Sukses

Hasil Piala AFF U-23, Kurang Seru Tanpa Kehadiran Timnas Indonesia

Ketidakhadiran Indonesia di ajang Piala AFF disayangkan pihak pelatih Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Piala AFF U-23 belum diketahui karena ajang tersebut baru bergulir.  Ajang ini seolah kurang seru tanpa kehadiran Indonesia, salah satunya menurut pelatih Malaysia.

“Sungguh disayangkan Indonesia harus mundur. Kami sebenarnya sudah tidak sabar melawan mereka di ajang ini. Padahal, mereka memiliki banyak pemain muda potensial yang dapat bersinar,” ujar Maloney seperti dilansir ASEAN Football, dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.

Mundurnya Timnas Indonesia U-23 membuat skuad Harimau Malaya diunggulkan di Grup B Piala AFF U-23. Timnas Malaysia U-23 bahkan diprediksi mampu keluar sebagai juara grup.

Namun, Maloney dengan tegas membantah prediksi tersebut. Menurutnya, baik Laos ataupun Myanmar memiliki kesempatan yang sama untuk lolos ke babak selanjutnya.

“Kami bukan favorit. Kami cenderung memanfaatkan turnamen ini sebagai ajang persiapan turnamen berikutnya yang lebih besar (SEA Games dan Piala AFC U-23),” tambah Maloney.

Maloney sendiri tidak yakin mengapa pihaknya bisa disebut sebagai tim favorit. Padahal, pihaknya baru saja mengorbitkan para pemain muda di Piala AFF.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Myanmar Mundur

Selain Indonesia, Myanmar juga memutuskan untuk mundur dari ajang tersebut. "Pemain dan staf yang kontak erat dengan kasus positif juga sudah menjalani isolasi untuk observasi," tulis keterangan resmi Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Kesehatan dan keselamatan semua yang terlibat adalah yang terpenting. "Kami berharap pemain-pemain yang terinfeksi segera pulih sepenuhya dan dengan cepat," kata Presiden AFF Mayjen Khiev Sameth dilansir dari laman ASEAN Football.

Berdasar protokol kesehatan, tim Myanmar mengikuti tes reguler sebelum dan setelah tiba di Kamboja. Menyusul konfirmasi kasus positif di sejumlah pemain, harus ada langkah demi meminimalikan penyebaran kasus Covid-19.

 

3 dari 4 halaman

Juara Bertahan

Sebelumnya diketahui, masuknya Indonesia di Grup B berdasarkan pengundian yang dilakukan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) untuk AFF U-23 Championship 2022 pada 29 Desember 2021 lalu. Ajang tersebut akan diikuti 11 negara Asia Tenggara yang dibagi jadi tiga grup yang masing-masing terdiri dari tiga sampai empat peserta, dilansir dari laman PSSI.org.

Berdasarkan hasil pengundian, Timnas Indonesia masuk ke Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. Grup A dihuni tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei. Sementara itu, Grup C berisi Thailand, Vietnam dan Singapura.

Menurut kanal Bola Liputan6.com, pada turnamen yang berlangsung di Kamboja ini, Timnas Indonesia tampil sebagai juara bertahan. Di babak final Piala AFF U-23 dua tahun lalu, Indonesia mengalahkan Thailand di final dengan skor 2-1.

4 dari 4 halaman

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Piala AFF U-23 merupakan kompetisi sepak bola antar negara di Asia Tenggara yang digelar sebagai ajang pemanasan SEA Games
    Piala AFF U-23 merupakan kompetisi sepak bola antar negara di Asia Tenggara yang digelar sebagai ajang pemanasan SEA Games

    Piala AFF U-23

  • Piala AFF merupakan kompetisi sepak bola resmi antar negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.
    Piala AFF merupakan kompetisi sepak bola resmi antar negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

    Hasil Piala AFF

  • Apa