelah bangun, ia akan sarapan dengan porsi kecil.

"I'm a breakfast person, so I love waking up in the morning and having my breakfast, enggak gede-gede banget paling two slices of wheat bread atau pancake. Itu pun juga harus yang wheat semua," tambah Melaney Ricardo soal diet yang ia jalankan.

Dilansir dari Hopkins Medicine, Rabu (23/2/2022), dengan intermittent fasting, Anda hanya makan pada waktu tertentu. Puasa selama beberapa jam setiap hari atau makan hanya satu kali dalam beberapa hari dalam seminggu, dapat membantu tubuh Anda membakar lemak. Dan bukti ilmiah juga menunjukkan beberapa manfaat kesehatan.

Ahli saraf Johns Hopkins Mark Mattson, Ph.D., telah mempelajari intermittent fasting selama 25 tahun. Ia menyebut tubuh telah berevolusi untuk dapat hidup tanpa makanan selama berjam-jam, atau bahkan beberapa hari atau lebih lama.

Pada zaman prasejarah, sebelum manusia belajar bertani, mereka adalah pemburu dan pengumpul yang berevolusi untuk bertahan hidup dan berkembang untuk waktu yang lama tanpa makan. Mereka harus butuh banyak waktu dan energi untuk berburu binatang buruan dan mengumpulkan kacang-kacangan dan buah beri.

Ada beberapa cara berbeda untuk intermittent fasting, tetapi semuanya didasarkan pada pemilihan waktu makan yang teratur dan puasa. Misalnya, Anda mungkin mencoba makan hanya selama periode delapan jam setiap hari dan berpuasa untuk sisanya. Atau Anda mungkin memilih untuk makan hanya satu kali sehari dua hari seminggu. Ada banyak jadwal intermittent fasting yang berbeda.

Mattson menyampaikan setelah berjam-jam tanpa makanan, tubuh menghabiskan simpanan gulanya dan mulai membakar lemak. Ia menyebut ini sebagai peralihan metabolisme.

"Jika seseorang makan tiga kali sehari, ditambah camilan, dan mereka tidak berolahraga, maka setiap kali mereka makan, mereka menggunakan kalori itu dan tidak membakar simpanan lemak mereka," jelas Mattson. Intermittent fasting bekerja dengan memperpanjang periode ketika tubuh Anda telah membakar kalori yang dikonsumsi selama makan terakhir Anda dan mulai membakar lemak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cerita Melaney

Melaney Ricardo lantas mengabadikan momen saat ia sarapan pagi. Terdapat dua lapis roti gandum yang dipanggang untuk mendapatkan roti yang lebih garing. Ia juga menunjukkan pendamping makan rotinya, seperti butter dari sunflower oil. Jika sedang ingin rasa cokelat, Melaney akan menambahkan meses dark chocolate.

Ada pula kesukaan lain dari Melaney adalah almond spread dan selai nanas yang rendah gula. Sarapan roti tersebut juga ditemani oleh segelas teh.

"And then makan siang, ini adalah makan yang paling besar buat aku karena basically aku hanya makan besar sehari sekali," katanya.

Melaney mengganti nasi putih dengan nasi shirataki. Ia juga menyebut makanan berkalori rendah itu lebih enak jika disantap dengan sajian berkuah. "Aku bawa bekal kalau pergi makan jadi mamaku suka masakin dan menurut aku lebih bisa menghemat uang kita dan juga jauh lebih sehat," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Pujian

Melaney Ricardo juga menjelaskan mulai berpuasa jam 6 sore dan selama puasa bisa minum air putih. Sebelum berpuasa, ia makan satu tangkup roti atau buah untuk memiliki modal berpuasa. "Besoknya, gue baru makan jam sekitar setengah 10 atau jam 10 pagi," terangnya.

"Nah, kalau gue pengen workout pagi-pagi, biasanya gue cuma minum teh saja, gula sedikit atau enggak pakai gula sama sekali karena gue sebenarnya sekarang sudah cut down all my sugar," tambahnya. Diet Melaney juga dibarengi dengan olahraga, mulai dari berenang hingga treadmill.

Dalam sebuah potret yang diunggah Melaney pada awal Februari lalu, tak sedikit yang memuji penampilannya yang kian langsing. Kolom komentar pun dibanjiri pesohor hingga warganet.

"Kak melll syantik banget sumpah, ramping banget itu badan kak mel," tulis seorang warganet. "Cantik banget mbk... Body nya wow skr. sehat2 selalu, aamiin," lanjut lainnya.

"Cantik bgt,,, body goalssss," sambung warganet lain.

 
4 dari 5 halaman

Olahraga

Pada unggahan video lainnya di akhir Januari 2022, Melaney menyebut tak ada yang mustahil bila ada kemauan pasti ada jalan. "Makan sehat .. Disiplin Olahraga! Its never a Diet its a Lifestyle!" tulisnya kala itu.

Video singkat itu menampilkan potretnya dahulu dengan keterangan "before" dan potret yang tampak lebih ramping dengan keterangan "after". Potret itu diabadikan Melaney di tepi pantai.

Kala itu, ia terlihat mengenakan terusan tanpa lengan yang pas badan dan sembari berpose di tengah pancaran matahari. Sebelum video berakhir, menampilkan aksinya saat berolahraga dengan beragam alat-alat kebugaran.

5 dari 5 halaman

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.